Monday, 13 April 2020

11 Software Wajib Setelah Install Ulang Windows

Software Wajib Setelah Install Ulang

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Ketika kamu sudah selesai menginstall sebuah OS Windows di Laptop atau Komputer, apa yang akan kamu lakukan? Apakah membuat kopi lalu ngechat gebetan? (kalau pacar pasti gak punya). Atau pergi ke pasar membeli indomie lalu dimasak?
Dua hal tersebut tidaklah salah, namun ada hal yang harus kamu lakukan setelah membuat kopi dan memasak indomie. Yaitu menginstall software-software induk untuk komputer kamu.

Jika hati baru saja patah, harus di isi oleh cinta yang baru agar hati tersebut bisa bekerja lagi, sama halnya dengan komputer. Setelah di install, maka komputer perlu di isi lagi dengan aplikasi-aplikasi utama. Agar komputer/laptop yang kamu miliki tidak hanya dijadikan hiasan ketika hari raya, tetapi bisa dipakai untuk kerja dan chattingan dengan gebetan.

Maka dari itulah, di sini saya hadir dengan sejuta solusi. Namun dari sejuta itu, pada kesempatan kali ini saya hanya akan memberikan tips 13 Software Utama Komputer/Laptop yang harus kamu install setelah menginstall ulang sebuah sistem operasi windows.

Dan kamu tenang saja, karena software-software yang akan saya bagikan ini bukanlah software kaleng-kaleng, sudah pasti software-software ini adalah yang paling penting untuk sebuah komputer. Maka itu, silahkan langsung saja kita masuk ke bagian pertama.


1. Driverpack Solution / Iobit Driver Booster


Tidak seperti mantan kamu yang suka memberi-beri janji palsu, namun menginstall Driver untuk komputer itu sudah pasti, dan memang harus dilakukan paling awal setelah kamu menginstall sebuah windows di perangkat komputer. Karena, jika kamu tidak menginstall driver di perangkat tersebut, maka otomatis semua hardware kamu tidak akan terdeteksi.

Misalnya seperti perangkat WIFI, Speaker, Camera, dan beberapa fitur lainnya pasti tidak terbaca, walaupun di beberapa kasus ada yang sudah langsung terinstall otomatis driver tersebut. Namun untuk driver-driver lain, kamu harus tetap memasangnya. Baik itu yang nampak, maupun yang tidak nampak.

Karena itu, di sini saya biasanya menginstall seluruh driver laptop saya menggunakan software DriverPack Solution Offline. Dengan software ini, kamu tidak perlu internet, karena dia bekerja secara offline. Namun size untuk mendownloadnya itu bener-bener gede banget, bisa sampai 17GB kurang lebih. Saya aja downloadnya sampai begadang seminggu. Karena memang di dalam software tersebut sudah ada berbagai macam driver untuk semua jenis komputer, karena itu sizenya besar.

Namun jika kamu seorang sultan yang memiliki banyak paket internet dan mau menginstall driver secara online, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Iobit Driver Booster. Kamu cukup mendownload software ini dengan size yang kecil, dan setelah itu install. Lalu silahkan update driver-driver kamu dari software tersebut secara online.


2. Winrar


Yes, software yang satu ini sudah pasti harus kamu install duluan. Biasanya sih, aplikasi Winrar ini sudah ada di dalam paket DriverPack Solution. Jadi kamu sudah tidak harus mengintall manual lagi software yang satu ini. Namun jika tidak ada, atau kamu mau versi winrar yang terbaru. Maka kamu bisa mencari dan mendownloadnya.

Tak punya pacar bukanlah sebuah masalah, namun jika kamu tak memiliki aplikasi WinRar ini pada perangkat yang baru saja kamu install, maka hal itu akan sangat menyusahkan. Karena file-file yang kebanyakan di download dari Internet adalah sebuah file yang terkompress. Contohnya file yang berjenis .rar atau .zip, maka untuk membuka file tersebut, kamu harus memiliki aplikasi pengekstrak berkas. Dan yang saya rekomendasikan adalah aplikasi Winrar ini.

Aplikasi ini berukuran sangat kecil dan ringan, jadi jangan takut kehabisan kuota buat download ini aplikasi.


3. Microsoft Office


So pasti so yes. Sudahlah pasti kalau software Microsoft Office ini harus terinstall di perangkat komputer kamu. Karena apapun professi kamu, mau itu anak SD, SMP, Abg SMA, Kuliah, ataupun pengangguran, aplikasi ini tetap wajib kamu install. Agar bisa digunakan untuk menulis surat cinta untuk membuat berbagai jenis dokumen pekerjaan ataupun tugas.

Ada banyak jenis microsoft office, mulai dari yang versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, hingga versi 2019. Tergantung juga dari spek komputer yang kamu gunakan. Karena jika ingin versi ringan, kamu bisa gunakan microsot office versi lama. Namun jika kamu ingin yang up to date, maka gunakan versi yang terbaru.

Saya sendiri menggunakan Microsoft Office 2013. Karena menurut saya versi ini cukup ringan, sudah memiliki fitur yang komplit, dan juga tampilan yang sangat elegan dan simpel. Tidak kalah sama versi yang di atasnya. Untuk install di laptop spek kentang pun tahan dan mampu melewati beribu tantangan.


4. Foxit Reader


Selanjutnya kamu membutuhkan sebuah aplikasi Pdf Reader yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membaca buku elekronik, atau file-file yang berbentuk Pdf. Aplikasi ini sangat penting, khususnya buat kamu berstatus sebagai Pelajar ataupun Pekerja Kantoran. Karena kalian pasti akan sering menggunakan dokumen-dokumen yang berjenis Pdf. Apalagi untuk kamu yang hobi membaca hati dia Ebook.

Nah, aplikasi Pdf Reader yang paling populer dan juga paling mantap yang selalu saya gunakan adalah Foxit Reader. Karena memiliki fitur yang lengkap dan juga tampilan yang tidak bertele-tele. Sangat cocok untuk kamu yang suka tantangan di dalam ketenangan.


5. Microsoft Security Essentials (Antivirus)


Jika hati tak ada penjaga, maka orang akan mudah masuk dan merusaknya, jika komputer tak memiliki keamanan, maka virus akan mudah merusak dan menghancurkannya.

Software paling penting selanjutnya yang harus kamu miliki adalah sebuah Antivirus untuk menjaga laptop atau komputer kamu aman dari maling virus mematikan yang selalu mengintai dan siap untuk memasuki komputer kamu kapan saja. Apalagi jika komputer tersebut tidak memiliki sebuah antivirus, maka virus-virus komputer akan berdisko di dalamnya.

Saya sendiri jika selesai menginstall Windows 7, maka antivirus yang saya selalu gunakan sekarang adalah Microsoft Security Essentials. Hal yang paling membuat saya yakin menggunakan antivitus ini adalah karena berasal dari sebuah perusahaan besar yang sudah pasti terpercaya, yaitu Microsoft sendiri. Jadi sudah bisa dipastikan kualitasnya, apalagi antivirus ini gratis.

Namun jika kamu menginstall Windows 10, maka tidak perlu lagi menggunakan antivirus tersebut. Karena di dalam Windows 10 seharusnya sudah tertanam sebuah antivirus bawaan yang bernama Windows Defender yang fungsinya sama seperti Microsoft Security Essentials. Jadi kamu yang menggunakan windows 10 hanya perlu mengupdate windows defender kamu saja, maka komputer kamu sudah terinstall pengaman.

Namun untuk kamu yang ingin menggunakan antivirus lain seperti Smadav, Avast, Norton, dan teman-teman. Maka saya tidak melarang, keputusan berada di tanganmu kawan.


6. GOM Player / VLC Player


Lalu software penting yang harus kamu install selanjutnya adalah aplikasi Video Player yang akan digunakan untuk membuka sebuah video atau film di komputer kamu.

Di sini saya menggunakan aplikasi sejuta umat, yaitu GOM Player atau VLC Player, atau kamu juga bisa gunakan keduanya sekaligus. Namun jika kamu ingin menghemat kapasitas komputer, agar tidak lelet, kamu bisa memilih salah satunya saja. Kalau saya sih biasanya lebih suka menggunakan GOM Player.

Jadi setelah aplikasi tersebut sudah terinstall, maka komputer kamu bisa menemani kamu menonton sebuah video atau film. Walaupun nontonnya sendirian, karena tidak punya istri, yang penting harus tetap tersenyum.


7. Winamp


Jika tadi saya membahas soal aplikasi Video Player, maka kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi untuk memutar musik, ataupun Musik Player.

Soalnya kurang mantap jika kamu mengerjakan tugas di komputer tanpa dia ada yang menemani. Karena itu, jika ingin memutar sebuah musik, kamu membutuhkan aplikasi pemutar musik. Di sini saya biasanya juga menggunakan aplikasi musik player sejuta umat, apalagi kalau bukan Winamp.

Karena tampilannya yang keren, bisa memakai banyak tema, simpel, dan juga memiliki fungsi yang komplit. Maka Winamp saja sudah lebih dari cukup untuk menjadi aplikasi pemutar musik di komputer kesayangan kamu.


8. Google Chrome & Mozilla


Tak lengkap rasanya sebuah hati tanpa cinta, maka tak lengkap juga sebuah komputer tanpa sebuah browser untuk internetan.

Software penting berikutnya yang harus kamu install yaitu Browser Internet. Kalau yang ini kamu pasti udah tau lah. Apalagi kalau bukan mbah Google Chrome dan pak Mozilla. Kedua browser ini sudah menjadi browser wajib di semua komputer windows. Karena zaman sekarang mana ada yang masih memakai Internet Explorer. Paling mentok juga make Opera.

Jadi dengan Google atau Mozilla, kamu sudah bisa internetan untuk yutupan, pesbukan, ataupun staking mantan.


9. Lightsot


Apakah kamu sering men-screenshot layar komputer kamu?

Jika ia, maka aplikasi yang satu ini juga menjadi aplikasi wajib yang harus kamu install. Yaitu aplikasi screenshot yang bernama Lightsot. Saya sendiri sangat menyukai aplikasi screenshot yang satu ini. Karena sangat ringan, mudah digunakan, dan juga gratis pastinya.

Kamu tinggal mencarinya di internet, download, lalu install. Setelah itu, cara pakainya sangat mudah. Cukup tekan logo lightsotnya, atau langsung dari tombol PrtSc yang ada di keyboard. Lalu tangkapan layar bisa di save langsung atau mau di edit dulu.


10. PowerISO


Nah, aplikasi yang satu ini juga wajib menurut saya. Khususnya buat kamu yang masih pelajar. Terkadang pasti kamu masih perlu untuk Mem-burning sebuah file ke dalam CD/DVD. Maka kamu membutuhkan aplikasi yang bisa digunakan untuk memburning file tersebut.

Maka aplikasi/software yang saya rekomendasikan adalah PowerISO. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan juga lengkap. Kamu bisa memburning CD/DVD menggunakan aplikasi ini. Dan juga aplikasi ini bisa digunakan untuk mengekstrak file yang bertatus .iso


11. Hard Disk Sentinel


Selanjutnya ada sebuah software yang bernama Hard Disk Sentinel.

Mungkin bagi kamu yang masih awam dengan komputer, pasti tidak tau aplikasi apa ini, dan untuk apa, dan kenapa saya memasukkannya ke dalam aplikasi penting. Karena memang aplikasi yang satu ini cukup penting bagi saya.

Hard Disk Sentinel adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan Hard Disk di dalam komputer/laptop kamu. Karena Hard Disk sendiri adalah sebuah komponen yang paling penting dari sebuah komputer, karena di dalam hard disk lah semua data komputer kamu disimpan. Jika hard disk rusak, tamatlah engkau kisanak.

Maka itu, software ini bisa digunakan untuk memantau kondisi kesehatan si harddisk, dan mendeteksi masalah di dalamnya.


12. IDM (Internet Download Manager)


Buat kamu yang doyan banget download film anu ataupun lagu dari internet, maka aplikasi berikut ini termasuk ke dalam aplikasi yang wajib untuk dipasang di komputer setelah menginstall windows.

Aplikasi ini bernama Internet Download Manajer atau IDM yang biasa digunakan untuk mempercepat proses kamu untuk mendownload sebuah file dari internet. Saya sendiri selalu menggunakan aplikasi ini, karena kecepatannya bisa bertembah 3x lipat, dan juga ada fitur-fitur lain dari aplikasi ini. Misalnya fitur untuk pause download, dan melanjutkan download yang gagal.


13. Glary Utilities


Dan aplikasi terakhir yang menurut saya wajib diinstall di sebuah komputer adalah aplikasi Glary Utilities.

Sebuah rumah yang penuh dengan aktivitas, misalnya ada acara pesta ulang tahun, atau sunatan, maka rumah tersebut pasti akan kotor dan berantakan, maka harus ada orang-orang yang membersihkan dan membereskan rumah tersebut.

Sama seperti sebuah komputer, jika terus-terusan dipakai, untuk mengerjakan dokumen, memindahkan file, atau untuk internetan, maka ada sampah-sampah yang tertinggal di komputer tersebut. Sampah-sampah itu, jika terus dibiarkan, maka diam-diam akan menumpuk, dan itulah salah satu yang menyebabkan komputer menjadi lemot.

Untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Glary ini. Selain tampilannya yang praktis, aplikasi yang satu ini memilik fitur yang sangat lengkap menurut saya. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan lagi komputer kamu.


Jadi itulah beberapa penampakan kunti software yang wajib kamu install setelah menginstall ulang sebuah komputer. Dengan 13 aplikasi tersebut, saya yakin semua kebutuhan komputer kamu sudah terpenuhi, dan tak perlu menginstall aplikasi-aplikasi lainnya, karena semakin banyak aplikasi yang kamu install, itu juga berpengaruh membuat komputer kamu cepat lelet. Jadi install yang perlu-perlu sajalah.

Share jika bermanfaat, baca juga artikel-artikel lain di blog ini. Salam satu hati, salam teknologi!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^
EmoticonEmoticon