Kebiasaan Tidur Pagi Itu Sangat Berbahaya? Baca Disini!



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Kita semua tau bahwa pagi hari adalah waktu dimana semua aktivitas akan mudah untuk dijalankan. Mulai dari beribadah, bekerja, menghibur diri, dan bermain. Karena di waktu pagi kita masih merasa segar dan otak juga belum memikirkan hal-hal lain yang bisa menganggu mood kita.

Tetapi kebanyakan orang sekarang malah bermalas-malasan dipagi hari. Apalagi jika waktu libur telah tiba, pasti akan puas tidur terus. Orang-orang sholeh terdahulu juga sangat membenci aktivitas tidur pagi. Seperti penuturan dari Ibnul Qayyim, yaitu bahwa banyak tidur dapat mematikan hati, dan membuat badan merasa malas. Juga membuang-buang waktu secara percuma.

Waktu Tidur Yang Paling Bermanfaat

Beliau rahimahullah mengatakan, banyak tidur dapat menimbulkan sifat malas-malasan dan kelalaian. Banyak tidur juga lebih cenderung menjerumuskan kita ke-sisi negatif, seperti membahayakan badan, dan menimbulkan beberapa penyakit.

Ada 3 waktu tidur yang paling bermanfaat, yaitu :
  1. Tidur ketika sangat butuh.
  2. Tidur di awal malam (sangat dianjurkan)
  3. Tidur di pertengahan siang. Ini lebih bermanfaat dari pada tidur diwaktu pagi dan sore.

Menurut para salaf, waktu tidur yang dilarang adalah Tidur selesai sahalat subuh hingga terbit fajar. Karena di waktu inilah kita seharusnya menuai ghonima (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar menurut orang-orang sholeh.

Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).

Bahaya Tidur Pagi 

1. Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur'an dan As Sunnah 

Tentu saja tidak ada ajaran yang menganjurkan memperbolehkan kita untuk tidur di pagi hari dalam Al Qur'an dan As Sunnah. Malah kita dilarang untuk melakukannya.

2. Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik
umat ini)

Tidur pada pagi hari juga bukan kebiasaannya para orang-orang sholeh. Dan juga bukan Akhlak yang baik untuk ditanamkan dalam diri kita. Kita dianjurkan untuk mengikuti aktivitas-aktivitas baik yang dilakukan generasi umat ini, dan tidur di pagi hari bukanlah aktivitas yang mereka lakukan, bahkan sangat dibenci oleh mereka.

3. Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya

Tentu saja aktivitas buruk seperti tidur dan bermalas-malasan di pagi hari tidak akan mendapat berkah. Karena kita seharusnya mempergunakan waktu pagi dengan aktivitas yang berguna, seperti beribadah, mengaji, belajar, bekerja, dan aktivitas baik lainnya.

4. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya

Semangat harus ditanamkan pada Awal hari, agar sisa harinya akan terus tertanam sifat semangat. Tetapi, jika di awal harinya saja kita sudah gunakan untuk tidur dan bermalas-malasan, pastinya sisa harinya juga kita akan terbawa suasana dengan malas dan tidak bersemangat dalam menjalanlan Aktivitas.

Seperti perkataan Ibnul Qayyim, beliau rahimahullah berkata "Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya." (Miftah Daris Sa’adah , 2/216). Amalan ketika kita masih berusia muda, sangat berpengaruh ketika kita sudah tua nanti. Sama seperti aktivitas yang kita lakukan dipagi hari, sangat berpengaruh juga untuk siang dan sore harinya.

Semoga dengan pembahasan ini kita dapat mengambil sedikit pelajaran tentang Bahaya Tidur Di Pagi Hari. Untuk itu, gunakanlah waktu pagi kita semaksimal mungkin, sehingga diwaktu siang dan sore harinya kita tetap bersemangat dan optimisme.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Kebiasaan Tidur Pagi Itu Sangat Berbahaya? Baca Disini!"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^