5 Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Operator Madrasah/Sekolah


Operator Madrasah

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Halo kawan operator semua. Kawan seperjuangan saya!
Semoga sehat selalu, walaupun beban kerjaan telah menanti, tetapi harus tetap semangat dan ikhlas. Karena Insha Allah kita akan diberikan balasan yang setimpal nantinya.

Tak terasa sudah 7 bulan saya menjabat menjadi Operator pada sebuah Madrasah Swasta. Dan waktu itu ketika pertama kali menjadi Operator, asli saya tidak punya pengalaman sama sekali sebelumnya. Apalagi untuk masalah pendataan sekolah, saya belum tahu bagaimana sistem kerjanya, dan apa saja yang harus dilakukan seorang Operator sekolah.

Karena dulu yang saya pikirkan ketika menjadi Operator, hanya melakukan tugas-tugas ringan saja. Ternyata cukup banyak tugas yang harus ditanggung Operator, khusunya Operator Madrasah. Dan juga disamping itu, terdapat tanggung jawab yang besar di tangan kita sebagai Operator.

Tetapi waktu terus berlalu, pelan-pelan saya yang tidak tahu dan tidak ngerti apa-apa soal Operator, kini sudah benar-benar mengetahui cara kerjanya. Sebenarnya cukup banyak yang harus dikerjakan Operator Madrasah. Apalagi jika tingkatnya MA/SMA, pastilah data yang harus diinput semakin banyak.

Nah, pada artikel kali ini, saya mau share sedikit pengalaman saya sebagai Operator. Karena dulu saat pertama kali menjadi Operator, saya tidak tahu apa-apa. Karena sekarang saya sudah lumayan mengerti, saya ingin membantu teman-teman Operator yang baru bergabung. Mungkin di antara teman-teman masih banyak ya yang bingung.

Apa nih yang harus saya lakukan?

Apalagi jika tidak ada Mentor/Guru yang membimbing, sudah pasti bingung.

Jadi satu-persatu hal yang harus sobat lakukan akan saya sampaikan di sini. Inilah beberapa Tugas Pertama Operator Madrasah/Sekolah. Jadi jika sobat sudah bisa menyelesaikan tugas-tugas ini, maka Insha Allah kedepannya akan terbiasa dan lebih mudah menjalani pekerjaan operator lainnya. Karena satu sama lain pekerjaan Operator selalu berhubungan.

Langsung saja disimak ya sobat!

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Mengetahui dan Mempelajari Data Sekolah

Data

Tugas utama Operator Madrasah/Sekolah adalah Pendataan. Jadi sangat penting bagi sobat yang baru saja menjabat sebagai Operator, untuk bisa memiliki seluruh data sekolah.

Beberapa data adalah :
  1. Data Sarpras (Sarana Prasarana Sekolah)
  2. Data Seluruh Pengajar dan Staf
  3. Data Seluruh Murid
Di atas adalah 3 data wajib yang harus sobat pegang.

Sobat harus segera memiliki data-data tersebut. Khusunya data Siswa, karena nantinya data tersebut akan beberapa kali dipakai, dirubah, ataupun diganti. Khusunya untuk Operator Madrasah, yang sekarang ini Aplikasi Pendataan Siswa sudah semakin banyak. Dan semua aplikasi tersebut memerlukan data siswa.

Data Sarpras adalah data tentang sekolah. Misalnya ada berapa kelas di sekolah tersebut, bagaimana keadaan kelasnya, baik atau rusak. Jumlah kursi, meja, papan tulis, dan lain-lain. Semua alat dan kebutuhan yang ada di sekolah tersebut.

Juga data Guru dan Staf di sekolah tersebut. Yang nantinya akan dipakai untuk Aplikasi Pendataan, dan juga untuk mendapatkan bantuan khusus untuk Guru. Dan terkhusus untuk Guru yang sudah PNS dan Sertifikasi, data mereka lebih penting dari Guru Horoner. Karena data-data guru pns/serti itu nanti akan digunakan untuk proses pencairan tunjangan mereka. Jadi harus sobat miliki sebaik mungkin.

Dan juga masih banyak data-data lainnya yang harus seorang Operator simpan dan pelajari. Karena data adalah hal yang sensitif, suka berubah-ubah, dan juga bersifat sangat penting. Jadi coba sobat minta datanya dari Kepala Sekolah tersebut, atau jika bisa minta kepada Operator yang sebelumnya menjabat.

Simpan baik-baik datanya di Komputer dan juga di Flashdisk. Pelajari perlahan, dan pahami berbagai data kebutuhan sekolah tersebut.


2. Meminta Semua Akses Operator

Akses

Setelah sobat berhasil mendapatkan seluruh data sekolah, maka hal selanjutnya yang harus sobat miliki sebagai Operator baru yaitu Akses Operator.

Apa maksudnya Akses ini?

Jadi begini sob, seorang Operator kan bertugas untuk memasukkan data-data sekolah ke dalam Aplikasi atau Web pendataan milik pemerintah. Contoh Aplikasi dan Web Pendataan Madrasah adalah EMIS, SIMPATIKA, SIBOS PINTAR, SISPENA, dan ARD (Aplikasi Raport Digital). Sedangkan untuk Operator Sekolah Dinas, setau saya cuma memakai satu aplikasi, yaitu DAPODIK.

Untuk itu, sobat harus minta semua Akses untuk masuk ke dalam Aplikasi dan Web pendataan tersebut. Minta NSM dan NPSN madrasah tersebut. Minta email atau username untuk login ke dalam aplikasi dan web yang sudah saya tulis di atas. Dan juga sekalian minta tutorial untuk menggunakan Aplikasi atau Web pendataan tersebut.

Jadi di sini peran Operator yang lama sangat penting. Karena dia yang sebelumnya mengelolah semua aplikasi dan web pendataan. Jadi mau gak mau kita harus bertanya tentang semua aplikasi tersebut.

Nah terus bagaimana jika Operatornya sudah kabur?

Hal ini kejadian seperti saya dulu. Ketika pertama kali menjadi Operator, saat itu Operator yang lama sudah pergi merantau. Jadi cuma Kepala Sekolah orang kedua yang bisa kita tanya tentang Data dan juga aplikasi pendataan sekolah.

Yang penting jika sobat masih belum mengerti, jangan takut. Seperti yang saya katakan tadi, pelajari secara perlahan. Ada Google dan Youtube yang bisa dijadikan guru kedua.

Setelah sobat berhasil mendapatkan Akses Operator, maka langkah selanjutnya adalah.


3. Mempelajari Semua Aplikasi Pendataan

Seperti yang saya katakan tadi, setelah sobat berhasil mendapatkan Akses ke semua Aplikasi dan Web pendataan sekolah, maka selanjutnya sobat harus bisa menggunakan aplikasi dan web tersebut. Karena nanti kedepannya sobat harus terus meng-update data siswa atau data guru yang ada di sekolah tersebut.

Cari tutorialnya di Google dan Youtube. Karena saya juga banyak belajar dari sana, tetapi jika Operator yang lama masih bisa dihubungi, maka silahkan tanya dengan mantan operator tersebut. Minta padanya Tutorial-tutorialnya, dan juga dokumen pendukung lain yang bisa membantu sobat dalam mengerjakan aplikasi dan web pendataan.

Contoh Aplikasi Pendataan Sekolah & Madrasah

DAPODIK

EMIS

SIMPATIKA

SIBOS PINTAR

Untuk sekarang ini, sudah semakin banyak Aplikasi dan Web pendataan untuk madrasah. Saya gak tau nantinya akan terus bertambah, atau malah berkurang. Yang pasti kita harus bisa memahami aplikasi-aplikasi tersebut dengan baik.

Karena baik tidaknya perjalanan sebuah Madrasah atau Sekolah, tanggung jawab besarnya berada di tangan Operator. Karena dia yang menguasai seluruh data sekolah, menginput data tersebut, dan juga mengolah data hingga menjadi valid.


4. Gabung Dengan Group Operator

Untuk memperluas wawasan sobat, maka sangat penting sekali untuk bergabung dengan Group-Group Operator. Karena dari group tersebutlah, kita bisa mendapatkan informasi-informasi tentang tugas operator secara rutin. Jadi kita tidak akan ketinggalan berita, dan bisa segera mengerjakan tugas baru.

Sobat bisa bergabung di group operator di Facebook, karena di sana ada banyak group-group berkumpulnya tempat para Operator. Dan dalam group tersebut juga banyak anggota yang saling bertukar informasi, dan juga bertukar dokumen yang bisa menjadi panduan untuk operator kedepannya.

Contoh pencarian group Operator Madrasah di Facebook


Dan sebagai seorang Operator, sobat harus selalu Online. Khusunya di WhatsApp.

Jika sobat belum masuk dalam group Operator yang ada di WA, maka minta operator lama atau kepala sekolah untuk memasukkan sobat. Karena dari Group tersebutnya informasi akan lebih mudah di dapat. Bertanya akan lebih mudah dijawab. Dan semua kebingungan akan segera terhapuskan.

Ingat, pelan-pelan tapi pasti.


5. Memiliki Mentor Yang Sudah Senior

Mentor

Tips kelima sekaligus yang terakhir dari saya adalah, seorang Operator Baru harus memiliki seorang Mentor/Guru untuk membimbingnya dalam memahami seluk-beluk dunia Operator Madrasah/Sekolah.

Jika sobat bingung, bisa langsung bertanya secara Pribadi kepada mentor tersebut. Juga bisa meminta bantuan jika sedang kesusahan.

Saya sendiri sampai sekarang masih memiliki seorang mentor yang sudah senior. Jika ada kendala, saya bertanya kepadanya. Jika ada tugas yang belum selesai, saya juga meminta tips kepadanya untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Yang pasti peran mentor di sini cukup penting. Ya walaupun sobat bisa langsung belajar dari Group atau Google.

Jika sobat kesusahan dalam mencari seorang mentor, jangan sungkan untuk bertanya kepada saya langsung. Ya walaupun saya masih belum senior, tetapi jika saya bisa pasti saya bantu.
Sobat bisa menghubungi saya di WhatsApp : 0897 2924 301 atau Email : mdforever007@gmail.com. Hanya untuk operator madrasah.


Jadi sampai di sini dulu pertemuan pertama kita sob. Di atas sudah saya sampaikan 5 Poin Penting untuk seseorang yang baru saja diangkat menjadi Operator di sebuah Madrasah atau Sekolah.

Beberapa tips di atas saya tulis berdasarkan Pengetahuan dan Pengalaman saya selama menjabat sebagai Operator. Dan Insha Allah akan ada beberapa artikel lanjutan lagi untuk kedepannya. Karena ini adalah artikel perkenalan untuk Operator Baru.

Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, sobat bisa Komentar di bawah, atau langsung saja menghubungi saya melalui nomor di atas, atau mengirimkan email. Dan juga sobat bisa Share artikel ini kepada teman-teman Operator baru yang lain. Yang mungkin masih bingung seperti saya dulu :D

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

4 Responses to "5 Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Operator Madrasah/Sekolah"

  1. My brother suggested I might like this blog. He was totally
    right. This post actually made my day. You can not imagine simply how
    much time I had spent for this information! Thanks!

    ReplyDelete
  2. bookmarked!!, I love your web site!

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^