6 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan Online Lebih Banyak



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Di zaman serba internet ini, berjualan bukanlah perkara yang sulit lagi. Karena kita bisa memanfaatkan internet untuk berjualan secara online. Berjualan di internet juga membuat sang penjual maupun pembeli menjadi sangat mudah untuk melakukan transaksi jual beli, karena tidak perlu datang ke toko lagi, hanya tinggal memanfaatkan Laptop, ataupun Smartphone untuk berbelanja.

Karena itu para pengusaha sekarang mulai berbondong-bondong membangun Situs jual beli di internet untuk mempromosikan barang mereka, dan juga membuat Akun Media Sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menjual berbagai produk yang mereka produksi.

Yang menjadi permasalahannya sekarang ialah Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan Online Lebih Banyak dari yang kita dapatkan sekarang?
Karena watak dan selera orang-orang berbeda, jadi untuk menarik minat mereka untuk membeli produk yang kita jual juga membutuhkan usaha yang berbeda pastinya.

Untuk caranya, berikut ini saya telah merangkum 6 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan Online Lebih Banyak.
Silahkan sobat baca dan pahami hingga akhir artikel ini.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Berikan Pelanggan Informasi Yang Tepat dan Menarik

Semua orang di dunia ini membutuhkan sesuatu yang pasti, begitu juga bagi seorang Pelanggan yang pasti ingin mendapatkan informasi yang jelas dan tepat sebelum membeli produk/barang yang mereka inginkan.

Jika sobat memang ingin serius mendapatkan banyak pelanggan, maka berilah apa yang di inginkan mereka. Yaitu informasi yang jelas, contohnya jika sobat mempunyai situs Toko Online sendiri, maka cantumkanlah di situs tersebut halaman About Us (Tentang Kami). Halaman ini biasanya berisikan informasi kontak yang dimiliki si penjual barang. Seperti info tentang Nomor Handphone, Alamat si Penjual, dan lainnya. Pastikan bahwa semua informasi yang sobat berikan Asli.

Sama juga jika sobat menjual barang melalui Sosial Media. Maka cantumkan informasi asli sobat di halaman informasi akun sosmed tersebut. Setelah itu berikanlah Gambar-gambar yang jelas dan menarik tentang barang apa saja yang sobat jual. Tulis juga di bawah gambar tersebut informasi dari barang yang ada di gambar. Seperti Kualitas, Warna, Merek, Ukuran, dan info lainnya dari barang tersebut.

Dan jangan lupa juga untuk mempercantik Tampilan Gambar dari barang yang sobat jual, agar lebih menarik pembeli. Yang pasti gambar tersebut harus asli sobat foto langsung dari barangnya, bukan ngambil foto dari orang lain, agar tidak ada perbedaan antara barang asli dengan gambarnya.


2. Berikan Kesan Belanja Yang Mudah dan Menyenangkan Untuk Pelanggan

Ingatlah bagi sobat yang ingin sukses mendapatkan banyak pelanggan, jika Kepuasan Pelanggan adalah hal paling penting. Karena jika banyak pelanggan yang puas dengan pelayanan sobat, maka pelanggan tersebut akan mengajak pelanggan lainnya untuk ikut berbelanja di toko online sobat.

Untuk memberikan kesan yang menyenangkan untuk pelanggan, sobat bisa mulai dengan Pengiriman Barang Tepat Waktu, karena pelanggan paling tidak suka menunggu terlalu lama. Jangan lupa juga sebelum mengirim barang, sobat bungkus barang tersebut dengan rapi dan aman, agar barang sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan Rapi dan Tidak Rusak.

Untuk memudahkan pelanggan dalam berbelanja, sobat juga harus memberikan Tutorial Pembayaran, agar para calon pembeli tidak bingung. Berikan juga kemudahan lainnya seperti banyaknya akses pembayaran, misalnya melalui Rekening Bank yang beragam, dan sobat juga bisa memberikan fitur pembayaran via Indomaret ataupun Alfamart, agar calon pembeli yang tidak memiliki rekening sendiri pun bisa tetap berbelanja online.

Dan cara membuat pelanggan merasa puas terakhir adalah dengan Memberikan Produk Yang Sama Persis Seperti Yang Ada Di Gambar. Jangan sampai produk yang sobat jual tidak mirip sama sekali dengan gambar yang sobat tunjukkan. Karena hal tersebut malah akan membuat pelanggan menjadi Kesal dan mungkin akan menjelek-jelekkan sobat. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi barang sebelum dikirim, untuk mengetahui apakah ada keadaan cacat atau tidak pada barang tersebut.


3. Sering Mempromosikan Barang dan Memberikan Diskon

Promosi sudah menjadi kewajiban sobat jika ingin memiliki banyak pelanggan di internet. Cara untuk melakukan promosi pun ada banyak sekali. Mulai dari Beriklan di Blog/Web Populer, Menggunakan Google Adword, ataupun Beriklan di Facebook dan Instagram. Semua itu bisa sobat lalukan, tetapi membutuhkan biaya untuk jasa periklanannya.

Atau jika ingin berpromosi secara gratis, sobat bisa melakukannya dengan menggunakan Akun Sosial Media sendiri. Rajinlah untuk mempromosikan barang yang dijual di akun sosmed sobat, ataupun sobat bisa numpang promosi di akun Sosmed milik teman yang mempunyai Teman atau Pengikut yang banyak.
Selain itu sobat juga bisa membuat Blog atau Web sendiri untuk mempromosikan Produk yang sobat jual.

Selain Promosi, salah satu yang hal yang paling menarik minat banyak pelanggan adalah dengan memberikan Diskon untuk seriap barang yang sobat jual. Hal ini sudah pasti akan menarik minat banyak orang untuk membeli produk sobat, dan bisa menambah jumlah pelanggan online.


4. Buatlah Konten Yang Menarik

Jika sobat menggunakan akun Sosial Media hanya untuk berpromosi dan berjualan saja, mungkin akan membuat orang muak. Coba sesekali sobat memberikan konten yang menarik, tetapi tetap mengundang minat orang-orang untuk menjadi pelanggan sobat.

Misalnya jika sobat menjual Sepatu, maka coba sesekali memberikan artikel tentang jenis-jenis sepatu yang ada di dunia, sepatu masa kini yang sedang populer, dan sejarah-sejarah mengenai sepatu yang sobat jual. Dengan begitu para calon pelanggan sobat akan tertarik dengan sepatu yang sobat jual bukan karena hanya tampilannya saja, tetapi Sejarah ataupun Trend masa kini.

Cara tersebut bisa sobat gunakan bukan hanya untuk produk Sepatu, tetapi produk-produk lainnya.


5. Aktif Berkontribusi Dalam Berbagai Komunitas Online

Mendekatkan diri kepada pelanggan bukan hanya dilakukan dengan Media Sosial saja, tetapi bisa juga dilakukan dengan cara sering aktif dan berinteraksi dengan berbagai macam jenis Komunitas yang tersedia di Internet.

Tetapi 1 hal yang perlu sobat ingat, bahwa Komunitas Online bukan sarana hanya untuk sekedar berpromosi saja, tetapi juga memberikan informasi kepada anggota-anggota komunitas dan mencari inspirasi dari berbagai anggota di komunitas tersebut.

Salah satu Forum komunitas terbesar di indonesia adalah Kaskus.co.id. Sobat bisa memberikan dan menerima banyak informasi berharga tentang Produk yang sobat jual di forum tersebut. Dan sobat juga bisa memanfaatkan fitur FJB (Forum Jual Beli) yang ada di kaskus untuk mempromosikan produk sobat.

Atau sobat juga bisa membuat komunitas sendiri dengan Group Facebook atau Group BBM yang khusus sobat buat untuk semua pelanggan sobat. Dalam group tersebut sobat bisa meminta pendapat dari para pelanggan tentang produk yang sobat jual, atau sekedar meminta saran kepada para pelanggan agar produk sobat menjadi lebih baik lagi.


6. Berikan Rasa Aman Kepada Calon Pelanggan

Keamanan adalah 1 Hal yang sangat sulit di dapatkan di Dunia Maya. Karena siapa saja bisa menjadi penipu, bahkan penipu sekarang lebih Rama dan bisa mengambil hati para pelanggannya.

Untuk itu, jika sobat ingin mendapatkan banyak pelanggan, maka jadilah penjual yang Terpercaya. Caranya mudah, sobat harus memiliki Testimonial atau Laporan dari Pelanggan setelah bertransaksi dengan sobat. Sobat bisa menscrenshoot percakapan dengan pelanggan yang telah puas membeli produk sobat, dan menguploadnya di akun sosmed sobat.

Atau sobat juga bisa membuat halaman khusus di web/blog yang sobat miliki untuk menjadikan halaman tersebut tempat para pelanggan memberikan komentar tentang kepuasan berbelanja dengan sobat. Atau membuat group di sosmed untuk tempat para pelanggan sobat memberikan Testimonial.

Jadi jika ada calon pelanggan yang tidak mempercayai sobat, maka sobat bisa menunjukkan Testimonial dari para pelanggan yang telah sobat layani.

---

Nah, begitu banyak bukan cara untuk mendapatkan banyak Pelanggan di Internet sob?
Asalkan sobat Aktif dan sering mencari cara baru untuk menarik Pelanggan.

Carilah sebanyak-banyaknya informasi yang ada di internet, gunakan Somed dan Forum yang ada di internet semaksimal mungkin untuk mendekatkan diri kepada pelanggan, agar sobat tidak menjadi Asing lagi di dunia maya. Yang terpenting juga sobat harus bisa menjadi penjual yang Terpercaya dan Ramah.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya sobat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "6 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan Online Lebih Banyak"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^