Ciri-Ciri Sms Penipuan Undian Nomor Telpon Yang Berhadiah



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Pernahkah sobat menerima sebuah sms yang mengatakan bahwa nomor yang sobat gunakan telah mendapatkan hadiah undian berupa handphone, motor, mobil hingga uang puluhan juta rupiah?
Kalau pernah berarti sobat harus mewaspadai sms tersebut, sering sekali sms seperti itu sudah pasti sms penipuan.

Karna sekarang juga lagi marak-maraknya orang menipu lewat sms. Karena mungkin di nilai lebih mudah dan aman untuk dilakukan. Tak sedikit juga pengguna ponsel yang menjadi korbannya, bahkan saya sendiri pun sudah 4 Kali menerima sms penipuan. Untuk itu pada artikel ini saya ingin memberikan Ciri-Ciri Sms Penipuan Undian Nomor Telpon Yang Berhadiah, agar sobat juga tidak akan tertipu.

Bismillahirrahmanirrahim 

1. Nomor 

Ciri yang pertama harus kita perhatikan adalah nomor si pengirim sms. Karena sebenarnya dari nomornya saja kita sudah bisa melihat bahwa sms tersebut penipuan atau asli. Biasanya sms yang memang dari operator tidak memiliki nomor, hanya tertera nama operator saja. Misalnya M-TRONIK, INDOSAT, OPTIN TSEL, TELKOMSEL, XL-Axiata, dan lain-lain.

Nah, kalau yang penipuan itu biasanya menggunakan nomor pengguna biasa, contohnya menggunakan nomor +6289509603955 dan +62082293183567 seperti contoh gambar 1 dan 2 di bawah ini :


Terlihat jelas bahwa gambar sms penipuan nomor 1 itu memakai Kartu 3 (Tri), dan gambar sms penipuan nomor 2 itu memakai kartu Simpati. Maka dari sini kita telah dapat menilai bahwa kedua gambar sms di atas sangat terbukti sebagai sms Penipuan.

2. Website Hadiah

Ciri sms penipuan yang kedua adalah dengan melihat asli atau tidaknya website yang di kirim sms tersebut. Biasanya website resmi itu sudah pasti akan domain seperti www.xl.co.id, www.tri.co.id, www.indosat.co.id, dan lain-lain. Paling tidak sebuah website yang bisa kita percaya itu harus memiliki domain yang berkualitas, seperti .Com, .Net, .Co.id, sebagainya.

Jadi jika ada sms yang memberikan hadiah, dan mencantumkan domain website yang panjang dan tidak memiliki domain berkualitas itu berarti sudah pasti website abal-abal dari sms penipuan. Contoh domain website abal-abal adalah www.layanan-tri.blogspot.com dan www.bima3care79.blogspot.com.

Bisa kita lihat bahwa domainnya memiliki kata blogspot.com tidak seperti website resmi lainnya yang langsung memakai kata .com. Itu karena website tersebut masih menggunakan domain gratis, yang juga menandakan bahwa website tersebut hanya di buat asal saja untuk menipu orang.

Untuk contohnya bisa sobat lihat contoh gambar no 3 dan 4 di bawah ini :


Kalau sudah terbukti bahwa website yang digunakan si pengirim sms menggunakan domain seperti contoh gambar di atas, itu sudah membuktikan bahwa sms yang sobat terima tersebut adalah sms Penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, jadi ada 2 cara cepat untuk mengetahui apakah sms berhadiah yang sobat terima itu asli atau hanya penipuan. Yang pertama dengan melihat Nomor Si Pengirim sms, dan yang kedua dengan melihat Website Hadiah tersebut. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat.

Dan saya peringatkan sekali lagi agar sobat bisa selalu berhati-hati dalam kasus penipuan zaman sekarang. Karena semakin modern zaman, maka semakin modern juga lah cara orang untuk menipu kita.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

1 Response to "Ciri-Ciri Sms Penipuan Undian Nomor Telpon Yang Berhadiah"

  1. hati hati dengan penipuan mengatasnamakan 3..adik saya kena penipuan..pertama ada sms dari 3 dan di sms nya ada www.infohadiah.tk..hati hati itu penipuan.

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^