Penjelajahan Deep Web Part 5: Talk to Jhon Doe – Ngobrol Dalam Deep Web!


Penjelajahan Deep Wep Part 5

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Hai hai hai orang-orang yang penasaran sama Deep Web (termasuk saya sih) muehehehe.

Seperti biasa ya, setelah lama vakum lagi dari Penjelajahan Deep Web, saya kembali lagi dengan sejuta kerinduan yang telah terkubur lama dalam hati, dan akhirnya kini bisa saya ungkapkan lagi. Jadi, saya kembali lagi menjelajahi deep web, dan bisa kembali menulis artikel penjelajahan deep web yang kali ini sudah sampai pada part 5.

Gileee, padahal udah lama, tapi masih sampe part 5 aja artikel penjelajahannya. Ya, begitulah sob, saya akhir-akhir ini memang sangat sibuk sekali. Banyak kerjaan di dunia nyata, kepala nyut-nyut’an, mikirin kerjaan yang gak kelar-kelar. Selain itu, dulu saya juga emang sengaja mutusin buat vakum dari Deep Web.

Karena ternyata saya sendiri terkena dampak negatifnya, mungkin karena terlalu dalam nyelam ke dalam deep web, dan terlalu sering melihat hal-hal yang tidak wajar. Jadi pikiran saya yang sensitif, selalu mengingat-ngingat hal negatif itu, jadinya menimbulkan sifat paranoid yang lumayan mengganggu sih.

Tapi jangan khawatir, bimbang, dan bambang, karena saya sekarang sudah mendingan, dan artikel penjelajahan deep web bakal terus berlanjut (kalau saya sempat aja sih) muehehehe.

Nah, kali ini  sebenarnya saya Cuma mau bahas soal situs yang gak berbahaya, gak seperti situs-situs pembunuhan atau narkoba yang lalu kita bahas. Kali ini saya akan membahas situs yang lebih ringan, aman, dan juga tidak terlalu dalam di Dark Web.

Situs ini bernama Talk to Jhon Doe!


Tentang Talk to Jhon Doe!

Talk to Jhon Doe adalah sebuah situs yang bisa digunakan untuk chattingan dengan orang-orang asing di dalam Darknet.

Jadi, sobat bisa chattingan dengan orang-orang yang ada di darknet dengan tidak menggunakan identitas sama sekali (anonymous). Karena untuk chattingan di dalam situs ini, kita tidak perlu mendaftar. Tidak perlu pakai email, nama, tanggal lahir, seperti situs-situs sosmed biasanya. Kita cukup masuk, dan klik tulisan Random Chat di halaman depan situs, maka secara otomatis kita akan langsung diarahkan ke halaman chat dengan orang asing.

Sebenarnya saya sudah sangat lama mengetahui situs ini, saat awal-awal saya menjelajahi Deep Web, situs ini udah ketemu. Dan saya juga udah beberapa kali memakai situs ini, ya Cuma buat iseng-iseng doang. Ngobrol sama orang-orang asing, dari berbagai negara. Ngobrol tentang Deep Web, ataupun hal-hal lainnya.

Baru kali inilah saya sempat untuk mengulas situs ini. Karena situsnya juga cukup sederhana, jadi pembahasannya cukup pendek aja ya, gak sepanjang pembahasan tentang situs-situs berbahaya deep web lain.


Tampilan Situs Talk to Jhon Doe!

Situs Talk to Jhon Doe! Merupakan situs chat sederhana, jadi halaman yang ada di situs ini Cuma ada 3. Yang pertama halaman Beranda, About, dan halaman Chat yang akan digunakan untuk chattingan dengan orang asing.


1. Halaman Beranda (Utama)


Screenshot halaman utama

Halaman utama atau halaman depan dari situs Talk to Jhon Doe! Pun sangat sederhana sekali. Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, tampilannya dengan backround putih, dan beberapa tulisan di tengahnya.

Ada tulisan Talk to Jhon Doe! Cukup besar yang ada di tengah.  Lalu di bawahnya ada tombol Random Chat berwarna biru, dan juga tombol Chat with friend berwarna hijau. Kegunaan tombol Random Chat adalah untuk memulai percakapan dengan orang asing, yang nantinya secara acak akan menjadi teman chat kita.

Siapapun bisa menjadi teman chat, kita tidak pernah tahu.

Dan yang kedua tombol Chat with friend, yang bisa kita gunakan untuk chattingan bersama teman. Jadi, kalian juga bisa chattingan sama teman yang dikenal dalam situs ini. Caranya juga gampang kok, tinggal klik tombol Chat with friend tersebut, kita akan diberikan sebuah link khusus sebagai undangan kepada teman yang mau kita ajak chat.

Lalu tinggal kasih link tersebut, nanti dia akan langsung muncul di halaman chat kita, dan bisa chattingan berdua di situs tersebut. Lalu, kenapa tidak chattingan di facebook aja, kan lebih mudah?
Kelebihannya, di situs ini kalian bisa chattingan secara rahasia (anonymous). Chat kalian tidak akan diketahui oleh siapapun. Bahkan pemilik situsnya juga menjamin kerahasiaan kalian. Tidak seperti facebook, yang bisa dengan mudah di hack, ataupun chat kalian di intip oleh facebooknya sendiri.

Lalu pada halaman depan, ada tulisan Users Online: 75. Ini adalah jumlah orang yang sedang berada di situs tersebut. Yang sedang online/chattingan. Jadi kalau kalian pilih Random Chat, maka kalian mungkin akan chat dengan salah satu dari 75 orang yang sedang online tersebut.

Jumlahnya bisa berubah-rubah, tetapi mungkin yang paling ramai menggunakan situs ini pada malam hari. Karena saya juga biasanya chattingan di situs ini pada malam hari.


2. Halaman Chat


Gambar halaman chat

Halaman chat ini pun terbilang sangat sederhana sekali. Ada beberapa fitur yang di dalamnya, yaitu :
  1. Kotak kosong, untuk menulis chat, dan tombol Send berwarna hijau untuk mengirim chat yang sudah ditulis.
  2. Lalu di bagian atas, ada tulisan Interlocutor is typing... yang akan muncul jika lawan chat, atau orang asing yang sedang chattingan sama kamu sedang menulis balasan.
  3. Di bagian pojok kanan atas, ada tulisan Download the log, berguna untuk mendownload log (catatan) chat. Chattingan kita dengan orang asing tersebut bisa di download.
  4. Kemudian tombol Refresh untuk merefresh halaman, jika ada pesan masuk yang terlambat.
  5. Tombol Interrupt di pojok kanan atas, berfungsi untuk menghentikan chattingan.
  6. Dan yang terakhir, ada waktu/jam di bagian kanan chat. Saya tidak tahu itu menggunakan waktu negara bagian mana.

Itulah beberapa tulisan atau fitur yang ada di halaman chat. Cukup sederhana, dan semuanya sangat berguna. Jadi sebenarnya fitur chat seperti ini sudah sangat cukup, gak perlu pakai fitur-fitur stiker love yang gak jelas.

Karena kita bukan mau cari cewek di dalam deep web. Kalau jones, ya cari aja calon istri di dunia nyata, jangan cari di internet. Jangan nolep.


3. Halaman About (tentang situs)


Gambar halaman about

Dan yang terakhir adalah halaman About.

Setiap situs wajib punya halaman about, karena di sinilah terpapar informasi tentang pengertian situs tersebut. Apa saja yang ada di dalam situs tersebut, dan kenapa situs ini dibuat atau apa tujuan dari situs ini.

Nah, di halaman about situs Talk to Jhon Doe! Ini, ada beberapa penjelasan yang ditulis dalam bahasa inggris. Berikut ini saya sudah menerjemahkan tulisan-tulisan yang ada di halaman about ini. Silahkan baca:

Terjemahan halaman about:

*
Bagaimana cara kerjanya?

Situs ini menghubungkan pengguna acak secara anonim. Untuk mulai mengobrol, klik tombol Obrolan acak. Anda dapat menggunakan smiley dan pemformatan sederhana. Tekan Enter untuk mengirim pesan. Anda dapat berbicara dengan teman Anda juga. Klik Obrolan dengan teman dan kirim URL yang dihasilkan ke teman Anda.

Apakah ini aman?

Mengidentifikasi informasi tidak direkam. Situs ini tidak persisten, tidak ada obrolan yang ditulis ke hard drive. Catatan tetap tersimpan dalam memori sampai komunikasi ditutup.

Meningkatkan anonimitas dan keamanan

Harap dicatat bahwa situs dapat berfungsi tanpa mengaktifkan JavaScript dan tersedia dari Tor Network. Kode sumber situs tersedia di sini.
*

Jadi ada 3 point yang terpapar dalam halaman ini, yang setiap pointnya menjelaskan tentang pertanyaan-pertanyaan penting dan memberikan jawabannya.

Seperti, bagaimana cara kerja situs ini, cara menggunakan fitur chatnya,  dan cara chat dengan teman sendiri.
Lalu tentang keamanan situs ini, mereka mengatakan bahwa chattingan kita tidak akan di simpan secara permanen, hanya di simpan di dalam memori sementara, yang bisa sobat download nantinya.

Jadi, setelah sobat selesai chattingan dengan orang asing tersebut, dan menutup halaman chat, maka chat tersebutpun akan lenyap, hilang. Begitulah penjelasan mereka tentang keamanan chattingan di dalam situs Talk to Jhon Doe!

Dan yang terakhir adalah, penjelasan tentang situs ini, yang bisa tetap digunakan walaupun tanpa menggunakan mode javascript.
Jadi pastinya akan lebih aman, tidak ada virus maupun hekel-hekel bandel.


Penutup

Jadi intinya adalah, Talk to Jhon Doe! Adalah sebuah situs yang bisa kita gunakan untuk chattingan dengan orang-orang yang ada di dalam Deep Web secara acak. Tanpa identitas apapun, tanpa nama, tanpa alamat, kita benar-benar menjadi orang tanpa identitas, yang chattingan dengan orang tanpa identitas juga.

Seperti tujuan Deep Web dibuat, memang untuk kebebasan privasi. Tidak perlu identitas apapun untuk menjelajahi Deep Web. Namun ingat, itu juga menjadikan deep web sangat rentan untuk menipu orang dengan mudah.

Situs ini bisa sangat berguna ya, untuk kita chattingan, tanpa ketahuan siapapun. Bisa mengenal banyak orang asing dari berbagai negara, dan bertukar informasi secara rahasia, tanpa sepengetahuan pemerintah.

Tetapi sisi negatifnya, kita bisa saja ditipu oleh orang-orang jahat yang ada di situs ini. Jadi tetaplah berhati-hati. Jangan sampai mudah tertipu oleh kata-kata orang di internet, apalagi di dalam deep web. Semuanya serba bebas.

Dan pertanyaan terakhir, kenapa nama situs ini Talk to Jhon Doe?

Mungkin saja itu nama dari si pembuat situs, Jhon Doe. Atau mungkin itu nama acak, diambil secara random. Atau, itu nama pembunuh atau hacker yang ada di dalam deep web?

Muehehehehe

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Penjelajahan Deep Web Part 5: Talk to Jhon Doe – Ngobrol Dalam Deep Web!"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^