7 Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Banyak sekali dari kita yang memiliki masalah pada saat pengisian baterai smartphone. Yaitu masalah lamanya pengisian yang dilakukan pada smartphone. Misalnya sobat telah mengecas smartphone selama berjam-jam lamanya, tetapi baterai smartphone belum penuh juga. Hal tersebut tentu saja akan membuat kita kesal dan bosan untuk menunggu terus.

Apalagi jika sobat tipe orang yang sibuk. Pasti ingin ketika mengecas baterai smartphone tidak harus menunggu waktu yang lama.
Tetapi apa daya jika memang pengisian baterai smartphone sobat tetap lama. Berarti sobat harus langsung mencari penyebab dan jalan keluarnya, agar tidak galau terus jadinya.

Untuk itu, berikut ini saya akan memberikan informasi tentang 7 Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone.
Silahkan sobat baca hingga akhir, Insya Allah akan segera dapat mengetahui apa-apa saja yang menyebabkan pengisian baterai menjadi sangat lama.

Bismilahirrahmanirrahim.


1. Kabel Yang Buruk

Masalah pertama yang bisa menyebabkan lamanya pengisian baterai adalah Kabel Charger yang sobat gunakan.
Apalagi di zaman sekarang ini, udah hampir semua kabel charger smartphone pasti menggunakan Kabel USB ataupun kabel yang dapat dilepas dan dijadikan Kabel Data untuk PC.

Kemungkinan kabel charger yang sobat gunakan telah terlalu lama dipakai, dan menjadi usang, sehingga sudah tidak maksimal lagi saat pengisian baterai.
Untuk itu coba saja sobat menggunakan kabel atau sekalian saja membeli Charger yang baru. Mungkin saja pengisian daya untuk baterai smartphone sobat akan kembali normal.


2. Adaptor Yang Digunakan Buruk

Adaptor yang sobat gunakan untuk mengecas smartphone juga perlu diperiksa. Kemungkinan ada masalah dengan adaptor tersebut. Misalnya output adaptor yang sobat gunakan telah lemah, dan tidak cocok dengan smartphone sobat. Sehingga menyebabkan konflik pada listrik dan membuat pengisian baterai terasa  sangat lama.

Untuk itulah jika sobat menggunakan adaptor harus dengan mengikuti saran dari vendor smartphone yang sobat gunakan. Agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak di inginkan.


3. Sumber Daya Yang Digunakan Lemah

Masalah selanjutnya terletak pada kemungkinan sumber daya yang digunakan untuk mengecas smartphone terlalu lemah. Mungkin saja tempat sobat mengecas smartphone memiliki daya listrik yang lemah, atau tidak memadai. Sehingga proses pengisian baterai untuk smarthone juga akan menjadi lambat.

Sama seperti jika sobat mencoba mengecas smartphone menggunakan Kabel USB di PC, pastilah proses pengisian akan terasa lama, walaupun Port USB yang PC sobat gunakan memiliki versi 3.0. Hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja, karena port USB yang ada di PC di desain bukan untuk mengecas smartphone, melainkan untuk menyambungkan penyimpanan smartphone untuk bertukar data.

Pengisian menggunakan Wireless charging atau charger tanpa kabel juga biasanya akan menghabiskan waktu yang cukup lama.
Untuk itu sebaiknya gunakan charger yang menggunakan kabel, dan dengan kualitas original, agar proses mengecas akan lebih cepat.


4. Menurunnya Kualitas Baterai

Baterai yang smartphone sobat gunakan menjadi faktor terpenting yang bisa menyebabkan lamanya proses pengisian baterai.
Semakin lama baterai digunakan, pastilah kualitas baterai tersebut akan semakin menurun. Hal tersebut sudah sangat pasti.

Jadi mungkin saja masalah lamanya proses pengisian daya baterai smartphone sobat terletak pada baterai itu sendiri. Baterai yang telah lama digunakan pasti akan usang, dan menurun kualitasnya, tidak sama lagi ketika seperti saat pertama kali dibeli.

Untuk itu sobat bisa mencoba mengganti baterai yang telah usang tersebut dengan baterai baru yang lebih kuat dan berkualitas.
Usahakan jika membeli baterai harus yang original, agar tidak ada masalah apapun yang terjadi jika sobat gunakan.


5. Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Latar

Aplikasi yang sedang berjalan di belakang latar, ataupun aplikasi yang berjalan tanpa sobat ketahui bisa menjadi penyebab lamanya pengisian baterai.
Karena aplikasi yang berjalan akan memakan banyak RAM dan membuat CPU smartphone bekerja secara lebih, sehingga membuat baterai terus terserap walaupun sedang di Charger.

Apalagi jika sobat tidak mengetahui bahwa banyak aplikasi yang bisa berjalan secara diam-diam, atau tanpa sobat jalankan. Aplikasi seperti ini bukan hanya menghisap baterai, tetapi bisa membuat RAM penuh dan menjadikan smartphone sobat lelet.

Karena itu, sobat harus selalu membersihkan Recent Apps, dan mengecek aplikasi apa saja yang sedang bejalan. Atau jika ingin lebih mudah, sobat bisa menginstall aplikasi untuk membersihkan RAM dan menghentikan aplikasi yang berjalan secara diam-diam.

Jika ada aplikasi yang sangat bandel, suka berjalan terus-menerus secara diam-diam walaupun tidak sobat gunakan. Sebaiknya di uninstall saja dari smartphone. Karena aplikasi seperti itu hanya akan menjadi pelambat di smartphone sobat.


6. Port Micro USB Terhambat atau Rusak

PortUSB atau lobang untuk tempat mencolokkan kabel charger di smartphone sobat mungkin memiliki masalah.
Karena smartphone sering dibawa kemana-mana, dan sering keluar masuk katong ataupun tas, mungkin saja port USB pada smartphone sobat kemasukkan abu atau kotoran-kotoran kecil, yang akan menjadi penghambat arus listrik saat sobat mengecas smartphone.

Untuk itu cobalah bersihkan lobang port USB smartphone sobat dengan jarum dan kapas atau bulu-bulu yang halus.

Masalah selanjutnya adalah, jika terjadi kerusakan pada lobang port USB. Seperti PIN yang ada di dalam port USB ada yang bengkok.
Jika sudah begitu, sebaiknya sobat langsung bawa smartphone ke tempat service yang bagus untuk bisa membereskan masalah tersebut.


7. Penggunaan Saat Mengecas Baterai

Dan masalah terakhir ini adalah kebiasaan buruk dari si pemakai smartphone sendiri. Yaitu kebiasaan buruk sobat yang suka memainkan smartphone ketika sedang di charger, hal tersebut sudah sangat pasti akan membuat proses pengisian daya baterai akan menjadi lambat.

Kebiasaan ini biasanya sangat sering dilakukan oleh seorang Gamers, yang gak tahan untuk ingin selalu memainkan game di smartphone-nya. Ataupun dari orang yang gak tahan pengen update berita terus di sosmed.

Untuk itu sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini. Jika sobat terus membiasakan bermain smartphone saat sedang di cas, bukan hanya akan memperlama pengisian daya, tetapi akan buruk juga untuk kesehatan sobat. Karena aliran listrik yang bisa menjalar ke tubuh sobat.


Itulah tips tentang 7 Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone. Silahkan sobat perhatikan dan periksa smartphone sobat, apakah masalah-masalah di atas yang menyebabkan pengisian baterai menjadi lambat?
Kalau iya, sobat bisa coba sedikit saran yang saya telah saya berikan. Dan jangan lupa berdoa dulu ya.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat ya sobat. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan komen saja dibawah.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "7 Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^