Kelebihan Dan Kekurangan Belanja Online



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Di jaman serba teknologi ini, kita sebagai manusia sudah bisa melakukan banyak hal hanya dengan mengandalkan Komputer ataupun Smartphone saja. Contohnya dengan membayar tagihan listrik, beli pulsa, pesan tiket pesawat, pesan kamar hotel, dan yang paling Ngetren sekarang ini adalah Berbelanja secara Online.

Hanya melalui Komputer, atau bahkan Smartphone sobat sudah bisa membeli sebuah barang dengan sangat mudah. Yang terpenting adalah kita memiliki Koneksi ke Internet, dan juga memiliki kartu kredit untuk alat pembayaran secara Online.

Walaupun banyak kelebihan dari berbelanja secara online, pasti juga berbelanja secara Online memiliki beberapa kekurangan. Untuk itu di Artikel kali ini saya akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online.

Silahkan di baca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.

Kelebihan :

1. Mudah dan Cepat

Kelebihan pertama dan yang paling banyak dirasakan Masyarakat saat berbelanja online adalah karena Kemudahan dan Kecepatan yang bisa kita dapatkan. Jika kita biasa berbelanja di Mall, pasti membutuhkan Kendaraan untuk pergi belanja. Dan juga jika rumah kita jauh dari Mall tersebut, cukup banyak waktu yang kita habiskan hanya untuk perjalanan ke Mall saja, belum lagi waktu untuk Berbelanjanya.

Sedangkan jika kita belanja secara Online, maka tentu saja kita tidak perlu pergi keluar rumah lagi untuk mengunjungi mall dan menghabiskan Ongkos lagi. Kita hanya perlu membuka situs Toko Online melalui Komputer atau Smartphone. Jadi kelebihan Belanja Online yang satu inilah banyak menarik minat masyarakat.

2. Banyak Pilihan Barang

Toko Online besar seperti Lazada dan BliBli memiliki sangat banyak dan beragam Produk pilihan yang mereka jual, dan semua produk tersebut disusun rapi dengan Kategori dan dilengkapi dengan kotak Pencaharian jika ingin mencari produk secara langsung. Jadi kita tidak susah-susah lagi mencari barang yang di inginkan.

Bahkan barang-barang yang tidak ada di Mall, bisa sangat cepat dijual di Toko Online. Itulah sebabnya orang banyak mencari barang-barang langkah di toko online.

3. Tidak Perlu Keluar Rumah

Seperti yang saya katakan tadi, jika kita berbelanja Online, tidak perlu lagi keluar rumah dan mengendarai motor atau mobil untuk pergi ke Mall dan berbelanja. Hanya perlu duduk di depan komputer, atau menghidupkan smartphone sobat, dan mulailah menjelajahi toko online dengan Internet.

Dimana pun, dan kapan pun sobat ingin berbelanja, hanya perlu membuka toko online dengan internet dan mencari barang yang ingin dibeli.

4. Mudah Untuk Mendapatkan Info Promo Terbaru

Kelebihan yang terakhir adalah Mudahnya kita untuk mendapatkan info Promo barang terbaru dan diskon yang besar. Apalagi di jaman internet seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan info tentang promosi melalui Email, dan Sosial Media yang sering kita gunakan, seperti Facebook contohnya.

Karena sekarang Toko Online sudah banyak mengiklankan produknya melalui Sosial Media, agar kita bisa dengan mudah mendapatkan info barang terbaru ataupun barang diskon.

Kekurangan :

1. Pembayaran Ribet

Kekurangan belanja online yang pertama adalah Sistem Pembayarannya yang ribet. Kita harus memiliki kartu kredit, dan melakukan proses transfer lagi. Tentu hal ini akan sangat menyulitkan bagi orang lain yang tidak memiliki kartu kredit.

Tidak seperti belanja di Mall, kita bisa langsung membayar barang belanjaan dengan uang tunai, dan tanpa ribet perlu transfer-transfer lagi. Belum lagi jika terjadi kesalahan Transfer uang saat belanja online, yang rugi pasti kan juga kita sebagai pembeli.

2. Masalah Biaya dan Proses Pengiriman

Yang paling membuat saya tidak leluasa untuk belanja online adalah karena Ongkos Kirimnya yang tak murah, dan juga lama pengiriman. Daerah saya juga bukan daerah besar seperti jakarta, pastilah ongkos kirim ke daerah saya akan sangat mahal. Bahkan saya pernah ingin membeli sebuah buku Tutorial melalui Toko online yang berharga Rp.48.000, sedangkan ongkos kirim ke daerah saya sekitar Rp.50.000. Jadi kalau begitu lebih mahalan ongkosnya dong, dari pada harga Barang yang mau dibeli.

Untuk itulah tidak semua orang bisa leluasa belanja secara online, mungkin hanya di daerah-daerah besar saja yang mudah untuk melakukan pembelian barang secara online.

3. Barang Tak Sesuai Keinginan

Ini nih, kasus yang paling banyak terjadi jika belanja di Toko online. Banyak sekali pembeli yang komplain karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar barang yang ia pesan di toko online tersebut. Bisa saja di gambar barang tersebut terlihat sangat keren, baru, dan besar. Tetapi, ketika sudah sampai malah mendapatkan barang yang biasa-biasa saja.

Bahkan ada beberapa kasus yang sempat gempar bahwa situs Lazada pernah mengirimkan sebuah batu bata ke pada seorang pembeli yang membeli sebuah Handphone. Tentu hal itu membuat marah si pembeli dan mengadukan tuntutan pengembalian barang miliknya.

4. Sering Terjadi Penipuan

Tingkat penipuan di Internet sangatlah tinggi, dan terus meningkat setiap tahunnya. Karena itu kita tidak boleh sembarangan membeli barang di situs toko online yang tidak dikenal. Bisa saja itu situs penipuan yang dibuat orang tidak bertanggung jawab.

Apalagi kan semua informasi di internet bisa sangat mudah dipalsukan, jadi kita juga akan kesulitan untuk melaporkan penipu tersebut ke pihak yang berwajib.
Untuk itu selalu berhat-hati dalam berbelanja di toko online. -

Itu dia sobat, beberapa Kelebihan dan Kekurangan berbelanja secara Online. Maka jika kita ingin melakukan sesuatu di internet, harus tau baik dan buruknya dulu. Karena tidak semua hal mudah di internet itu baik untuk kita. Tergantung kitanya saja bagaimana untuk bisa selalu berhati-hati dalam bertindak.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya sobat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Belanja Online"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^