4 Bahaya Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Zaman yang sudah serba Teknologi sekarang ini, Smartphone sudah menjadi salah satu alat elektronik yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.
Bahkan setiap saat Smartphone selalu berada di Genggaman ataupun dalam saku dan tas kita. Karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone, ditambah dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, sehingga mudah untuk kita bawa kemana-mana.

Aktivitas yang kita lakukan menggunakan smartphone pun berbeda-beda. Ada yang menggunakannya untuk kepentingan Bisnis, untuk Internetan, atau bahkan hanya untuk berfoto-foto saja, karena pixel kamera smartphone sekarang memang sangat besar, sehingga sudah tidak terlalu perlu lagi untuk membeli sebuah kamera digital.

Bahkan telah diketahui melalui Survey pada tahun 2014 yang dilakukan Milward Brown, bahwa rata-rata pengguna Smartphone menghabiskan waktunya sekitar 6 Jam 50 Menit dalam sehari hanya untuk bermain dengan Smartphone yang mereka sukai.
Tentu waktu sebanyak itu cukup banyak dan mungkin semakin canggihnya smartphone nanti, maka semakin bertambah juga waktu pemakaiannya.

Selain sangat buruk untuk kesehatan mata, smartphone juga sangat tidak baik untuk waktu tidur kita. Karena smartphone juga berbahaya jika sering digunakan sebelum tidur. Akan memberikan beberapa masalah serius pada pemakai-nya, sehingga bisa berdampak buruk dengan kesehatan sobat.

Pada kesempatan kali ini, saya telah merangkum informasi penting mengenai 4 Bahaya Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan.
Silahkan dibaca hingga akhir ya sobat. Dan ingat, setelah membaca artikel ini, jangan anggap remeh lagi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh smartphone.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Menyebabkan Sulit Tidur

Banyak sekali orang yang awal mulanya sangat mudah untuk tertidur, kemudian ia menjadi pengidap penyakit Insomnia, yaitu sulit tidur.
Salah satu penyebabnya yang paling banyak juga karena seringnya bermain smartphone sebelum tidur, yang akhirnya membuat mata terus menatap Cahaya Biru dari layar smartphone, sehingga membuat mata untuk terus terbuka.

Penggunaan Smartphone dengan layar LED yang mengeluarkan sinar biru juga diketahui dapat menghambat Hormon Melatonin yang kita butuhkan agar dapat mengantuk. Jadi jika terdapat gangguan pada produksi Hormon Melatonin ini, tentu akan membuat kita semakin susah untuk mendapatkan rasa kantuk, dan akhirnya sulit untuk tertidur.
Jika sulit tidur sudah semakin menjadi hal biasa, maka akan menjadi penyakit Insomnia, dan sangat berbahaya pengaruhnya untuk kesehatan tubuh kita.
Karena jika kekurangan tidur, maka banyak sekali bahaya dan penyakit yang dapat berpengaruh oleh fisik maupun rohani kita. Untuk itu selalu jagalah jam tidur, dan kurangi bermain smartphone pada malam hari.


2. Dapat Menyebabkan Kegemukan

Pernahkah sobat selalu merasa lapar pada malam hari?
Kemungkinan hal tersebut terjadi karena pengaruh dari smartphone yang sobat gunakan.

Penelitian sendiri telah mengungkapkan bahwa paparan Sinar Biru dari Smartphone selama 3 jam akan meningkatkan produksi Hormon Ghrelin yang berfungsi untuk memberikan sinyal lapar. Sehingga kita akan terus merasa lapar, dan ingin terus makan nasi atau hanya sekedar memakan cemilan yang akan membuat gemuk.

Tentu saja hal ini sangat tidak baik. Karena kebanyakan makan pada malam hari sangat beresiko bagi kesehatan tubuh, terutama dapat menyebabkan Kegemukan.
Karena itulah bagi sobat yang sedang melakukan Diet juga harus mengurangi pennggunaan smarthpone pada malam hari, agar rasa lapar tidak selalu menghantui.


3. Resiko Penyakit Kanker

Kanker merupakan sejenis penyakit yang paling berbahaya dan yang paling banyak menyebabkan Kematian, sehingga kita tidak boleh menganggap remeh penyakit ini dan harus segera diperiksa oleh dokter ahlinya.
Dan ternyata smartphone malah bisa menjadi penyebab kita terkena penyakit kanker.

Informasi ini juga diambil dari penelitian dari Europan Journal of Cancer Prevention bahwa paparan sinar biru dari Smartphone membawa radiasi yang akan meningkatkan resiko terkena penyakit Kanker Payudara. Jadi hal ini juga lebih banyak merugikan pihak wanita, padahal malah wanita lah yang sangat sering menghabiskan waktu sebelum tidur untuk bermain Sosial Media di Smartphone-nya.

Persentase resiko timbulnya Kanker Payudara pada wanita telah mencapai 17%. Para peneliti juga bertanggapan bahwa sinar biru smartphone dapat meningkatkan Hormon Estrogen yang memicu munculnya Kanker Payudara.
Sungguh mengerikan ya sobat?
Jadi buat para wanita masih berani bermain smartphone terlalu lama sebelum tidur?


4. Resiko Penyakit Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang biasanya menyerang seseorang yang sudah berusia 35 tahun keatas, ataupun disebut Adult Onset. Jenis diabetes ini juga biasanya menyerang orang-orang yang bertubuh besar yang telah kelebihan berat badan (overweight).
Lagi-lagi penyebabnya adalah sinar biru dari layar smartphone yang selama ini kita mainkan.
Dalam penelitian Journal Chronobiology International menyatakan bahwa seseorang yang sudah berusia lanjut akan lebih mudah terkena diabetes tipe 2 karena bermain smartphone selama 4 jam sebelum tidur.
Mengerikan bukan?

Jadi penggunaan smartphone sebelum tidur juga sangat berbahaya untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut.
Jadi sebaiknya perbanyaknya olahraga dan tidurlah dengan waktu yang seharusnya. Agar kesehatan bisa terus terjaga dan insya allah kita bisa memiliki umur yang panjang.

---

Nah, jadi gimana menurut sobat mengenai bahaya penggunaan smartphone sebelum tidur?
Ternyata sangat berbahaya kan sob. Sebelumnya saya juga telah banyak membuat artikel tentang bahaya-bahaya dari penggunaan smartphone yang berlebihan, sehingga mulai sekarang kita harus benar-benar menjaga penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan.

Saran dari saya, sobat sebaiknya menggunakan Kacamata Anti Radiasi Komputer yang dapat membantu untuk mengurangi radiasi dari cahaya-cahaya barang elektronik seperti komputer, salah satunya termasuk Smartphone.

Jadi kalau udah tau resikonya, sebaiknya cegah dan perbaiki mulai sekarang ya sobat. Beritahu juga Teman, Keluarga, atau Saudara sobat yang belum tau mengenai Resiko Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur ini.

Baiklah, jangan lupa Komen dibawah jika ada yang ingin sobat sampaikan. Dan Share artikel ini jika sobat peduli dengan orang lain yang mungkin belum tau bahaya penggunaan smartphone sebelum tidur.

Sekian dan terima kasih sob!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "4 Bahaya Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^