5 Tips Untuk Berpacaran Secara Sehat dan Aman



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber – Kita semua pasti sudah mengetahui, bahwa berpacaran itu hukumnya Haram dan tidak baik. Karena dalam islam pun kita tidak dianjurkan untuk berpacaran, malahan dilarang untuk mendekati zina. Walaupun kita semua sudah tau hukumnya, tetapi mengapa kita dan orang-orang lain juga tidak terhentikan untuk terus melakukan hubungan berpacaran?

Itulah hal yang paling ironis dikehidupan kita ini. Bahkan, para orang tua pun sudah banyak yang mengizinkan anak-anaknya untuk berpacaran.
Untuk itu tidak ada jalan lain selain kita yang harus menjaga status pacaran ini. Jika kita pun tidak bisa terhentikan untuk tidak berpacaran, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan hanyalah menjalankan pacaran secara sehat dan aman. Jangan terlalu berlebihan.

Jujur saja sobat, saya sendiri dari orang yang tau betul larangan tentang berpacaran ini. Tetapi apa daya, saya sudah terlanjur berpacaran dengan seorang wanita yang sangat saya sayangi.
Untuk itu, berikut ini saya ada 5 Tips Untuk Berpacaran Secara Sehat dan Aman.

Tips-tips berikut ini juga saya ambil dari pengalaman saya berpacaran selama hampir 2 Tahun sobat.
Silahkan langsung saja dibaca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Selalu Bertemu Secara Resmi

Yang pertama sobat harus membiasakan jika ingin bertemu dengan sang pacar, sobat harus atur pertemuan yang Resmi.
Maksudnya adalah bertemu ditempat yang wajar dan harus bertemu juga dengan orang tua sang pacar. Misalnya sobat datang langsung ke rumah sang wanita, dan bertemu juga secara langsung dengan orang tuanya, agar mereka tau bahwa kalian sedang bertemu.

Jangan sobat ajak pacar sobat untuk bertemu dijalan, atau langsung janjian diluar rumah. Selain gak baik, hal tersebut juga akan sangat tidak sopan bagi orang tua sang wanita. Kalau orang tua pacar sudah tidak suka dengan sobat, maka sobat juga pasti tidak akan di izinkan untuk dekat lagi dengan anaknya.

Selain agar lebih sopan, pertemuan secara resmi juga lebih menolak terjadinya Fitnah. Memang sih, pacaran itu sumbernya fitnah. Tetapi kan masih ada kemungkinan buat kita mengurangi terjadinya fitnah dihubungan kita.
Karena jika saja sobat jemput pacar dipinggir jalan, bukannya dirumah. Pasti orang-orang yang lewat dan tetangga sobat atau tetangga pacar sobat akan menjadikan sobat sebagai bahan pembicaraan buat gosip.

Dan keuntungan tambahan yang bisa sobat dapatkan jika selalu bertemu secara resmi yaitu sobat akan semakin dekat dengan keluarga si pacar. Orang tua dan juga seluruh keluarga si pacar akan semakin percaya dan akrab dengan sobat.
Kalau sudah akrab begini kan jadi lebih enak. Jadi sobat punya dua keluarga sekaligus.

Jangan lupa juga ya, kalau datang ke rumah pacar sebaiknya sobat membawakan buah tangan atau oleh-oleh buat keluarga si pacar. Ini penting banget buat para cowok.
Ingat, saran ini saya kasih bukan buat nyogok ya sob. Tetapi agar keluarga si cewek bisa makin senang dengan kedatangan sobat ke rumahnya.


2. Tidak Pergi Berduaan Terlalu Malam

Yang kedua, kalau sekali-kali sobat ingin mengajak sang pacar pergi jalan, sebaiknya jangan ajak diwaktu yang tidak baik. Yaitu sobat tidak boleh pergi terlalu malam, dan juga tidak boleh pulang terlalu malam.
Sebaiknya jika sobat pergi jalan berdua dengan pacar, usahakan jangan pulang diatas jam 9 malam. Dan itupun harus dengan izin orang tua sang wanita.

Memang begitu sobat, pergi dimalam hari itu resikonya lebih besar. Mangkannya lebih baik jika sobat ingin ngajak pacar sobat pergi jalan, atau cuma pengen makan doang. Pilih waktu di siang atau sore hari. Dan jangan pergi kelamaan. Jika sobat seorang muslim, maka pulanglah sebelum waktu sholat habis. Agar sobat tidak meninggalkan sholat cuma karena asik berpacaran.

Ingat ya sobat, pacaran itu SUMBERNYA FITNAH. Jadi jika sobat tetap mau berpacaran dan siap menerima resikonya. Maka sobat harus bisa menjaga perilaku, dan tidak melewati batasan-batasannya.

Jika sobat ingin pergi berduaan dengan sang kekasih TANPA harus takut terkena fitnah dan dosa. Sebaiknya sobat harus mengajak juga anggota keluarga dari pihak wanita. Seperti adik, kakak, atau orang tuanya juga bisa. Jadi dengan begitu, sobat akan lebih aman.


3. Buat Larangan dan Batasan Saat Berpacaran

Pacaran yang sehat itu terjadi jika sang cowok dan cewek saling bisa menjaga tingkah lakunya saat berpacaran, agar tidak melewati batas mukhrim.

Sebaiknya saat sudah berpacaran, sobat harus membuat semacam perjanjian untuk membuat larangan-larangan yang tidak boleh dilanggar saat berpacaran. Misalnya tidak boleh berciuman, pelukkan, dan hal-hal yang bisa dengan mudah menggoda sobat untuk masuk lebih dalam lagi ke dunia dosa.

Sobat harus bisa menjaga sikap, dan tetap menepati janji. Paling tidak sobat boleh lah hanya untuk berpegangan tangan saja. Selebihnya sebaiknya tidak boleh dilakukan.
Sobat pikir aja lagi, tujuan sobat berpacaran kan untuk bisa selalu menjaga pacar sobat. Jadi sobat tidak perlu melakukan hal-hal diluar batas mukhrim.

Insya Allah, jika sobat terus bersabar dan berdo’a kepada allah agar dijodohkan dengan pacar sobat. Maka suatu hari nanti kalian pasti akan bisa menikah, dan tidak ada larangan lagi. Kalian boleh berciuman, pelukkan, ataupun memproduksi sesuatu. (hehehehe)
Tapi ingat, harus nikah dulu ya!

Untuk itulah, jika sobat tidak ingin mudah digoda syetan dan melakukan hal-hal yang tidak baik. Sobat harus selalu menjaga Sholat sobat.
Karena sesungguhnya sholat itu menjaga kita dari perbuatan yang tidak baik. Sobat juga bisa perbanyak berzikir dalam hati, agar syetan tidak mudah menggoda iman sobat.


4. Saling Menjaga dan Memberi Semangat Dalam Berbuat Kebaikan

Jangan menjadikan pacaran hanya status untuk sayang-sayangan saja sobat. Tapi jadikanlah status berpacaran untuk hal-hal yang lebih positif. Seperti selalu mengingatkan pacar sobat untuk sholat, memberi nasehat, dan selalu membimbingnya ke jalan yang lebih baik.

Contohnya seperti yang saya lakukan. Dulu pacar saya belum berhijab. Bahkan pakaiannya dulu lumayan menggoda nafsu sob.
Tetapi dia ada niat untuk berhijrah, agar selalu memakai hijab syar’i. Waktu itu ia masih ragu, tetapi saya sangat mendukung dia agar mau untuk selalu menutup auratnya. Saya selalu mengingatkan ia untuk selalu berhijab.

Dan hasilnya Alhamdulillah. Sampai sekarang ia selalu menggunakan hijab. Kadang juga ia sering memakai jilbab syar’i.

Jadi jangan bangga ya jika pacar sobat mempunyai kaki yang putih dan mulus, dan selalu memamerkannya dengan menggunakan rok pendek.
Hal itu hanya akan menyenangkan lelaki lain yang melihatnya. Jadi sobat harus bisa membimbing ia ke jalan yang lebih baik. Dengan memberi ia dorongan untuk menutup auratnya, dan bisa menjaga sikapnya terhadap lelaki lain.

Kalau cewek sobat menutup aurat dan menjaga sikapnya, hati sobat juga pasti akan sangat tentram karena memiliki pacar seperti itu. Dan jadi tidak sabar untuk cepat-cepat menikahinya. (hehehehe)


5. Saling Membantu Dalam Menyelesaikan Segala Masalah

Dan yang terakhir ialah, sobat dan pasangan sobat harus selalu bertukar masalah. Yaitu sobat harus membantu menyelesaikan masalah sang pacar, dan pacar sobat juga membantu sobat jika memiliki masalah. Kecuali memang masalah yang dimiliki adalah masalah Pribadi, yang tidak bisa diketahui orang lain.

Masalah yang harus sobat bantu juga gak harus masalah yang besar. Misalnya aja, pacar sobat sedang ada tugas komputer yang belum selesai, sedangkan ia tidak terlalu mengerti tentang komputer. Dan juga kebetulan sobat paling pinter dalam ilmu komputer. Maka sobat harus membantu pacar sobat untuk bisa menyelesaikan tugasnya.

Begitu juga sebaliknya. Jika sobat memiliki tugas matematika, sedangkan sobat paling bodoh dalam pelajaran matematika. Maka sobat bisa mencoba meminta bantuan dari sang pacar. Itupun kalau si pacar juga bisa matematika. (hahahaha)

Sobat juga harus sering bertukar pikiran dengan sang pacar. Jika ingin meminta pendapat, maka minta juga lah pendapat sang pacar. Karena biasanya pendapat dari orang yang mencintai kita itu pasti pendapat yang terbaik untuk diri kita.

Bahkan sobat bukan hanya harus membantu pacar sobat saja, tetapi keluarganya juga berhak sobat bantu jika lagi terkena masalah.
Nah, jika sudah saling membantu menyelesaikan masalah masing-masing sobat juga kan bisa jadi tambah mengerti dengan kehidupan pacar sobat.

Itu dia sobat 5 tips dalam berpacaran dari saya. Selama ini semua orang selalu berpikir bahwa berpacaran itu selalu menjerumuskan kita kedalam hal-hal yang Negatif. Tetapi mereka tidak sepenuhnya benar. Tergantung kita sendiri bagaimana menjalankannya. Jika sobat mengikuti 5 tips dari saya ini Insya Allah, sobat bisa menghindari berbagai macam fitnah dan dosa besar lainnya.

Sekian dan terima kasih sobat. Mohon maaf bila ada salah kata dan salah pengertian. Karena saya  juga hanya manusia yang penuh dengan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "5 Tips Untuk Berpacaran Secara Sehat dan Aman"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^