5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstall OS Linux di Komputer



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Kenapa rata-rata di indonesia dan negara lainnya pengguna Komputer dan Laptop kebanyakan memakai Sistem Operasi Windows?
Mungkin memang benar, karena windows adalah sistem operasi yang mudah digunakan, walaupun kita harus bayar untuk menggunakannya.

Tapi kenapa gak banyak orang indonesia yang pakai Linux?
Padahal linux adalah sistem operasi yang sangat aman loh sobat, lebih aman dari pada windows yang sangat gampang dibobol Hacker. Dan yang terpenting Linux itu Gratis, alias Open Source. Jadi gak perlu bayar kalau ingin menggunakan Linux.

Bahkan yang ironisnya, kebanyakan orang indonesia hanya memakai Windows Bajakan loh sobat. Karena orang indonesia sangat pelit untuk mengeluarkan uang hanya untuk membeli sistem operasi komputer. Mending beli rokok lah dari pada beli windows yang harganya sampai jutaan.

Untuk itu lebih baik mencoba yang gratis seperti Linux, agar tidak ilegal. Mungkin sobat akan mengira bahwa linux itu sistem operasi yang ribet pengaturannya dan rumit cara nginstallnya. Tetapi sobat salah kok. Linux itu juga sangat mudah untuk digunakan, contohnya saja Ubuntu. Jadi jika belom mencobanya, mungkin sobat gak akan tau.

Jadi langsung saja simak artikel yang berjudul 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstall OS Linux di Komputer hingga akhir ya sobat. Agar sobat juga tau apa-apa saja kelebihan linux, supaya tidak memakai windows bajakan terus, prinsip orang indonesia kan Selama masih ada yang Gratis, buat apa Bayar?

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Menginstall Linux Bisa Bersamaan Dengan Windows

Maksudnya bersamaan adalah Pemakaiannya sobat, bukan proses penginstallannya. Jika sobat enggan untuk meninggalkan Windows sepenuhnya, maka sobat bisa memakai Linux juga tanpa harus mencopot Windows dari Komputer atau Laptop sobat, karena bisa menggunakan Dual boot. Dan menginstall linux juga mudah, karena bisa juga dilakukan dengan Flashdisk.

Jadi sobat tetap bisa memakai Windows dan mencoba Linux sekaligus.


2. Pengaturan Mudah

Jika sobat belum mencoba sendiri menggunakan Linux, bukan berarti sobat bisa menganggap bahwa linux itu pengaturannya sulit, karena jarang dipakai orang banyak.
Sebenarnya Linux adalah sistem operasi yang memiliki pengaturan yang mudah, bahkan bisa digunakan untuk para Pemula.
Ubuntu adalah salah satu contohnya. Semua fitur yang ada di dalamnya dibuat sampir sama menyerupai Windows. Jadi kita akan mudah terbiasa dan jadi lebih leluasa menggunakannya, sama seperti menggunakan Windows.


3. Semua Aplikasi Yang Dibutuhkan Tersedia

Banyak juga orang yang menganggap bahwa sangat sulit untuk mendapatkan Aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi Linux, saya sendiri juga sempat berpikiran seperti itu dulu.
Tetapi ternyata semua aplikasi yang ada di Windows juga ada di linux, cuma aplikasinya saja yang berubah nama dan desain, tetapi kegunaannya tetap sama loh sobat.

Contohnya seperi Aplikasi LibreOffice yang bisa membuat dokumen, sama seperti Microsoft Office yang ada di Windows.
Selain itu, Linux juga tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi terpopuler yang ada di windows, seperti Google Chrome, VLC Player, Dropbox, Skype, dan lain sebagainya.

Atau mungkin jika sobat seorang Progammer, sobat bisa membuat sebuah aplikasi baru untuk digunakan di Sistem Operasi Linux. Sehingga sobat bisa berbagi ke pengguna linux lainnya. Jadi jangan berkreasi hanya untuk Windows saja.


4. Keamanan Terjaga

Nah, iniah salah satu kelebihan Linux, yaitu Keamanan lebih terjaga dibandingkan Windows yang mudah dibobol oleh para Hacker.
Para hacker pun sangat sedikit yang mau melakukan aksi isengnya di perangkat linux. Bahkan kebanyakan Hacker juga malah menggunakan Linux di Komputernya. Keren kan sobat?

Jika sobat pernah menonton film-film Hakcer seperti Mr Robot, maka sobat akan melihat mereka semua menggunakan sistem operasi Linux. Karena linux juga di desain untuk keamanan.


5. Memakai Linux Gratis dan Ikut Mendukung Komunitas Open Source

Yap, kelebihan terakhir adalah kita semua gak harus bayar menggunakan Linux, beda dengan Windows yang harus bayar hingga jutaan rupiah, yang akhirnya kita kebanyakan memakai Windows palsu alias BAJAKAN.

Dan dengan menggunakan Linux, maka kita ikut mendukung Linux dan juga Komunitas Open Source yang telah memberikan aplikasi-aplikasi gratis. Maka jika semakin banyaknya dukungan, komunitas ini akan semakin berkembang dan aplikasi-aplikasi yang mereka buat juga akan semakin berkualitas.

Jadi kita bisa menghilangkan kebiasaan kita selama ini, yaitu menginstall dan menggunakan Aplikasi Bajakan. Jika ada yang gratis dan berkualitas, untuk apa kita menggunakan aplikasi bajakan lagi, bukan begitu sob?

---

 Jadi gimana sobat?
Sudah tertarik untuk mencoba menggunakan Linux?
Ya mana tau sobat mau jadi Hacker yakan, jadi harus pake Linux supaya mudah. (hehehehe)

Linux juga memiliki kelebihan-kelebihan yang unik sobat, jadi sedikit banyaknya berbeda dengan windows tetapi Linux tetap menjadi pilihan yang berkualitas.
Dari pada sobat menggunakan Windows bajakan mulu, nanti bisa ditangkap Polisi loh. Mendingkan make Linux yang jelas-jelas gratis dan malah kita akan ikut mendukung Komunitas Open Source.

Yaudah, sekian dan terima kasih ya sobat. Sampai disini dulu pertemuan kita pada artikel kali ini. jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan Komen dibawah ya sobat. Jangan lupa juga Share artikel ini ke sosmed sobat ya!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstall OS Linux di Komputer"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^