13 Tipe Guru Yang Ada Di SMA



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Masa-sama SMA (Sekola Menengah Atas) adalah masa yang paling banyak menyimpan kenangan indah. Baik itu kenangan bersama Teman, Guru, maupun pacar. Banyak sekali hal yang membuat kita berubah ketika sudah memasuki pendidikan tingkat SMA.

SMA juga menjadi ajang untuk kita mencari wanita yang kita sukai. Dan mencari Sahabat yang mungkin akan menemani kita seumur hidup. Untuk itu, banyak orang yang mengatakan bahwa, masa-masa SMA adalah masa-masa paling indah.

Bukan hanya teman dan pacar saja. Tetapi guru-guru yang mengajar kita sewaktu SMA pun pasti ketika sudah lulus nanti akan membuat kita kangen.
Ketika SMA, pasti banyak  guru yang mengajar kita. Dan guru-guru tersebut pasti memiliki Tipe-tipe yang berbeda.

Ada tipe guru yang membuat kita selalu tertawa, tetapi ada juga tipe guru yang tidak kita inginkan kehadirannya, karena kegalakkannya.
Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan info unik tentang 12 Tipe Guru Yang Ada Di SMA.
Yang pastinya, jika sobat pernah atau sedang menjalani masa-masa SMA, maka sobat pasti menemukan tipe guru semacam berikut ini.

Silahkan, langsung saja dibaca hingga akhir ya sobat!

Bismillahirrahmanirrahim.


1. KILLER

Tipe guru yang pertama adalah Guru Killer, atau bahasa lembutnya adalah “Guru Pembunuh” ataupun “Guru Pemarah”.
Tipe guru ini adalah yang paling populer di SMA. Karena tipe guru ini juga selalu jadi bahan omongan, ataupun Trending Topic karena kekejamannya.

Semua murid, jika sudah melihat guru killer pasti langsung lari dan bersembunyi. Kalau bisa terbang sekalian, biar terhindar dari guru killer.
Tipe guru yang satu ini memiliki watak yang sangat keras, ia suka Menghukum murid yang tidak menaati peraturan. Dengan hukuman yang pasti membuat murid jerah dan ketakutan.

Jika guru killer sedang mengajar, saya yakin seluruh murid di dalam kelas akan Diam, dan suasana kelas menjadi sangat senyap. Hanya guru killer saja lah yang berani berbicara. Dan setiap kali guru killer memberikan PR, semua siswa pasti akan selalu mengingat PR tersebut, dan mengerjakannya. Walaupun harus contek-contekkan massal.

Karena, jika PR dari guru killer sampai lupa atau tidak dikerjakan. Sobat pasti akan dihukum habis-habisan. Bahkan akan dibuat malu dihukum di depan kelas. Untuk itu, setiap guru killer memberikan PR, seluruh murid akan mengerjakannya.

Walaupun mengerikan, tetapi tipe guru seperti ini akan selalu ada dan memang harus ada disetiap sekolah. Agar para murid yang kelewatan bandelnya akan mendapatkan hukuman yang setimpal, agar mereka benar-benar jerah.


2. Penyabar

Tipe guru yang ini pastinya kebalikan dari tipe guru killer. Yaitu tipe guru Penyabar.
Guru penyabar adalah guru yang paling sabar, dan juga sangat ramah kepada setiap muridnya. Tetapi sayangnya guru tipe penyabar banyak dianggap remeh murid-murid SMA. Mungkin karena guru tersebut terlalu sabar menghadapi murid-muridnya.

Guru penyabar adalah tipe guru yang sangat disenangi banyak murid. Karena guru yang ini gak suka marah-marah, dan selalu sabar. Jika ada PR dari guru penyabar, para murid pasti banyak yang lupa mengerjakan PR tersebut. Karena murid tau, kalaupun gak siap pasti guru penyabar akan sabar dan memberi waktu lagi untuk mengerjakan PR tersebut.

Suasana didalam kelas pun pasti akan sering ribut jika guru penyabar sedang mengajar. Para murid akan banyak yang bercerita dengan temannya, dan ada yang sibuk sendiri. Karena mereka tau, guru penyabar pasti gak akan marah. Guru penyabar paling hanya menegur dan menyuruh murid yang bercerita untuk diam dengan suara yang tidak terlalu keras. Tidak seperti guru killer.

Menurut saya sendiri, tipe guru penyabar adalah tipe guru yang sangat kuat. Karena bisa menghadapi murid-murid yang bandel, tetapi tetap sabar dan ramah. Saya memberi banyak Respect untuk tipe guru penyabar.


3. Penghina

Tipe selanjutnya adalah tipe guru yang paling banyak dibenci para murid. Yaitu tipe guru Penghina.
Guru penghina sangat suka menghina para muridnya, terutama murid-murid yang tidak ia sukai. Di setiap ia mengajar, jika ada murid yang membuat kesalahan ataupun dianggap menjijikan, pasti akan menjadi bahan hinaan guru tersebut.

Terkadang guru penghina juga menjadikan seorang muridnya untuk dihina dan dijadikan bahan tertawaan seluruh kelas. Sangat ironis kan sobat?
Untuk itulah, tipe guru seperti ini sangat di benci murid-muridnya. Dan sering dihina atau dijelek-jelekkan .

Jujur saja sob, saya sendiri juga salah satu murid yang sering jadi bahan hinaan guru penghina. Dan juga sering jadi bahan tertawaan. Tetapi, saya tetap sabar dan teman-teman saya juga banyak yang memberikan semangat kepada saya, agar tidak memasukkan ke hati kata-kata guru penghina tersebut.


4. Pemuji

Tipe guru Pemuji juga termasuk salah satu guru yang sangat disukai para murid, terutama murid yang sering ia Puji. Biasanya guru pemuji akan selalu memuji siswa dan siswinya yang membuat dia bangga, atau yang bisa membuat ia senang.

Jika ada siswa yang berhasil menjawab soal yang ia berikan, pasti siswa tersebut dipuji. Misalnya seperti “Bagus, pintar sekali kamu nak.” Dan biasanya guru ini juga akan sering memuji murid yang ia senangi ke guru-guru yang lainnya.

Ia juga biasanya akan membangga-banggakan murid pilihannya. Apalagi jika murid tersebut sering membantunya. Gak banyak sih yang bisa saya ceritain tentang tipe guru pemuji, karena disekolah saya, tipe guru seperti ini cukup langkah dan jarang masuk.

Yang pasti, setidaknya seluruh sekolah pasti memiliki tipe guru pemuji, walaupun hanya 1 guru.


5. Mata Duitan

Tipe guru Mata Duitan adalah tipe guru yang sangat mementingkan uang. Misalnya jika ada kegiatan ini, guru mata duitan akan mengutip uang pembayaran dari muridnya. Jika ada praktek ini, guru tersebut juga meminta bayaran lagi dari murid-muridnya. Bukan hanya itu, ia juga suka mencari untung dari para murid-muridnya.

Tipe guru seperti ini biasanya memiliki badan yang besar, tetapi ada juga yang kurus. Dan selalu menjadi bahan ejekkan para murid, karena tidak suka dengan kelakukannya.
Dan tipe guru mata duitan selalu hitung-hitungan dengan muridnya sendiri. Ia sepertinya sangat susah untuk meng-ikhlaskan uang, walaupun hanya 1000 rupiah.

Guru mata duitan juga sering membawa buku catatan yang besar, buku tersebut digunakannya untuk mencatat hutang-hutang para murid yang belum lunas.
Dan bagi para murid, buku tersebut sama saja seperti Buku Kematian (DeathNote).


6. Tajir

Yang ke-enam adalah tipe guru Tajir. Tipe guru ini bisa dikatakan kebalikan dari guru pelit atau mata duitan. Karena guru ini suka memberikan uang untuk muridnya.
Jika muridnya disuruh untuk membelikkan sesuatu untuk dia, pasti murid tersebut akan diberi imbalan uang.

Dan guru tajir juga tidak suka perhitungan dengan muridnya. Ia tidak terlalu mempermasalahin keuangan muridnya. Karena tipe guru ini suka memberi, banyak murid yang senang dengan dia.


7. Pemarah

Tipe guru pemarah hampir sama seperti tipe guru killer, tetapi tidak terlalu mengerikan. Tipe guru pemarah sangat suka memarahi murid-muridnya. Dia sangat suka marah, terutama kepada murid yang suka membuat kekacauan, atau keributan ketika ia sedang mengajar. Ia pasti akan langsung memarahi murid tersebut.

Tipe guru pemarah juga biasanya gak banyak omong, dan dia mengajar dengan serius dan penuh konsentrasi penuh. Dan tipe guru ini tidak suka basa-basi, ia akan selalu mengajar sesuai prosedur dari sekolah.


8. Penyayang

Guru tipe penyayang adalah guru yang sangat ramah dan penuh kasih sayang kepada seluruh muridnya.
Guru penyayang sangat mengerti apa yang di inginkan murid-muridnya. Ia selalu mengajar muridnya dengan sepenuh hati. Guru tipe ini juga memiliki prinsip mengajar yang bijak, agar ia bisa menjadikan murid-muridnya yang terbaik.

Kebanyakan sih guru tipe penyayang itu perempuan. Seperti di sekolah saya sendiri. Guru penyayang tidak suka marah-marah, ia lebih suka menasehati murid-muridnya dengan lembut. Karena itu, guru ini disebut sebagai guru penyayang.


9. Tidak Ingin Peduli

Tipe guru berikutnya yaitu tipe guru yang tidak ingin peduli. Guru tipe ini sangat tidak pedulian, atau tidak ingin peduli.
Jika ada murid yang membuat keributan di kelas, ia tidak ingin susah-susah untuk menegur murid tersebut, dan malah mengabaikannya.

Jika muridnya ada yang tidak mengerjakan tugas darinya, ia juga tidak ingin repot-repot menghukum murid tersebut. Ia paling hanya membiarkannya saja. Guru tipe ini memang sangat tidak pedulian, terutama kepada murid-murid yang tidak mendengarkan ketika ia sedang mengajar.

Tetapi, senjata dari guru ini sangatlah mengerikan. Walaupun ia terlihat tidak pedulian, namun nilai sobat di raport bisa di bikin rendah, karena sering melanggar pearturan dari guru tersebut. Untuk itu, tipe guru sepert ini tidak boleh dianggap remeh juga.


10. Sangat Peduli

Jika tadi tipe guru yang tidak ingin peduli, maka yang ke sepuluh adalah tipe guru yang sangat peduli dengan muridnya.

Guru tipe ini memang sangat peduli terhadap murid-muridnya. Ia selalu memperhatikan perilaku muridnya, dan selalu memperhatikan perkembangan belajar para murid. Jika murid-muridnya masih kekuarangan nilai, biasanya guru ini akan mengadakan ulangan tambahan, atau soal undian untuk menambah kekurangan nilai dari murid-muridnya.

Seluruh kelas juga akan diperhatikan oleh guru sangat pedulian ini. Mulai dari kebersihan, kerapian, dan susunan meja-meja juga bangku-bangku pasti akan ia perhatikan. Jika ada sampah sedikit saja, ia langsung menyuruh muridnya untuk membersihkan sampah tersebut.

Guru tipe ini sangat diperlukan disetiap SMA. Karena tanpa guru yang sangat peduli, mungkin murid-murid akan menjadi tidak beraturan dan juga tidak bisa menjaga kebersihan.


11. Tukang Pamer

Tipe guru berikutnya adalah tipe guru yang Suka Pamer.
Yap, guru tipe ini hobi banget pamer. Mau itu pamer Uang, Perhiasan, ataupun barang berharga lainnya. Dia sengaja menggunakan uangnya untuk mengipaskan wajahnya, supaya murid-muridnya tau kalau dia sedang banyak uang.

Atau guru ini sengaja menghitung uang yang banyak didepan murid-muridnya. Supaya dibilang orang kaya.
Contoh guru tipe ini ada di sekolah saya sob, walaupun hanya satu orang. Hampir setiap masuk kelas, ia pasti tersenyum dan memamerkan uang yang berwarna biru dan merah kepada kami semua.

Guru tersebut walaupun terlihat sombong, tetapi ia sangat lucu. Ia membuat lawakan dengan kesombongannya tersebut. Walaupun ia sedikit sombong, tetapi ia juga sering memberikan uang kepada muridnya. (walaupun cuma mau ngasih uang ke murid yang cewek doang)


12. Pelawak

Nah, tipe guru yang ini nih, yang paling ditunggu-tunggu dan disukai hampir seluruh murid SMA. Yaitu guru yang suka Ngelawak.
Karena guru tipe ini selalu membuat lawakan dan membuat murid-murid tertawa, sehingga proses belajar tidak menjadi membosankan.

Menurut saya, kebanyakan guru pelawak sih cowok. Ya, mungkin karena emang cowok lebih humoris dibanding cewek.
Jika guru pelawak telah mengajar, pasti waktu rasanya berjalan sangat cepat. Karena murid tidak merasa tertekan, malahan terhibur karena lawakan dari sang guru.


13. Suka Bercerita

Dan tipe guru SMA yang terakhir adalah Tipe Guru yang Suka Bercerita.
Hampir disetiap SMA, saya rasa ada guru yang seperti ini. Yang hobinya cerita disetiap jam pelajarannya. Baik itu cerita tentang pengalamannya, ataupun cerita tentang hal-hal lainnya.

Bahkan, hampir seluruh waktu mengajarnya kebanyakan habis untuk bercerita dari pada mengajar. Karena guru ini, di setiap memberikan teori-teori pelajaran, pasti selalu menyisipkan cerita-cerita yang ia miliki. Tetapi, biasanya tipe guru yang seperti ini banyak disuka oleh para murid, karena murid jadi tidak terlalu memikirkan pelajaran yang bisa membuat bosan.

Bahkan, tak jarang guru tipe ini curhat pas lagi ngajar.

Itulah tadi info unik dari saya tentang Tipe-Tpe Guru Yang Ada Di SMA. Jadi gimana sobat, apakah ada tipe guru yang masuk kriteria di sekolah sobat?
Atau, masih ada tipe guru yang kurang sob?

Kalau masih ada tipe yang kurang, silahkan komen aja dibawah ya sobat. Supaya saya bisa menambahkan lagi jika masih ada tipe guru yang belum saya tulis.

Sekian dan terima kasih sobat, semoga bermanfaat. Dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau pengertian tulisan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "13 Tipe Guru Yang Ada Di SMA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^