4 Cara Menghadapi Orang Yang Menghina Atau Mengejek Anda



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Mungkin dulu atau sekarang, disaat sobat masih berada di bangku SMP ataupun SMA, ada orang yang sering menghina atau mengejek sobat. Ntah itu menghina Fisik sobat, ataupun menghina apapun yang bersangkutan dengan sobat. Sehingga membuat sobat merasa Marah dan juga sangat kesal.

Apalagi jika orang tersebut sering menghina sobat, atau bahkan hampir setiap hari, disaat setiap kali bertemu dengan sobat.
Hal ini mungkin adalah salah satu ujian dari Allah yang diturunkan untuk sobat. Untuk menguji seberapa kuat kesabaran sobat.

Ya walaupun begitu, kita semua pasti memiliki batas kesabaran masing-masing, dan tak ingin kesabaran tersebut sampai kepada batasnya, dan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Ada banyak alasan kenapa orang tersebut suka menghina ataupun mengejek sobat. Mungkin emang orang tersebut kurang kerjaan, atau tidak suka melihat sobat.
Dan ada banyak cara juga yang bisa sobat lakukan untuk menghadapi orang seperti ini. Yang pasti cara-cara menghadapi orang tersebut butuh kesabaran ekstra.

Berikut ini, saya akan memberikan sobat 4 Cara Untuk Menghadapi Orang Yang Menghina atau Mengejek Sobat.
Cara-cara berikut saya ambil juga berdasarkan dari pengalaman saya sendiri. Karena saya juga adalah seorang yang sering jadi korban Hinaan dan Ejekan orang-orang yang membuat kesal.

Untuk itu silahkan langsung saja dibaca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Hiraukan atau Jangan Dipedulikan

Yang pertama adalah sobat tidak perlu memperdulikan orang yang sering menghina sobat. Cukup hiraukan saja, anggap orang tersebut tidak terlalu penting, dan yang dikatakannya juga tidak berguna untuk sobat dengarkan.

Cara ini mungkin cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang sering mendapatkan hinaan atau ejekan. Memang sih, lebih baik kita tidak perlu memperdulikan omongan sampah dari orang tersebut. Jika kita terpengaruh oleh hinaannya, itu sama saja berarti kita merasa bahwa apa yang dikatakan orang tersebut benar.

Sobat tidak perlu jadi Rendah Diri hanya karena satu kata ejekan dari orang yang iri dengan sobat. Jangan jatuh hanya karena dihina sebagai orang yang Kurus, Gendut, Hitam, Botak, Miskin, atau ejekan-ejekan yang lainnya.

Sebenarnya diri sobat banyak menyimpan kelebihan-kelebihan yang bisa menutupi itu semua. Bahkan, kelebihan sobat mungkin lebih tinggi dari pada kerendahan kekurangan sobat.
Intinya sobat harus tetap percaya diri. Jangan dengarkan hinaan dan ejekan dari orang lain. Lakukanlah apa yang menurut sobat benar, walau ada seorang penghalang diujung jalan.

Anggap saja orang yang menghina kita itu hanya sebuah patung, atau radio rusak yang tidak jelas omongannya. Bisa saja ia memiliki kekurangan yang lebih banyak, dibandingkan diri sobat sendiri. Maka teruslah berpikir positif. Jangan mudah rendah diri. Karena fitrahnya kita semua adalah sama, tidak ada yang direndahkan dan ditinggikan Allah.

Semua tergantung usaha kita di dunia ini yang menentukan apakah kita menjadi orang yang sukses, atau orang yang gagal. Yang hanya bisa menghina orang lain.


2. Berikan Senyuman Santai

Yap, hal kedua yang bisa sobat lakukan kepada orang yang sedang menghina sobat adalah dengan membuat dia panas dan merasa tidak dihargai usahanya.
Yaitu dengan memberikan Senyuman santai ke arah orang tersebut.

Apakah sobat sudah tau, apa senjata terbesar di dunia ini?
Yaitu adalah Senyuman. Karena hanya karena sebuah senyuman kita sesama manusia bisa saling Mengerti, Menghargai, dan Memberikan semangat untuk orang lain. Hanya karena sebuah senyuman juga lah lelaki bisa terpikat oleh seorang wanita.

Dan senjata ini bisa sobat gunakan juga untuk menyerang balik musuh yang selama ini hanya berani menembaki sobat dari balik tempat persembunyiannya. Yaitu orang yang hanya bisa menghina dan mempermalukan sobat.

Coba berikan ia senyuman santai. Setiap kali ia mencoba untuk menghina dan mengejek, sobat hanya perlu membalasnya dengan senyuman santai. Selain sangat mudah dilakukan, hal tersebut juga tidak banyak menghabiskan energi sobat untuk orang yang tidak berguna.

Dengan begitu orang yang menghina sobat tadi pasti merasa heran, aneh, dan juga kesal. Karena hinaan dan ejekan dari dirinya mungkin gak pernah sobat dengarkan. Dan pasti lama-kelamaan orang tersebut akan sadar sendiri, bahwa sudah tidak ada gunanya lagi ia menghina sobat. Jika sobat hanya terus tersenyum kepadanya.

Dia akan lelah sendiri, dan memutuskan untuk menghentikan kebiasaannya untuk menghina sobat.


3. Tatap Matanya Dengan Tegas

Cara yang ke 3 ini mungkin agak sedikit memberikan perlawanan. Mungkin cara ini bisa sobat gunakan untuk menggertak orang yang suka menghina sobat. Karena bisa saja ternyata orang tersebut hanya seorang pengecut yang bisanya Cuma ngehina orang.

Biasanya nih ya sobat, menurut pengalaman pribadi saya. Orang yang berani menghina itu hanya berani disaat ia ditemani banyak temannya. Atau anggota geng nya.
Nanti pada saat ia sudah sendirian, maka saya yakin dia pasti hanya diam. Karena dia tidak memiliki teman-teman yang membuatnya merasa hebat.

Untuk itulah, jika sobat ingin cara yang sedikit tega. Coba saja tatap mata orang yang berani menghina sobat dengan tatapan yang tegas. Tatap matanya seakan-akan sobat memperingatkan dia untuk berhenti menghina atau mengejek sobat lagi.
Jika benar ia hanya seorang pengecut, berarti cara sobat akan berhasil. Nyali orang tersebut pasti akan langsung menciut ketika tau bahwa sobat adalah orang yang tegas.

Tetapi, jika orang yang menghina sobat memang orang yang keras kepala. Mungkin cara ini masih kurang mampu.
Malah jadinya nanti sobat bakal diajak berantem sama orang tersebut, karena berani menatap matanya dengan tegas.

Tetapi jangan khawatir sobat. Jangan takut untuk menggunakan cara ini. Saya sendiri telah mencobanya, dan saya rasa sedikit membuahkan hasil. Walaupun sedikit, tetapi lama-kelamaan hasilnya akan semakin besar. Yaitu orang tersebut menjadi takut dan tidak berani lagi untuk menghina sobat.


4. Hampiri Dia dan Bicara Baik-Baik

Dan cara yang terakhir ini mungkin menjadi cara yang paling baik. Yaitu dengan berbicara empat mata langsung dengan orang yang suka menghina sobat.
Semua masalah pasti bisa diselesaikan dengan bicara baik-baik, termasuk masalah seperti yang sobat alami.

Walaupun sobat memang tidak bersalah, tetapi apa salahnya kita luan yang harus mendatanginya untuk berbicara baik-baik.
Sobat bisa tanya, mengapa ia selalu mengina sobat. Apa keinginannya, dan apa untungnya buat dirinya jika setiap hari menghina sobat.

Dan sobat juga bisa menyuruhnya untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat lagi. Katakan padanya bahwa dosa ia akan terus mengalir jika selalu mengina orang yang tidak bersalah. Suruh dia bertobat kepada Allah. Selagi masih ada pintu taubat untuk dirinya.

Ajak orang tersebut untuk bersalaman. Mungkin sobat juga bisa menjadikannya sebagai seorang teman. Ya walaupun orang tersebut sering menghina dan menjelek-jelekkan sobat. Tetapi di dunia yang sementara ini kan tidak ada yang tidak mungkin terjadi.

Jika niat baik sobat diterima, maka mungkin orang tersebut jadi sadar dengan apa yang ia lakukan. Bahwa yang dia  lakukan selama ini adalah hal yang tidak baik, yang hanya membuang-buang waktu dan energi. Jika orang tersebut sadar, mungkin juga dia akan bertobat dan meminta maaf kepada sobat, yang selama ini telah ia hina dan ejek.

Jika sudah begitu, maka sobat jadi teman dengan orang tersebut. Bahkan mungkin saja bisa menjadi teman dekat.

Jadi gimana sobat, mau pilih cara yang mana buat menghadapi orang yang suka mengina sobat?
Apakah mau pilih cara Pertama, Kedua, Ketiga, ataupun cara ke Empat.
Semuanya tergantung diri sobat sendiri. Mana yang bisa dan yang terbaik untuk sobat lakukan, maka lakukanlah.

Yang pasti sobat harus tetap menjaga kesabaran ya. Hinaan itu tidak ada artinya. Suatu saat hinaan tersebut pasti akan menjadi karma untuk orang yang melakukannya.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya sobat!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "4 Cara Menghadapi Orang Yang Menghina Atau Mengejek Anda"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^