Waktu Yang Diperlukan Untuk Menulis Sebuah Artikel Blog



Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber – Jika sobat seorang Blogger, maka berapa lama waktu yang sobat butuhkan untuk membuat atau menulis sebuah Artikel?
Pastinya jawaban semua blogger berbeda-beda. Tergantung kecepatan berpikir dan menulis seorang blogger tersebut.

Kalau saya sendiri juga kadang tidak pasti sobat. Saya bisa menulis 1 Artikel dengan isi 1000 kata lebih dalam 45 – 60 Menit. Tergantung suasana hati dan pemikiran saya, dan juga dengan suasana keadaan sekitar.

Jika suasana tempat saya menulis sedang bagus, pemikiran saya cepat, dan suasana hati saya tenang. Maka saya bisa menulis sebuah artikel dengan cepat. Tetapi jika tempat saya menulis lumayan tidak nyaman, pemikiran saya sedang buruk, dan ditambah lagi suasana hati saya sedang galau. Maka butuh waktu yang cukup lama untuk membuat 1 artikel.

Dalam membuat 1 Artikel itu biasanya kita akan melewati 3 macam proses, sampai akhirnya artikel tersebut siap untuk kita terbitkan di blog. Proses-proses ini sangat mempengaruhi lamanya waktu untuk sobat bisa menyelesaikan menulis sebuah artikel.

Jadi apa-apa saja proses tersebut?
Silahkan baca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Pencarian Ide Judul

Proses pertama ialah Pencarian Ide untuk Judul artikel yang akan sobat tulis. Hal ini adalah hal terpenting yang harus sobat lakukan. Karena jika tidak ada ide dan judul yang jelas, maka sobat tidak akan bisa membuat artikel yang bagus dan berkualitas.

Dibagian proses ini lumayan banyak menghabiskan waktu, tergantung sobat sendiri. Jika sobat cepat dalam mendapatkan ide dan judul untuk ditulis, maka akan cepatlah proses pembuatan sebuah artikel. Jika sobat lama dalam mendapatkan ide dan judul artikelnya, maka akan lama juga lah waktu yang akan terpakai untuk membuat sebuah artikel.

Biasanya proses ini menurut saya akan memakan waktu sekitar 15 menit. Mungkin jika sobat memang sudah memiliki ide sebelumnya, atau sudah mempunyai Refrensi untuk mendapatkan ide judul artikel, maka akan lebih cepat lagi.
Untuk refrensi pencarian ide artikel, sobat bisa banyak-banyak membaca berbagai Buku, Artikel blog lain, Koran, Majalah, dan lain sebagainya. Yang pasti hal-hal yang bisa memberikan sobat ide untuk membuat artikel.

Perlu di ingat ya sobat, judul artikel juga menentukan isi dan pembaca artikel sobat. Jadi buatlah judul yang unik dan yang sering dicari orang saat Searching di Internet.
Tidak perlu menggunakan judul yang terlalu panjang, atau terlalu pendek. Sesuaikan judul artikel sobat dengan kata kunci yang sangat berkualitas.

Misalnya judul artikel: “Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Sangat Cepat dan Mudah Untuk Semua Orang” sobat ganti saja menjadi: “Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Mudah”. Terlihat lebih baik dan tidak terlalu panjang, tetapi menargetkan kata kunci yang tepat dan sering dicari orang.

Untuk itu, sobat harus berpikir beberapa kali dalam menentukan judul artikel, jika ingin banyak dikunjungi orang dan mendapatkan posisi yang baik di Pencarian Google dan mesin pencari lainnya.


2. Menulis Isi

Yap, hal kedua yang pasti sobat lakukan adalah menulis isi artikel. Masalah dalam menentukan Ide dan Judul artikel sudah diselesaikan, sekarang tugas selanjutnya yaitu menulis isi sesuai dengan judul artikel yang sobat buat.

Di proses inilah yang paling banyak memakan waktu dalam pembuatan artikel. Karena kita harus menuliskan sesuatu yang baru, dengan kata-kata yang baru. Artinya, kita sedang menciptakan hal yang baru, yang pasti akan memakan banyak waktu.

Artikel tersebut bisa sobat tulis berdasarkan pengalaman pribadi juga, agar penulisan lancar dan mudah untuk dilakukan. Atau sobat juga bisa menulis artikel berdasarkan Pengamatan, dan dari buku-buku atau apapun yang pernah sobat baca dan menjadi ilmu pengetahuan sobat. Yang pasti hal yang sobat tulis harus benar dan sesuai dengan kenyataan. Jangan menulis hal-hal yang tidak sobat ketahui benar kenyataannya.

Yang penting sobat juga tidak boleh meng-Copy Paste artikel orang lain. Dan juga jangan sembarangan menyalin kata-kata dari buku. Karena kebanyakan buku pasti mempunyai Hak Cipta, sobat bisa melihatnya dibagian depan buku bagian dalam. Untuk itu tulis saja artikel berdasarkan apa yang sobat ketahui, atau apa yang sobat pikirkan.

Sobat juga bisa menggabungkan Pengalaman dengan Pengamatan dalam penulisan artikel, agar tidak susah untuk mencari kata-kata yang akan ditulis.
Yang penting Rileks aja, biarkan otak sobat memikirkan kata-kata yang bagus untuk ditulis. Jangan tegang, dan jangan gelisah.

Untuk proses penulisan artikel biasanya menghabiskan waktu sekitar 40 – 60 menit. Tergantung dari banyaknya kata dalam artikel yang sobat tulis tersebut. Semakin banyak kata dalam artikel sobat, maka akan semakin lama lah proses penyelesaian tulisan artikel tersebut. Dan semuanya juga tergantung kecepatan otak sobat dalam memikirkan kata-kata yang akan ditulis.

Jika sobat ingin Rileks lagi untuk menulis artikel. Sobat bisa sediakan Cemilan dan Kopi untuk teman menulis artikel. Agar bisa lebih rileks dan membuat pikiran sobat lancar untuk memikirkan kata-kata yang bagus untuk ditulis.


3. Pengeditan isi dan Penambahan Konten

Dan proses paling akhir sebelum Penerbitan adalah Pengeditan isi artikel yang telah siap sobat tulis tadi.
Proses pengeditan ini juga sangat penting, karena jika sobat langsung menerbitkan artikel yang sudah siap, maka artikel tersebut akan ada kesalahan-kesalahan yang belum diperbaiki.

Seperti salah penulisan Kata (Typo), salah penempatan tanda baca (Koma, Titik, Garis), dan kesalahan kecil lainnya. Walaupun hanya kesalahan kecil, hal tersebut akan berdampak besar pada artikel kita. Para pengunjung yang membaca artikel tersebut bisa ragu, akibat banyaknya salah tulis kata di artikel tersebut.

Untuk itu sobat harus teliti membaca kembali artikel yang sudah sobat tulis tadi. Kata-kata nya harus baik, tanda bacanya juga harus ditempat yang tepat, agar para pembaca artikel tersebut tidak bingung nantinya. Dan kata-kata yang sobat anggap penting, harus dipertebal, atau digaris bawahi, agar pengunjung juga tau kalau kata tersebut penting untuk di ingat.

Jika semua kata sudah bagus, dan tanda baca sudah tepat. Sobat bisa menambahkan Konten Tambahan untuk artikel tersebut.
Konten tambahan bisa berupa Gambar, atau Video untuk mempercantik dan memperlengkap artikel yang sobat buat.

Satu kesalahan para Blogger yang sering kali terulang. Yaitu kebiasaan dalam mencari Gambar di Google Image, tanpa melihat adanya Hak Cipta dari gambar tersebut. Saya sendiri juga dulu gak sadar sobat, sering mengambil sembarangan gambar dari google, padahal gambar yang saya gunakan untuk artikel hampir semua memiliki Hak Cipta. Jadi mulai saat itu, saya tidak sembarangan lagi untuk mengambil gambar dari google.

Jika sobat ingin mengambil gambar yang Gratis, tanpa ber-Hak Cipta. Maka saya punya situs yang cukup bagus. Yaitu www.pixabay.com. Di situs tersebut kita bisa mengambil gambar dengan bebas, tanpa takut hak cipta. Karena semua gambar yang dibagikan memang gratis. Tetapi untuk menghargai situs tersebut, sobat bisa menempelkan URL dari gambar yang sobat ambil. Seperti gambar yang saya gunakan di artikel-artikel blog ini.

Untuk pengambilan Video, sobat bisa mengunjungi situs YouTube.com. Tinggal pilih video mana yang akan dimasukkan ke dalam artikel. Dan salin URL dari video tersebut. Selanjutkan silahkan masukkan URL nya di kolom peng-upload’an video ditempat penulisan artikel Blogger.

Proses Pengeditan dan Penambahan Konten artikel biasanya menghabiskan waktu sekitar 10 – 12 menit. Tergantung cepat lambatnya sobat mengedit kata-kata artikel dan mencari konten tambahan yang akan digunakan untuk memperlengkap artikel.

Jika semuanya sudah selesai dilakukan. Maka artikel baru sudah siap untuk sobat terbitkan. Dan siap untuk dibaca seluruh pengunjung blog sobat.

Jadi bisa kita tambahkan keseluruhan waktu dalam proses-proses pembuatan artikel tersebut.
  1. Proses Pencarian Ide Judul : 15 Menit
  2. Proses Penulisan Isi : 60 Menit
  3. Proses Pengeditan dan Penambahan Konten : 15 Menit


Jadi total waktu yang diperlukan sekitar 90 Menit kurang lebih. Yang pasti semuanya tergantung diri kita masing-masing.

Itu tadi perhitungan tentang waktu yang kita habiskan untuk membuat sebuah artikel. Gimana menurut sobat, apakah waktu yang saya tulis sesuai dengan waktu yang sobat gunakan? Atau malah tidak sesuai?

Ya, semua kembali ke diri masing-masing. Jika sobat memang tidak bisa terlalu terburu-buru dalam membuat artikel, maka santai saja. Dan jika sobat memang sangat cepat dalam membuat artikel, maka bersyukurlah, tetapi jangan sering salah.

Sekian dan terima kasih, Semoga Bermanfaat ya sobat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Waktu Yang Diperlukan Untuk Menulis Sebuah Artikel Blog"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^