6 Perbedaan Antara Bloggers Dan Youtubers



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Tahun 2015 lalu dan tahun 2016 ini adalah tahun dimana para Youtubers sangat terkenal dan diminati. Karena semakin banyak pengguna internet yang hobi melihat video-video karya para youtubers di situs berbagi video terbesar di dunia, yaitu YoutTube.com.

Para bloggers juga lumayan banyak yang pindah atau menambah profesi tambahan sebagai seorang Youtubers. Karena memang youtubers itu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan menjadi seorang Bloggers. Terutama pada bagian penghasilan dan kepopuleran.

Baiklah sobat, pada artikel kali ini saya sengaja membahas tentang 6 Perbedaan Antara Bloggers dan Youtubers. Banyak hal yang dimiliki oleh para youtubers, tetapi hal yang dimiliki bloggers juga tidak kalah menarik.

Untuk itu langsung saja simak artikel ini hingga ankhir.

Bismillahirrahmanirrahim.

1. Kepopuleran 

YOUTUBERS 

Jika ditanya siapakah yang lebih populer, maka tentu saja jawabannya sudah pasti Youtubers. Karena mereka membuat sebuah konten video, yang langsung menampakkan wajah mereka. Jadi semakin sering seorang youtubers membuat video, dan semakin sering video tersebut dilihat orang, maka semakin terkenal lah ia.

Jika seseorang bertemu dengan youtubers di sebuah tempat, apalagi youtubers tersebut sudah sangat terkenal seperti Bayu Skak dan CandraLiow contohnya. Pasti selalu ada orang yang ingin meminta foto bareng, atau hanya sekedar meminta tanda tangan.

BLOGGERS

Sangat beda halnya dengan bloggers, mereka tidak terkenal sama sekali, bahkan tidak ingin dikenal. Padahal jika dibandingkan dengan youtubers, bloggers lebih memiliki peran penting untuk pengguna internet. Yang tidak membuat para bloggers populer adalah karena mereka selalu membuat konten yang hanya sebuah Artikel. Yang berisi Teks dan Gambar ilustrasi. Bukannya wajah mereka.

Ibaratkan seorang bloggers itu hanya bekerja sebagai Kameramen, sedangkan youtubers yang menjadi artisnya. Kalau masalah pekerjaan, mungkin lebih penting bloggers. Tetapi, karena youtubers yang berperan di depan kamera, maka youtubers lah yang menjadi terkenal.

2. Penghasilan

YOUTUBERS

Kalau masalah penghasilan, menurut saya yang lebih mudah dan besar penghasilannya itu adalah Youtubers. Jelas, karena tidak begitu sulit mendapatkan uang dari youtube, apalagi di saat seperti ini, pengguna youtube yang semakin melimpah. Yang terpenting mereka rajin meng-upload video menarik, dan nanti setiap video mendapat 1000 tayangan, maka mereka sudah bisa mendapatkan $ yang lumayan jika terus mengalir.

Apalagi jika seorang youtubers sudah terkenal, maka ia akan di ajak bermain film atau sekedar di undang di sebuah acara televisi. Maka mereka akan semakin terkenal, dan penghasilan juga akan semakin meningkat.

BLOGGERS

Jika ingin mendapatkan penghasilan dari Blog, caranya gampang-gampang susah, dan juga harus memiliki kesabaran Ekstra. Karena jika seorang bloggers ingin mendapatkan penghasilan, ia harus selalu membuat artikel-artikel yang berkualitas dan meningkatkan pengunjung blognya. Karena tanpa pengunjung, blog tidak akan bisa menghasilkan uang.

Dan mendapatkan pengunjung itu yang lumayan susah, terutama pengunjung dari Google. Karena pengalaman saya sendiri, saya ngeblog 4 bulan baru bisa mendapatkan sekitar 500kunjungan/hari.

Dan tidak hanya itu, kita juga harus menguasai teknik Seo, agar artikel banyak yang masuk pageone google.
Jadi intinya jika ingin mendapatkan pengahasilan dari blog, kita harus sabar dan selalu bekerja cerdas.

Dan kalau masalah sumber penghasilan, Bloggers mungkin yang menjadi juaranya. Karena dengan blog, banyak sekali cara yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan uang. Beda halnya dengan Youtubers yang kebanyakan hanya mengandalkan 1 cara saja, yaitu dengan memasang iklan Google adsense di setiap videonya.

Sedangkan bloggers bisa mengikuti banyak program, seperti Affliate, Iklan PPC, Membuka lapak iklan sendiri, menjual jasa, dan masih banyak cara lainnya untuk mendapatkan penghasilan.

3. Patner Kerja 

YOUTUBERS 

Seorang youtubers sepertinya Wajib atau Harus memiliki seorang patner, setidaknya 1 orang harus ada. Karena memang profesi youtubers tidak mampu hanya dijalankan oleh 1 orang saja, jika pun ada seorang youtubers yang bekerja sendiri, pasti ia tidak menghasilkan video yang berkualitas tinggi.

Contohnya youtubers-youtubers besar seperti Bayu Skak dan Candra Liow. Mereka masing-masing memiliki teman/patner yang selalu menemani dan membantu mereka untuk membuat sebuah video. Adapun kegunaan patner ialah untuk menjadi kameramen, di saat sang youtubers sedang Shootting.

Jadi, seorang youtubers tanpa patner itu rasanya sangat kurang dan tidak menarik banget.

BLOGGERS

Beda halnya dengan seorang bloggers, mereka tidak Wajib atau Harus memiliki seorang patner kerja. Karena memang profesi blogger adalah profesi yang kebanyakan hanya dikerjakan sendiri-sendiri. Karena kerjaan seorang bloggers hanya membuat artikel, mengurus blog, dan kegiatan-kehgiatan mudah lainnya. Jadi tidak terlalu perlu bantuan orang lain untuk mengerjakan semua itu.

Inilah salah satu kemudahan menjadi seorang bloggers.

4. Kepribadian 

YOUTUBERS 

Karena seorang youtubers sudah sering membuat video, dan melakukan hal-hal konyol yang ditonton banyak orang, pasti mereka punya kepribadian yang lebih terbuka, dan lebih pede. Dan seorang youtubers pasti memiliki banyak teman dan sering berkumpul-kumpul.

Seorang youtubers juga memiliki sifat sosialitas yang lebih tinggi, juga mereka tidak malu untuk berdiri di depan banyak orang.

BLOGGERS

Tetapi, sangat beda dengan kebanyakan bloggers. Dari hasil analisa saya, sekitar %60 seorang bloggers itu pasti memiliki sifat Pendiam, dan juga memiliki jiwa sosialita yang kurang di dunia nyata. Itu karena seorang bloggers sudah terbiasa menuangkan seluruh ide dan pembicaraannya ke dalam Artikel-artikel yang ia buat. Jadi mereka hanya mau berbicara hal-hal yang memang penting saja.

Tetapi walaupun begitu, faktanya otak seorang bloggers itu lebih maju, atau lebih produktif dalam memikirkan suatu hal. Karena bloggers suka mencari-cari dan membaca seluruh informasi yang ada di internet. Mereka selalu menjadi orang pertama yang mendapatkan info terbaru dan terpopuler.

Yang pasti kebanyakan seorang bloggers itu pendiam, dan tidak terlalu suka berdiri di depan banyak orang. Karena sudah menjadi kebiasaan bekerja hanya di depan komputer.

5. Jumlah 

YOUTUBERS 

Jumlah seorang youtubers tidak terlalu banyak, tetapi peningkatan bertambahnya seorang youtubers juga tinggi. Menjadi youtubers juga tidak mudah, karena itu orang yang memiliki budget/modal kecil tidak bisa atau susah untuk menjadi sorang youtubers.

Itu karena untuk menjadi seorang Youtubers, banyak barang yang harus kita miliki. Seperti komputer, kamera, software khusus, tripod, dan lainnya. Tentu saja harga barang-barang tersebut tidaklah murah.

BLOGGERS 

Nah, kalau jumlah bloggers sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Karena jumlah bloggers itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah youtubers. Dan peningkatan pebambahan bloggers juga sangat tinggi.
Mengapa bisa begitu?

Karena untuk menjadi seorang bloggers, sangat jauh dari kata sulit. Kita hanya membutuhkan sebuah komputer/laptop bekas atapun baru, dan memiliki jaringan akses ke internet, maka kita sudah bisa untuk melakukan kegiatan ngeblog. Bahkan, dari smartphone juga bisa ngeblog.

Jadi orang yang memiliki budget kecil pun bisa menjadi seorang Bloggers. Yang penting itu, seorang bloggers harus memiliki banyak ide dan pemikiran yang luas.

6. Kesibukan 

YOUTUBERS 

Kebanyakan youtubers memang selalu saja sibuk, karena proses pembuatan video hingga selesai tidaklah mudah. Kadang mereka harus shootting di tempat-tempat yang berbeda, dan belum lagi proses pengeditan videonya yang lumayan lama. Karena itu seorang youtubers selalu memiliki jadwal kerja yang harus tepat waktu.

BLOGGERS 

Menurut saya pekerjaan sebagai bloggers lah yang paling enak, karena bisa dikerjakan dengan santai dan tenang. Seorang bloggers selalu bisa membuat Artikel kapan saja, dan dimana saja. Karena itulah bloggers  tidak terlalu sibuk seperti seorang Youtubers.

Dan kerjaan utama bloggers hanya membuat Artikel, mengeditnya, dan menerbitkannya. Semua itu paling hanya memakan waktu sekitar 2jam±. Setelah selesai, ya tinggal promosi dan ber-istirahat sejenak agar pikiran kembali fresh. -

Itulah Perbedaan-perbedaan antara bloggers dan youtubers. Semua ini asli saya ambil dari hasil analisa dan kenyataan. Dan apapun sekarang profesi kita, mau itu Bloggers atau Youtubers, kita harus bisa menjalaninya dengan sepenuh hati dan rasa bangga.

Karena masing-masing profesi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tidak ada pekerjaan yang sempurna, tetapi bagaimana cara kita lah mengerjakannya dengan sempurna.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "6 Perbedaan Antara Bloggers Dan Youtubers"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^