5 Cara Untuk Berbelanja Online Secara Aman Di Internet



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Pernahkah sobat berbelanja melalui internet?
Sebagian besar orang pasti pernah, bahkan ada yang sering. Karena memang sangat banyak kemudahan yang akan kita dapatkan jika berbelanja secara Online. Seperti penghematan waktu, dan bisa dilakukan kapan saja, asalkan kita terhubung ke jaringan internet.

Tapi pernahkah sobat tertipu ketika berbelanja secara Online?

Internet memang menjadi pusat untuk melakukan hal-hal yang sangat di inginkan banyak orang, seperti saling bertukar informasi dan melakukan transaksi Jual ataupun Beli. Tetapi di internet juga menjadi sarangnya para penjahat dari kelas Teri sampai kelas Kakap untuk membodohi orang yang masih Awam atau memiliki sedikit pengetahuan.

Karena sedikit pengetahuan itulah yang menyebabkan banyak orang Tertipu ketika melakukan transaksi secara Online.

Atau pernahkan sobat berbelanja dengan Kartu Kredit di sebuah Toko Online, dan dalam beberapa hari sobat melihat saldo di Kartu Kredit tersebut berkurang secara Drastis, padahal sobat tidak pernah melakukan transaksi lain.
Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena serangan dari seorang yang bernama Carder. Yaitu orang yang menggunakan Kartu Kredit sobat secara diam-diam untuk membeli barang di internet.

Untuk itulah, hal utama yang harus sobat dapatkan sebelum berbelanja secara online adalah Keamanan.
Silahkan baca hingga akhir beberapa Tips dari saya untuk sobat, yang berjudul 5 Cara Untuk Berbelanja Secara Aman Di Internet.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Jaga Informasi Kartu Kredit

Kartu Kredit adalah salah satu cara Pembayaran yang paling banyak digunakan di internet, karena kemudahannya. Nomor pada kartu kredit yang sobat miliki pun tentunya tidak akan berubah sebelum sobat menutup akun kartu tersebut dan membuka akun yang baru. Karena itulah keamanannya menjadi hal yang sangat Penting dan bersifat Rahasia.

Jika sekali saja informasi mengenai Kartu Kredit sobat bocor dan diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka ia bisa saja menggunakannya untuk berbelanja dengan menggunakan Kartu kredit sobat tersebut, dan sobat akan kehilangan banyak saldo dari kartu kredit tersebut.

Untuk itulah, sobat tidak boleh sembarangan menggunakan kartu kredit di internet. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi tentang kartu kredit sobat adalah dengan memastikan bahwa Toko Online yang sobat gunakan untuk berbelanja berstatus Aman dan Terpercaya.

Salah satu cara untuk melihat status keamanan sebuah toko online adalah melalui alamat internet dari toko online tersebut. Biasanya toko online yang aman akan menggunakan kata Https pada bagian awal domainnya. Contohnya adalah situs BliBli.com yang memiliki alamat domain lengkapnya adalah https://www.blibli.com.

Jadi situs yang menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sudah terjamin kemanannya dari pada situs yang masih menggunakan HTTP.


2. Teliti Laman Toko Online

Jika sobat ingin berbelanja di  internet, dan menemukan situs Toko Online yang baru dan terlihat masih asing, maka sebaiknya sobat meneliti dulu toko tersebut sebelum melakukan transaksi di dalamnya. Jangan dulu tergoda dengan harga murah dari toko tersebut, ataupun tergoda dengan diskon yang fantastis.

Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang Latar Belakang situs tersebut.

Sebuah toko online yang memang Terpercaya biasanya tidak menutup-nutupi informasi dari toko online tersebut, malah toko online yang bisa dipercaya akan memberikan seluruh informasi yang diperlukan para pelanggannya untuk Menghubungi pihak toko online.

Pastikan toko online tersebut memberikan halaman informasi yang lengkap, yang menyediakan Alamat Toko Online, Nomor Handphone, dan informasi penting lainnya, dan pastikan informasi tersebut Asli.

Dan toko online yang memang bisa dipercaya pasti memiliki halaman yang menjelaskan, seperti halaman Cara Pembayaran, About Us (Tentang Kami), dan halaman yang paling penting, yaitu Hubungi Kami.

Karena itu, ingatlah selalu untuk meneliti Toko Online yang menurut sobat Asing dan belum terkenal/dipercaya banyak orang.


3. Jaga Kemanan Informasi Anda

Sobat harus menjaga informasi-informasi yang paling penting, yaitu informasi tentang Kata Sandi saat login ke toko online tersebut. Dan juga informasi tentang Email yang telah sobat daftarkan ke toko online tersebut. Karena Email sebenarnya sangat-sangatlah penting bagi orang yang memang mengerti. Karena hanya dengan email, seluruh akun yang kita miliki bisa diambil alih oleh orang lain, termasuk juga akun di toko online yang sobat gunakan.

Untuk itu jaga informasi-informasi penting sobat. Jangan memberikan ataupun mempercayakannya pada orang yang salah. Simpan informasi tersebut baik-baik, kalau sobat takut lupa tentang Kata Sandi ataupun Email, silahkan catat di buku harian ataupun kertas, lalu simpan di tempat yang sangat aman.


4. Mintalah Pendapat Teman atau Cari Info Di Google Tentang Toko Online

Tidak ada salahnya juga sebelum melakukan proses Belanja Online, sobat sebaiknya meminta saran kepada Teman sobat yang mungkin sudah pernah dan berpengalaman dalam urusan belanja secara online. Coba minta saran dari teman sobat untuk memberikan info tentang toko online yang terpercaya dan aman.

Atau sobat bisa juga tanyak langsung ke Mbah Google, manakah toko online yang terpercaya. Coba saja, sebelum berbelanja secara online, lakukanlah Searching mengenai daftar-daftar toko online yang sudah terpercaya, pasti banyak tuh informasi yang muncul di google. Coba saja sobat cek satu-persatu Blog/Web tersebut dan lihatlah toko online yang direkomendasikan.

Contoh gambarnya seperti di bawah ini :

Pilihlah satu per satu artikel tersebut, dan temukan Toko Online yang paling banyak Di Rekomendasikan untuk sobat.


5. Simpan Salinan Pesanan Anda

Setelah melakukan Transaksi pembelian barang, sobat pasti akan diberikan informasi mengenai Detail Transaksi yang telah sobat lakukan, mulai dari Nama Barang, Harga, dan Cara Pengembalian Barang. Silahkan sobat simpan baik-baik berkas informasi tersebut atau bisa juga sobat Screnshoot, sebagai bukti bila barang yang sobat beli tidak sampai ataupun Rusak.

Simpan juga bukti Transfer sobat, karena bukti-bukti tersebut sangatlah penting. Dan yang paling penting, sobat harus mendapatkan Nomor Cek Resi yang berguna untuk mengecek sudah sampai mana barang sobat diantar. Jadi sobat bisa mengetahui keberadaan barang sobat yang telah dikirim. Mau itu menggunakan jasa JNE, POS, TIKI, ataupun yang lainnya, pastikan sobat mendapatkan nomor Cek Resinya.

---

Itulah beberapa Tips dari saya yang mungkin bisa membantu sobat dalam melakukan Transaksi berbelanja secara online dengan Aman dan Tenang. Ingatlah, ketelitian sebelum membeli barang menjadi salah satu kunci aman berbelanja. Dan jika sobat masih bingung atau memiliki pertanyaan lain, silahkan Komen di bawah dan akan saya jawab. Atau hubungi saya melalui kontak yang telah saya sediakan di blog ini.

Sekian dan terima kasih, semoga Bermanfaat!

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "5 Cara Untuk Berbelanja Online Secara Aman Di Internet"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^