6 Dampak Buruk Dari Aktivitas Ngeblog/Blogging Yang Berlebihan



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Menjadi seorang Blogger memanglah sangat menyenangkan dan bermanfaat. Karena selain sobat bisa memberikan ilmu pengetahuan kepada orang lain, sobat juga bisa mendapatkan wawasan baru dan penghasilan yang bisa menambah tabungan sobat.

Tetapi kadang hal yang baik pun jika dilakukan secara berlebihan, pasti nantinya akan menimbulkan efek buruk juga.
Blogging atau Ngeblog memang hal yang sangat bermanfaat, namun kegiatan ini juga membutuhkan Pikiran yang fokus dan Waktu yang lumayan lama untuk membuat Artikel.

Jika sobat ngeblog secara berlebihan dan sampai lupa waktu, maka itu akan menjadi dampak buruk untuk diri sobat sendiri.
Untuk itu menjadi seorang Blogger juga harus bisa membagi waktu dalam kegiatan ngeblog-nya. Jangan hanya tenggelam dalam dunia blog, karena sobat hidup di dunia nyata.

Berikut ini saya telah merangkum informasi tentang 6 Dampak Buruk Dari Aktivitas Ngeblog/Blogging Yang Berlebihan.
Semoga artikel ini bisa menjadi peringatan ataupun sekedar pemberitahuan untuk sobat Blogger semua.

Silahkan baca artikel ini hingga akhir ya sobat!

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Kesehatan Fisik Sering Terganggu

Ngeblog memang sebuah aktivitas yang mudah jika dilihat dari segi pandangan, sobat hanya duduk di depan Layar Monitor dan mengetik di Keyboard. Tetapi itu hanya kelihatannya saja.
Proses blogging juga menguras banyak Energi dan Tenaga, apalagi terkadang sobat harus rela menulis hingga larut malam.
Tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada Kesehatan Fisik sobat.

Apalagi setelah menulis artikel selama berjam-jam lamanya, pasti akan membuat sobat Letih dan Lesu, dan sobat pun jadi Loyo.
Tetapi yang paling lelah adalah Mata, karena mata sobat selama ngeblog terus memandangi layar monitor yang mengeluarkan cahaya yang membuat mata lelah, ditambah lagi karena efek kurang tidur, mata akan semakin lelah.

Belum lagi Punggung yang terasa sakit karena duduk berjam-jam di depan monitor. Kaki juga kadang terasa kesemutan, dan banyak masalah-masalah lainnya.
Untuk itu sobat harus bisa mengatasi semua masalah tersebut, jangan sampai dibiarkan saja, atau pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan fisik sobat.


2. Pemikiran Bisa Terganggu

Pemikirian seorang blogger bisa saja terpengaruh akibat aktivitas blogging yang terlalu berlebihan. Keinginan besar untuk terus mengetahui tentang blog, bisa menjadikan diri sobat sangat terobsesi, sehingga sobat selalu memikirkan tentang blog milik sobat setiap waktu dan setiap saat, kapanpun dan dimanapun.
Tentu saja hal ini tidak baik untuk otak sobat dan bisa menganggu fokus sobat terhadap pekerjaan yang lainnya.

Jika pikiran sobat sudah terlalu banyak memikirkan tentang Blog, maka sobat akan kesulitan untuk memikirkan hal lain lagi. Sobat akan kehilangan fokus pada hal lain yang lebih penting dari pada blogging. Dan tentu saja sobat jadi akan sulit untuk berkosentrasi disaat sedang Bekerja ataupun Belajar.

Untuk itu kurangilah rasa Penasaran dan Kekhawatiran sobat tentang Ngeblog. Jangan terlalu memikirkan Artikel blog, Penghasilan blog, Pengunjung blog, dan hal-hal lain yang terkait dengan blog sobat.

Apalagi jika sobat masih seorang pelajar, yang perlu dipikirkan bukan hanya blog, tetapi Pelajaran juga sangat penting untuk kebutuhan di Sekolah atau Kampus.
Jadi jagalah pemikiran sobat agar tidak terlalu memikirkan Blog secara berlebihan.


3. Jarang Bergaul Dengan Lingkungan Sekitar

Yap, ngeblog memang menghabiskan banyak waktu sobat. Untuk membuat artikel yang memiliki lebih dari 800 kata saja kadang masih memerlukan waktu 1 Jam 30 menit, hingga 2 Jam.
Karena itulah jika sobat ingin menjadi seorang blogger, maka sobat harus siap untuk tetap berada di dalam rumah dan sepanjang waktu hanya menulis di depan Monitor.

Hal tersebut tentu akan mengurangi waktu sobat untuk pergi keluar rumah dan bersosialisasi dengan Teman, Tetangga, dan Kerabat, karena sobat hanya menghabiskan waktu dirumah.
Karena jarangnya bergaul diluar rumah, tentu saja sobat menjadi orang yang tertalu tertutup dan jarang berinteraksi dengan orang lain. Hubungan sobat dengan Teman dan Kerabat juga akan semakin jauh.

Hal tersebut tentu sangat tidak baik, karena pada umumnya manusia adalah Makhluk Sosial, artinya manusia harus terus berkumpul dengan orang banyak dan menjaga Tali Persaudaraan.


4. Waktu Bersama Keluarga Berkurang

Pagi, Siang, dan Malam sobat selalu menghabiskan waktu di kamar untuk ngeblog. Sehingga sangat jarang untuk bisa berkumpul bersama keluarga untuk sekedar bercerita dan menghabiskan waktu bersama-sama.

Hal tersebut akan membuat sobat menjadi orang yang sangat tertutup, bahkan pada keluarga sendiri. Hubungan kepada sesama anggota keluarga pun akhirnya akan terasa lebih canggung, karena jarangnya berinteraksi dan berbicara, walaupun tinggal 1 rumah.

Bahkan sobat jadi sering mengabaikan Orang Tua dan Adik atau Kakak. Karena yang sobat pikirkan hanya ngeblog, ngeblog, dan ngeblog.


5. Jarang Berolahraga

Jika sudah terlalu sering ngeblog, jangankan berolahraga, untuk bergerak saja sudah sangat jarang. Karena yang sering sobat lakukan hanya Duduk selama ber jam-jam lamanya di depan Laptop ataupun Komputer. Sehingga tubuh juga akan semakin kaku karena jarang melakukan pemanasan.

Karena itulah sobat selalu saja merasa Lesuh dan sangat cepat Letih dalam beraktivitas, karena yang dilakukan hanya duduk di depan monitor, dan sangat jarang melakukan olahraga.
Jangankan untuk bangun olahraga, bagun pada pagi hari saja sudah susah karena keseringan begadang buat ngurus blog.


6. Lupa Mengurus Diri

Nah, judul terakhir ini nih yang paling sering menjadi gangguan pada semua blogger yang terlalu berlebihan melakukan aktivitas blogging.

Karena terlalu seringnya mengurus blog, sobat sampai lupa untuk mengurus diri sendiri. Kadang karena kelamaan nulis artikel sampai Lupa Makan, jadi jarang Mandi, dan pada akhirnya penampilan sobat pun tampak berantakan, seperti orang yang tinggal di dalam Goa selama berhari-hari.

Tentu saja hal ini akan berdampak lagi pada Kesehatan sobat. Jika sudah sering Telat makan, penyakit akan dengan mudah menyerang, dan tubuh akan sering lemas.
Bahkan pacarpun tidak akan pernah punya. (Alias Jones Abadi)

______

Itulah Hal-Hal Negatif Dari Aktivitas Ngeblog/Blogging Yang Berlebihan. Saya sebagai seorang blogger pasti juga pernah menjadi orang yang sangat terobsesi dengan blog, saya sangat ingin mendapatkan penghasilan dari blogging, sampai-sampai saya jadi lupa mengurus diri dan sangat jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Untuk itu, bagi sobat blogger-blogger yang lainnya harap jaga dirinya ya, jangan terlalu terobsesi dengan blog, apalagi jika sobat hanya seorang blogger sampingan, bukan Full Time Blogger. Jadi ngeblog lah yang sewajarnya saja.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat ya sobat!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

2 Responses to "6 Dampak Buruk Dari Aktivitas Ngeblog/Blogging Yang Berlebihan"

  1. 6 point yang harus menjadi standar saya neh nampaknya gan agar terhindar dari yang admin ulas pada artikel bagaimana ngeblog yang berlebihan akan memberikan efek yang kurang baik bagi diri sendiri. Bermanfaat neh sobat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih gan :D
      Semoga kita bisa sama2 menghindari dampak-dampak buruk di atas :)

      Hapus

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^