Beberapa Alasan yang Membuat UMKM Sulit Berkembang


UKM
Image by pemoeda.co.id

Sektor UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi yang punya peran sangat penting. Berkat hidupnya sektor ini, banyak masyarakat yang terangkat kehidupannya dan bisa hidup mandiri dari usaha yang dijalaninya. Sayangnya, usaha UMKM dianggap sulit untuk berkembang. Berbagai kendala sebagai berikut umumnya menjadi penyebab sulit UMKM dalam berkembang hingga akhirnya terkesan jalan di tempat.


Kapasitas SDM Yang Minim

Seminar

Tidak semua pelaku usaha UMKM berasal dari golongan orang-orang yang memiliki pendidikan memadai. Beberapa dari mereka bahkan belum pernah mengenyam bangku pendidikan hingga memiliki kapasitas yang minim untuk mengelola suatu bisnis. Hal ini menyebabkan sektor UMKM sulit untuk berkembang dan terancam stagnan begitu saja. Untuk mengatasi hal ini, para pelaku UMKM bisa menggunakan fasilitas kursus atau seminar yang kerap kali diadakan untuk menambah wawasan. Nantinya, dari kursus atau seminar tersebut ilmu yang didapat bisa diterapkan dan mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya.


Kesulitan Pendanaan

Modal

Sebagian besar pelaku usaha UMKM berasal dari kalangan menengah kebawah. Kondisi ini membuat mayoritas dari mereka memiliki kesulitan dalam hal pendanaan. Hal ini bukanlah sebuah kabar baik karena tanpa pendanaan yang memadai maka sulit bagi para pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usaha yang dimilikinya agar menjadi lebih besar lagi. Namun, kini para pengusaha UMKM tak perlu khawatir lagi karena ada tempat terbaik untuk cari modal tambahan dengan cara yang mudah. Anda bisa menggunakan platform pinjaman online Momaju untuk mendapatkan dana segar dalam waktu cepat. Sehingga bisnis yang Anda jalankan bisa semakin berkembang dan menghasilkan keuntungan yang semakin menggiurkan.


Tidak Memiliki Strategi Yang Tepat

Strategi Bisnis

Beberapa pelaku usaha UMKM memulai bisnisnya secara nekat tanpa bekal yang cukup. Bekal yang dimaksud berupa strategi untuk bersaing dalam bisnis dan memenangkannya. Strategi bisa terdiri dari beberapa hal mulai dari perencanaan bisnis yang matang, anggaran yang dikelola dengan baik sampai manajemen operasional yang dilakukan secara teratur. Memiliki ketiga strategi tersebut bisa membantu para pengusaha UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dan bukan tidak mungkin dari UMKM bisnis bisa menjadi semakin besar hingga menguasai pasar karena strategi yang tepat.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Beberapa Alasan yang Membuat UMKM Sulit Berkembang"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^