5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Layar Smartphone Yang Bermasalah



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Smartphone sekarang sudah bukan barang mewah lagi untuk kita, karena hampir semua orang dari segala usia pasti memiliki smartphone. Karena smartphone memiliki sangat banyak kegunaan, mulai dari bermain Game, Berkomunikasi, hingga Bekerja pun bisa menggunakan smartphone sebagai alat bantu yang praktis.

Tetapi bayangkan jika disaat sobat sedang asik-asiknya bermain game atau bekerja, tiba-tiba layar smartphone sobat kurang responsif atau macet. Pasti hal tersebut akan membuat sobat kesal, hingga membanting smartphone sobat ke lantai hingga hancur berantakan.

Jika memang terjadi hal seperti itu, jangan emosi dulu. Karena ada 5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Layar Smartphone Yang Bermasalah. Untuk itu silahkan baca cara berikut ini hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Kurangi Penggunaan RAM

Jika layar smartphone sobat tiba-tiba saja tidak responsif terhadap sentuhan, itu bisa terjadi karena RAM yang terlalu penuh. RAM sendiri adalah tempat penyimpanan sementara untuk memproses semua pekerjaan yang ada di Android. Mulai dari bermain Game, hingga membuka aplikasi browser untuk Internetan.

Jika sobat sering membuka banyak aplikasi sekaligus, dan keluar dari aplikasi tersebut tanpa menghentikannya, maka aplikasi itu masih bisa berjalan secara diam-diam di smartphone sobat, dan memakan banyak RAM, sehingga menyebabkan RAM terlalu penuh.

Hal tersebutlah yang bisa membuat layar sentuh menjadi kurang responsif, karena banyaknya program yang berjalan, yang membuat RAM penuh dan tidak bisa memproses pekerjaan lain lagi.

Untuk itu sebaiknya juga sobat tidak usah menggunakan terlalu banyak aplikasi yang banyak memakan RAM. Apalagi jika RAM di smartphone sobat terlalu kecil. Sebaiknya install aplikasi yang memang perlu, dan un-install aplikasi yang terlalu berat dan jarang dipakai.

Dan gunakan juga aplikasi untuk mengurangi penggunaan RAM, agar smartphone sobat tidak terlalu lambat. Aplikasi pengurang sampah yang ada di RAM seperti Clean Master, yang bisa meningkatkan kinerja android sobat.


2. Restart Smartphone

Cara kedua ini juga lumayan Efektif untuk mengatasi masalah pada layar. Jika layar smartphone sobat tiba-tiba kurang responsif atau macet. Coba saja restart smartphone sobat, atau jika susah juga untuk direstart, sobat bisa gunakan cara kedua, yaitu buka tutup belakang smartphone sobat, cabut baterai-nya dan pasang kembali. Sehingga smartphone sobat akan hidup kembali.

Setelah di restart, pasti smartphone akan kembali lancar. Sentuhan pada layar akan kembali responsif dan tidak macet lagi.
Dan jika cara ini juga masih kurang memuaskan, maka sobat masih bisa memakai cara lain seperti di bawah ini.


3. Gunakan Kalibrasi Smartphone

Mungkin sebelum membaca tulisan ini, sobat sangat jarang menggunakan Kalibrasi smartphone dan tidak mengetahui secara pasti apa kegunaannya. Ternyata Kalibrasi juga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada layar smartphone.

Cara ini digunakan agar layar sentuh smartphone sobat dengan yang disediakan oleh developer perangkat bisa saling sesuai. Kalibrasi smarthpone biasanya terletak di bagian Pengaturan. Jadi sobat tidak perlu aplikasi tambahan lagi untuk menyesuaikan Kalibrasi smartphone. Cukup buka pengaturan dan sesuaikanlah Kalibrasi tepat di posisi tengah.


4. Ganti Launcher

Sobat juga bisa mengganti Launcher smartphone untuk mengatasi masalah pada layar. Untuk mengganti launcher dengan berbagai tema menarik, sobat bisa menggunakan aplikasi penyedia launcher gratis, seperti GO Launcher atau yang lainnya.


5. Install Ulang Smarthpone

Dan cara terakhir yang bisa sobat gunakan adalah dengan Menginstall Ulang perangkat smartphone sobat.

Tetapi ingat, mungkin ini cara terakhir yang harus sobat gunakan. Karena jika perangkat smartphone di install ulang, maka semua data yang tersimpan di dalam perangkat akan hilang, dan tampilan perangkat smartphone sobat akan terlihat seperti baru lagi.

Untuk itu pikirlah beberapa kali jika ingin menggunakan cara ini. -


Itulah tadi 5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Layar Smartphone Yang Bermasalah. Semoga sobat dapat terbantu dengan cara yang saya berikan ini.

Silahkan kunjungi terus Aw-Cyber.Net untuk mendapatkan info-info dan tips terbaru tentang Teknologi yang akan bermanfaat untuk kita semua. Silahkan berikan komen sobat jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai artikel ini.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat ya sobat!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Layar Smartphone Yang Bermasalah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^