Pengertian Typosquatting Dan Cara Mencegahnya



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Pernahkah sobat mendengar kata Typo?
Jika belum, maka saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian typo. Jadi Typo adalah kejadian Salah Ketik ataupun Salah Tulis.

Kita semua pasti pernah mengalami Typo. Entah itu ketika Sms’an, maupun pas lagi Chattingan. Dan ketika kita melakukan typo, pasti rasanya kesal. Apalagi typo’nya pas lagi Chattingan sama Gebetan. Pasti langsung gelisah dah, ketika typo dengan kata-kata yang tidak wajar.

Tetapi pada kali ini saya bukan hanya mau membahas soal Typo saja. Lebih lengkapnya saya akan membahas tentang Pengertian Typosquatting dan Cara Mencegahnya.


Pengertian Typosquatting

Typosquatting adalah sebuah Trik di Internet yang digunakan untuk menjebak pengguna internet dengan membuat sebuah Website Palsu yang menggunakan nama-nama yang sangat mirip dengan website Terkenal. Cara ini hampir sama dengan Phising, hanya saja cara ini mengandalkan kesalahan penulisan atau Typo pada nama domain website yang akan dikunjungi melalui Browser internet.

Trik licik ini sudah sangat tersebar luas sekarang, tak terkecuali Website-website besar indonesia pun menjadi sasarannya. Website indonesia yang paling banyak digunakan untuk trik Typosquatting adalah situs Bank. Karena memang pengguna indonesia lumayan banyak yang sering mengunjungi website Bank untuk melakukan beberapa keperluan ber-transaksi.

Contohnya saja seperti Website Klik BCA. Seharusnya alamat domain web bank ini adalah Klikbca.com, dan ada pihak yang tidak bertanggung jawab membuat URL palsu website bank bca yang ber-alamat Kilkbca.com. Jadi jika ada pengguna internet yang mau mengakses ke website Bank BCA dengan mengetikkan alamat yang salah seperti Kilkbca.com, maka ia akan memasuki website bank BCA yang palsu.

Website palsu yang dibuat pihak tidak bertanggung jawab pun sangat mirip persis seperti website asli yang telah dijadikan sasaran untuk menjebak korban-korban Typosquatting. Dan jika pengguna internet sampai masuk ke website palsu tersebut, dan login di dalamnya. Maka identitas login pengguna tersebut akan dicuri.


Perkembangan Typosquatting Zaman Sekarang

Semakin banyak pengguna internet, perkembangan trik Typosquatting pun semakin banyak yang menggunakan. Karena jika pengguna internet semakin banyak, maka akan semakin banyak juga kesempatan untuk mendapatkan korban di internet, hanya dengan mengandalkan kesalahan ketik atau Typo.

Berikut ini saya akan tampilkan gambar yang memberikan informasi tentang alamat-alamat palsu yang populer di internet :



Bisa sobat lihat sendiri, dari gambar di atas banyak alamat palsu yang menirukan alamat-alamat web besar. Seperti : Facebookc.om, Youtube.om, Yahoo.om, Gmail.om, dan banyak yang lainnya.

Yang membuat alamat situs penipuan tersebut berbeda adalah mereka menggunakan domain .om bukan .com.
Domain .om ini berasal dari Negara Oman, yang sangat mirip dengan domain .com. Yang membedakan kedua domain ini hanyalah huruf c saja.

Jadi jika sobat kurang ketik huruf c aja, maka akan berakibat fatal. Yaitu masuk ke website palsu yang beresiko akan mencuri data dan bisa juga menyebarkan virus untuk Komputer ataupun Smartphone yang digunakan.


Cara Mencegah Typosquatting

Ada beberapa cara mudah yang bisa sobat gunakan agar tidak terkena tipuan dari Typosquatting ini. Berikut ini akan saja berikan beberapa caranya.

1.Selalu Cek Kata-Kata Yang Sobat Tulis Di Browser

Trik Typosquatting ini sepenuhnya mengandalkan kesalahan pengetikan kata oleh pengguna. Karena ini, untuk mencegah terjadinya Typo dalam menuliskan alamat website. Sebaiknya sobat perlu memerika lagi kata-kata yang telah sobat tulis di Address Bar.

Jika menurut sobat alamat web yang di ketikkan di address bar sudah benar. Maka silahkan kunjungi dengan aman.

2. Gunakan Antivirus Yang Berkualitas

Sekarang sudah lumayan banyak Antivirus yang dilengkapi dengan fitur Anti-phising dan Anti-theft. Fitur seperti ini sangat berguna untuk mencegah jika sobat telah memasuki website yang salah.

Jika ada kemungkinan website yang sobat kunjungi memiliki virus atau menggunakan phising, maka antivirus akan mendeteksi dan melaporkannya.

3. Bookmark Situs Yang Sering Dikunjungi

Jika sobat sering mengunjungi situs-situs tertentu, seperti Facebook contohnya. Maka sobat bisa mem-Bookmark saja situs tersebut. Agar kapanpun sobat ingin mengakses situs tersebut lagi, akan lebih mudah. Karena tinggal mengeklik saja Tautan link Facebook yang ada di Bookmark.

4. Jangan Internetan Dalam Keadaan Ngantuk atau Mabuk

Ada dua kondisi dimana kita bisa melakukan Typo dengan sangat mudah. Yaitu saat Mengantuk dan saat Mabuk. Karena di dua kondisi ini, kita hanya sedikit sadar. Dan sangat sulit untuk bisa fokus untuk mengetik atau menulis.

Untuk itu hindarilah Ber-Internet dalam keadaan Mengantuk dan Mabuk. Jika sobat memang sangat mengantuk, sebaiknya cuci muka dulu, atau minum kopi supaya rasa ngantuknya hilang dan bisa kembali fokus.

Itulah sedikit penjelasan tentang Typosquatting dan Cara Mencegahnya. Semoga dengan membaca artikel ini, sobat bisa lebih waspada lagi dengan berbagai macam tipuan yang menggunakan internet.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya sobat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

1 Response to "Pengertian Typosquatting Dan Cara Mencegahnya"

  1. Mantap kang, pengetahuan saya semakin luas, dengan mengetahui caranya. Nice kang. tapi Saya ingin bertanya? Apakah ada pengaruhnya dalam memilih domain TLD .com dengan .net ataupun lainnya? Mohon infonya kang...

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^