5 Cara Mencari Teman Untuk Orang Pendiam (Introvert)


Introvert

Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Bagi orang Pendiam atau yang biasa disebut sebagai seorang Introvert, mencari teman bukanlah perkara sembarangan. Karena seorang introvert memang terlalu pemilih dalam mencari seorang teman, apalagi seorang teman yang akan menjadi teman dekat. Bukan karena introvert itu orang yang sok dan tidak suka berteman, tetapi mereka lebih nyaman berteman dengan orang-orang tertentu.

Karena seorang introvert lebih menjaga pergaulannya, ia tidak ingin dan tidak suka berteman dengan orang-orang yang tidak ia sukai. Walaupun orang tersebut disukai banyak orang karena kepopulerannya, belum tentu seorang introvert mau berteman dengan orang seperti itu.

Malahan intovert bisa lebih nyaman berteman dengan orang yang pendiam juga. Tidak sombong ataupun bergaya, dan memiliki hobi yang sama.
Misalnya sama-sama hobi membaca buku, atau menonton film. Maka dengan begitu mereka bisa semakin dekat dengan cara bertukar cerita tentang hobi tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, karena saya sendiri juga adalah seorang Introvert, maka saya akan memberikan 5 Tips Mencari Teman Untuk Orang Introvert.
Beberapa tips ini saya ambil dan tulis sendiri berdasarkan pengalaman dan pemikiran saya sebagai seorang introvert.

Jadi silahkan simak dan baca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Jadilah Diri Sendiri

jadi diri sendiri

Terkadang seorang Introvert itu memiliki sifat yang sangat pemalu, karena ia merasa bahwa dirinya selalu tidak pantas.

Sebenarnya seorang introvert itu bisa dikatakan sebagai seseorang dengan kepribadian yang istimewa. Karena introvert itu seorang pemikir yang luar biasa, dan juga mereka cenderung memiliki sifat yang lembut dan sangat sopan, walaupun terhadap orang yang baru dikenal bahkan yang belum dikenal sama sekali.

Karena itulah, orang introvert harus bangga menjadi dirinya sendiri. Apalagi dalam usaha mencari teman, menjadi diri sendiri adalah hal terpenting dan hal pertama yang harus kamu lakukan. Karena jika kamu mencari teman dengan berpura-pura menjadi orang lain, maka sama saja pertemanan itu nantinya hanya akan terasa palsu.

Memang tidak semua orang suka dengan kepribadian seorang introvert yang lebih suka diam, menyendiri, dan juga tidak suka keramaian.
Tetapi percayalah, tidak semua orang berpikiran seperti itu.

Apalagi jika kamu memiliki sifat yang baik seperti jujur dan sifat peduli yang tinggi, maka dengan menjadi diri sendiri dan dengan menaburkan kebaikan yang kamu miliki, maka orang lain secara perlahan akan menyukai dirimu dan ingin menjadi teman.

Jadi intinya kamu harus Percaya dan menjadi Diri Sendiri.


2. Temukan Orang Yang Tepat

sahabat

Seperti yang saya katakan di kalimat pembuka tadi, bahwa orang Introvert itu adalah orang yang pemilih dalam berteman.
Bukan berarti mereka itu orang yang sok, tetapi mereka lebih menjaga pergaulannya dan tidak nyaman berteman dengan sembarang orang.

Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi orang Introvert. Karena dengan sifat seperti ini, kamu akan lebih terjaga dari pergaulan bebas.
Karena biasanya seorang introvert lebih suka bergaul dengan orang-orang rumahan, dan yang tidak terlalu bandel.

Jadi yang harus kamu lakukan ketika ingin mencari seorang teman adalah temukan orang yang tepat untuk dijadikan seorang teman.

Caranya bagaimana?

Gampang, kamu bisa menemukan orang yang memiliki hobi yang sama dengan dirimu. Ataupun orang dengan pemikiran yang sama. Dan bisa juga kamu mencari teman dengan orang yang memiliki kepribadian yang sama. Yang terpenting adalah orang tersebut adalah orang baik, dan bisa memberikan pengaruh yang baik juga untuk dirimu sendiri.

Bukan orang yang suka bergaya, sombong, menghamburkan uang, narkoba, sek bebas, dan suka keluyuran malam.
Karena itu semua bukan ciri seorang Introvert, dan itu bisa merusak diri seorang introvert menjadi anak yang nakal.

Jadi ingat, jadilah diri sendiri dan carilah orang yang tepat.


3. Cobalah Untuk Memulai Duluan

berkenalan

Sifat utama seorang Introvert adalah Pemalu dan Pendiam.

Yap, jika kamu menemui seorang introvert, pastinya mereka kebanyakan memiliki sifat yang pemalu, dan mereka adalah orang yang pendiam.
Karena dua sifat itu memang alami, bahkan saya sendiri juga memiliki 2 sifat tersebut, karena saya seorang introvert.

Jadi yang mau saka katakan disini adalah, jika kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan teman, maka jangan ragu untuk memulai.

Maksud saya adalah, biasanya seorang Introvert itu sangat jarang dan sangat malu untuk menjadi orang pertama yang menyapa, ataupun mengajak berkenalan.
Mereka biasanya menunggu orang lain yang menyapa duluan, dan menunggu orang lain yang minta berkenalan terlebih dahulu.

Sebaiknya mulai sekarang kurangilah sifat seperti ini. Karena saya sendiri juga sudah mulai membiasakan diri untuk menjadi orang yang memulai duluan.

Jadi jika kamu telah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan teman, maka jangan ragu untuk memulai berkenalan. Dan jangan ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang tersebut. Karena jika kamu terus-terusan diam dan menunggu, mungkin orang tersebut akan pergi dan kalian tidak akan bisa menjadi teman. Dan menjadi teman dekat.

Jadi mulai sekarang cobalah kurangi sifat malu atau gengsi yang kamu miliki.
Jangan terburu-buru, tapi cobalah biasakan.

Jangan hanya menjadi orang yang menunggu, tetapi jadilah orang yang memulai.
Mulai topik pembicaraan duluan. Dan mulai menanyakan kabar duluan.


4. Selalu Berpikir Positif dan Berilah Kesempatan

buruk sangka

Seorang Introvert adalah tipe orang yang sangat Penilai.

Mereka bisa dengan mudah menilai sifat seseorang, dan menentukan apakah orang tersebut baik atau tidak. Karena intovert itu adalah seorang pemikir, jadi mereka bisa dengan mudah menilai karakter orang lain, walaupun baru beberapa saat kenal dan bertemu.

Tetapi terkadang penilaian seorang introvert itu bisa salah.

Mengapa?

Itu karena terkadang mereka terlalu cepat menilai orang lain, dan terlalu cepat mengambil keputusan.
Dan jika mereka sudah menilai orang lain buruk, maka selamanya mereka mungkin akan menjauhi orang tersebut.

Pemikiran inilah yang menbuat banyak introvert lebih menutup diri kepada orang lain.

Saran dari saya adalah, jangan terlalu cepat menilai karakter/sifat orang lain. Karena bisa jadi kamu belum mengetahui sifat asli dari orang tersebut.
Mungkin orang tersebut awalnya terkenal dengan sifat sombong, dan egois. Tetapi siapa yang tau bahwa dalam diri orang tersebut ia adalah orang yang peduli dan rendah hati?

Mungkin saja ia melakukan itu hanya untuk mencari perhatian, agar tidak kesepian.

Jadi cobalah untuk berpikir positif, dan membuka diri terhadap orang lain. Berilah orang lain kesempatan untuk bisa menunjukkan sifat aslinya.
Ini juga termasuk salah satu cara kamu untuk bisa menemukan orang yang tepat.

Karena mencari teman itu bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengetahui nama seseorang.
Sedangkan untuk mengetahui sifat atau karakternya, kamu memerlukan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Bisa jadi kan, orang yang awalnya tidak kamu sukai. Akhirnya malah menjadi teman dekat?

Mengapa tidak?

Dunia ini berputar teman. Semuanya selalu berubah. Bahkan sifat seseorang.


5. Jika Tidak Nyaman, Jangan Dipaksakan

jaga jarak

Dan tips yang terakhir dari saya adalah jika kamu merasa tidak nyaman dengan orang tersebut, maka jangan dipaksakan untuk terus menjadi temannya.

Jika kamu sudah memberikan orang lain kesempatan untuk menjadi seorang teman, dan setelah beberapa lama kamu bersama dengan orang tersebut, tetapi tetap tidak ada perbuahan dari dirinya, dan kamu juga tidak bisa membantunya untuk berubah menjadi orang yang lebih baik, maka mungkin pilihan terakhinya adalah jangan dipaksakan.

Mungkin saja memang kepribadian orang tersebut tidak bisa serasi atau tidak bisa menyatu dengan kepribadian kamu.

Atau mungkin dia ternyata orang yang lebih memberikan pengaruh buruk terhadap dirimu. Maka lebih baik jangan berteman dengan orang seperti itu.
Apalagi sampai menjadi teman dekat.

Karena kepolosan seorang introvert itu bisa dengan mudah dirubah melalui teman dan lingkungan sekitarnya. Karena itulah wajib bagi seorang introvert untuk lebih menjadi pemilih dalam berteman dan bergaul.

Pertama dimulai dari Jadi Diri Sendiri, lalu Temukanlah Orang Yang Tepat, dan Cobalah Untuk Memulai Duluan, Selalu Berpikir Positif dan Beri Kesempatan, yang terakhir adalah Jika Tidak Nyaman, Jangan Dipaksakan.

Itulah beberapa tips dari saya seorang introvert untuk kalian para introvert yang ingin serius dalam mencari teman. Apalagi untuk dijadikan teman dekat, dan menjadi seorang sahabat.

Semoga bisa dengan mudah dimengerti para pembaca, dan jika ada kata-kata saya yang tidak di mengerti, maka silahkan Komentar saja dibawah. Nanti akan saya jawab pertanyaan sobat, atau sobat juga bisa curhat secara pribadi melalui kontak pribadi saya yang ada di navigasi sebelah kanan.

________________________________________________________________________________

Itulah tadi artikel seputar 5 Tips Mencari Teman Untuk Orang Pediam atau Introvert.

Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan saya mohon maaf jika ada perkataan saya yang salah. Mohon di ingatkan.
Jangan lupa Komen dan Share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Khusunya untuk seorang Introvert.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

4 Responses to "5 Cara Mencari Teman Untuk Orang Pendiam (Introvert)"

  1. Terimakasih.. artikel ini sangat membantu saya yg sedang riset tentang cara berteman untuk tipe introvert..! Semoga berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mbak. Semoga bermanfaat ^_^

      Delete
  2. untuk yg terakhir nih jgn dipaksakan..
    gwa ga nyaman bro keluyuran tiap hari demi punya tmn .. alhasil gwa stop, dan udh ga dianggap tmn lg bahkan sm tmn kelas 😊

    jadi menurut gwa sih menjadi orang lain itu perlu kalau memang jadi diri sendiri itu ga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting selalu ada batasan dari menjadi diri sendiri dan berpura-pura menjadi orang lain. Karena di dunia yang penuh sandiwara ini, kita terpaksa harus menjadi orang lain di saat2 tertentu. Tapi jangan sampai itu membuat kita lupa diri kita yang sebenarnya.

      Delete

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^