3 Hal Yang Membuat Krisis Moral Remaja Zaman Sekarang




Assalamu’alaikum Wr Wb.

AwCyber - Sekarang kita hidup di zaman yang sangat krisis moral, terutama moral para remaja. Karena sex bebas dan pergaulan yang tidak baik semakin luas dan tinggi perkembangannya. Lihat saja di berita, kasus pemerkosaan semakin banyak dan mengerikan, rata-rata pelakunya bukan lain adalah para remaja lelaki yang memiliki pemikiran yang sempit.

Dan kejadian pemerkosaan ini tejadi juga bukan lain karena atas pancingan dari para remaja wanita, yang tidak bisa menjaga auratnya, sehingga mengundang syahwat lelaki lain.  Belum lagi kasus pembunuhan, pembegalan, dan tawuran yang banyak dilakukan remaja-remaja masa kini. Semua itu terjadi karena krisisnya moral remaja kita.

Apa saja sih hal yang menyebabkan Krisis Moral para remaja zaman sekarang?
Nah, di artikel kali ini saya akan memberikan 3 Hal Yang Membuat Krisis Moral Remaja Zaman Sekarang.
Silahkan di baca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.


1. Pendidikan Agama Minim

Hal pertama yang menyebabkan krisis moral para remaja adalah karena kurangnya Pendidikan Agama yang didapatkan. Lihat saja, anak-anak remaja sekarang lebih suka dan memilih pergi ke pesta-pesta malam dari pada Pengajian. Mereka lebih suka tidur dari pada mendengarkan ceramah yang bermanfaat. Dari sini kita sudah bisa mengerti mengapa para remaja tersebut mengalami krisis moral.

Karena tentu saja, orang yang jauh dari ajaran agama pasti memiliki akhlak yang buruk. Karena mereka lebih memilih jalan syaitan yang jelas-jelas menyesatkan umat manusia. Dan kenapa remaja-remaja zaman sekarang sangat susah untuk diajarkan ilmu agama?
Itu karena mereka terlalu terfokus pada kesenangan di dunia. Mereka menganggap dirinya masih mudah dan masih harus menikmati segala kenikmatan yang ada di bumi ini.

Pemikiran seperti itulah yang membuat para remaja selalu menunda-nunda kewajiban. Padahal mereka tidak mengerti, bahwa kematian bisa terjadi kapan saja, tidak harus menunggu usia kita tua. Coba saja kita lihat jamaah masjid zaman sekarang, rata-rata umur mereka sudah puluhan tahun, atau sudah sangat tua. Sedangkan jamaah remajanya sangat sedikit, masih bisa di hitung dengan jari kita.

Pendidikan agama di sekolah juga sangat minim. Lihat saja, pelajaran yang di banga-bangga kan sekarang adalah Matematika, Ipa, dan Bahasa inggris, sedangkan pendidikan agama sangat dipandang remeh. Dalam waktu 1 minggu pelajaran matematika dan bahasa inggris bisa muncul 3 sampai 5 kali. Sedangkan pelajaran Agama yang jelas-jelas sangat penting hanya muncul 1 sampai 2 kali.

Itulah mengapa ilmu agama anak remaja sekarang sangat rendah. Hanya pesantren dan sekolah madrasah yang meninggikan ilmu agama.
Itu baru di sekolah, belum lagi kegiatan mereka setelah sekolah. Kebanyakan anak-anak remaja sekarang lebih memilih mengikuti kegiatan eksul seperti Pramuka dan Drumband, dan mengikuti kegiatan-kegiatan kursus matematika dan b. Inggris. Sangat sedikit yang mau mengikuti kegiatan agama seperti Rohis contohnya. Dan sangat sedikit yang mau mengikuti Pelatihan mengaji.

Mereka terlalu membangga-banggakan kegiatan dunia, dan menyudutkan kegiatan akhirat.


2. Lingkungan Rusak

Lingkungan adalah faktor kedua yang menyebabkan rusaknya moral para remaja. Banyak remaja yang menjadi pecandu narkoba karena alasan ikut-ikutan temen. Banyak remaja yang mengikuti tawuran karena teman-teman yang mengajak. Jika lingkungan sudah rusak, pasti orang yang tinggal di lingkungan tersebut juga akan ikut rusak.

Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih teman, dan tetangga. Dan jadilah orang yang tidak mudah terpengaruh oleh kejahatan orang lain. Bagaimana caranya?
Ya caranya dengan menyibukkan diri kita dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti menghadiri ceramah-ceramah, mengikuti pengajian, dan selalu aktif dalam kegiatan agama lainnya.

Sering-sering lah berkumpul dengan orang-orang sholeh dan sholeha. Dengan begitu kita akan terhindar dari pegaulan yang tidak jelas ujungnya.
Sebagai seorang remaja, sobat harus bisa menggunakan masa muda ini untuk hal-hal yang bermanfaat. Banyaklah mencari ilmu, terutama ilmu agama. Jangan takut dikatakan gak gaul, atau sok alim. Karena itu adalah tantangan untuk kita berbuat kebaikan.

Jika sudah terbiasa berbuat kebaikan, kita pasti akan mudah untuk terus-terusan melakukannya. Tak peduli omongan orang lain. Yang terpenting kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan hamba yang taat kepada Allah Swt.


3. Keluarga Cuek

Faktor terakhir adalah kurangnya perhatian dari keluarga. Siapa lagi yang harus mendukung dan merubah kita menjadi lebih baik, kalau bukan keluarga sendiri?
Jika di sekolah kita mendapatkan pendidikan agama yang minim, maka seharusnya dirumah lah kita diajarkan ilmu agama yang lebih banyak oleh kedua orang tua.

Jika di rumah kita juga tidak dipeduliin, atau tidak diperhatikan bagaimana tentang pendidikan agama. Maka ironis sudahlah kehidupan kita. Untuk itu ingatkanlah kedua orang tua kita jika mereka lupa, tidak harus menunggu mereka peduli. Kita juga harus memiliki inisiatif sendiri, karena umat islam memang di wajibkan untuk saling mengingatkan untuk melakukan kebaikan, dan meninggalkan keburukan.

Tetapi kebanyakan orang tua pasti selalu mengingatkan dan menyuruh anaknya untuk selalu melakukan kebaikan. Seperti melaksanakan Sholat 5 waktu dan membaca Al Qur’an. Kitanya saja yang suka lupa dan menghiraukan perkataan orang tua. -

Itulah 3 Faktor utama yang menjadikan Remaja-remaja zaman sekarang krisis moral. Semoga kita tidak termasuk ke dalam kategori remaja krisis moral, tetapi jika sudah termasuk maka jangan bersedih. Tidak ada kata terlambat, segeralah bertobat dan perbanyak ilmu agama, dekatkan diri kepada Allah Swt.

Sekian dan terima kasih, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.


Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "3 Hal Yang Membuat Krisis Moral Remaja Zaman Sekarang"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^