5 Buku Terkecil Di Dunia



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Pernahkah sobat melihat buku-buku yang sangat kecil?
Bahkan hanya seukuran dengan batang korek api. Buku-buku berikut ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak jelas untuk melihat isi buku ini.

Alasan si pencipta buku terkecil ini mungkin ada beragam, ada yang beralasan untuk mencetak rekor, atau untuk di koleksi, ataupun dijual dengan harga yang sangat mahal. Yang pasti butuh waktu dan ketelitian yang tinggi untuk membuat buku yang hanya seukuran jempol tangan.

Berikut ini saya telah merangkum artikel tentang 5 Buku Terkecil Di Dunia. Silahkan dibaca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim.

1. Teeny Ted from Turnip Town 



Buku yang pertama ini sangat-sangat kecil, bahkan sudah terlihat bukan seperti buku lagi, melainkan hanya secuil kertas. Buku ini bernama Teeny Ted from Turnip Town, buku ini dibuat oleh sebuah universitas, yaitu Nano Imaging Laboratory di Universitas Simon Fraser.

Buku ini memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya seukuran 0.07 mm x 0.10 mm, dan memiliki 30 mikrotablet.
Saat sekilas melihat benda ini, kita pasti tidak akan menyangka kalau ini adalah sebuah buku. Karena ukurannya yang sangat kecil, sehingga membuat kita tidak mengira sama sekali.

2. Chekhov’s Chameleon 



Selanjutnya adalah buku Chekhov's Chameleon. Buku ini berasal dari rusia, yang sekarang telah dimiliki oleh kepala pustakawan College-Conservatory of Music Library yang berada di Amerika.

Buku ini hanya memiliki ukuran sekitar 0.76 mm x 0.76 mm, dan memiliki 30 halaman. Buku ini juga sangat kecil, sehingga butuh memakai sebuah kaca mata untuk anda yang ingin membacanya.

3. Old King Cole 



Buku terkecil di dunia yang ketiga adalah buku Old King Cole, yang hanya memiliki ukuran sekitar 1.01 mm x 1.01 mm. Buku ini adalah buku koleksi dari sebuah perpustakaan yang berada di Amerika, yaitu U.S. Library of Congress. Jadi jika ingin melihat buku kecil ini, sobat bisa langsung mengunjungi perpustakaan tersebut.

4. Kobzar of Taras Shevchenko 



Buku terkecil bernama Kobzar of Taras Shevchenko ini pertama kali diperkenalkan di negara Ukraina, pada tahun 1840. Buku unik ini hanya berukuran 2.79 mm x 2.79 mm, butuh mata yang tajam untuk bisa membaca isi buku ini dengan jelas.

5. The World’s Smallest Book 



Dan yang terakhir adalah The World's Smallest Book. Buku ini sangat kecil, yaitu berukuran 3.04 mm x 3.30 mm. Buku ini diproduksi di negara jerman pada tahun 2001.

Bahkan karena kecilnya buku ini, jika dibandingkan dengan batang korek api, buku ini masih lebih kecil dan bisa berdiri diatas batang korek api tersebut. - 

Itulah 5 Buku Terkecil Di Dunia, cukup menarik bukan sob?
Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita tentang hal-hal yang unik di dunia ini. Untuk itu sering-seringlah mencari ilmu yang bermanfaat di internet, jangan cuma ber-Sosmed doang.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "5 Buku Terkecil Di Dunia"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^