6 Cara Membuat Pengunjung Blog Merasa Nyaman



Assalamu'alakum Wr Wb.

AwCyber - Pengunjung adalah hal yang paling penting untuk sebuah blog umum. Karena tanpa adanya pengunjung, blog dan artikel kita akan terasa sia-sia. Sama seperti video yang kita upload di youtube, tanpa ada orang yang menonton, video tersebut akan terasa sia-sia juga. Untuk itu, setelah konten blog yang berkualitas, pengunjung adalah hal penting nomor 2 yang harus di dapatkan.

Sebenarnya banyak jalan untuk mendapatkan pengunjung blog, bisa dari mesin pencari, promosi di media sosial, dan mengiklan kan blog kita. Tetapi, kadang walaupun pengunjung sudah lumayan banyak, ada hal yang sobat lupakan. Yaitu untuk membuat pengunjung-pengunjung blog sobat merasa nyaman.

Untuk itu berikut ini saya telah memberikan 6 Tips Untuk Membuat Pengunjung Blog Merasa Nyaman. Silahkan di baca hingga akhir ya sobat.

Bismillahirrahmanirrahim

1. Berikan Tampilan Yang Relavan

Yang utama dan paling penting adalah tampilan blog. Karena ketika pengunjung pertama kali memasuki sebuah blog yang mereka nilai adalah tampilan blog tersebut. Untuk itu, gunakanlah template blog yang bagus, dan loading blog yang tidak terlalu berat, karna pengunjung juga akan malas melanjutkan jika loading blog tersebut terlalu berat.

Untuk itu, kurangi juga pemakaian widget yang tidak perlu di navigasi blog. Dan berikan juga tampilan blog yang relavan di versi mobile/hp nya. Maka jika tampilan blog sobat relavan/bagus, dan loading blognya juga cepat, kemungkinan besar pengunjung akan melanjutkan membaca artikel sobat hingga akhir.

2. Kurangi Iklan

Jika sobat memang ingin menjadikan blog sebagai ladang penghasil uang, perlu di ingat bagian ini. Bahwa jika blog kebanyakan iklan juga akan membuat pengunjung tidak betah, karna iklan bisa membuat loading blog menjadi berat dan bisa juga membuat tampilan blog menjadi tertutupi.

Untuk itu, pasanglah iklan di blog yang sewajarnya saja, sekitar 2 - 3 iklan sudah paling banyak. Dan jangan menggunakan iklan Pop-ads atau iklan melayang. Karena jenis iklan yang inilah paling dibenci oleh pengunjung. Gunakan saja iklan versi Banner yang kecil hingga sedang, jika ingin iklan yang relavan, gunakan saja iklan dari Google Adsense.

3. Beri Artikel Yang Menarik

Jika tampilan blog sobat sudah relavan dan iklan juga tidak menganggu, sekarang saatnya melihat ke artikel yang sobat buat. Apakah artikel yang sobat buat itu sudah menarik ataupun bermanfaat?
Hanya sobat sendirilah yang bisa mengetahui jawaban pasti-nya.

Pengunjung perlu diberikan artikel yang menarik, jika tidak mereka akan segera pergi meninggalkan blog sobat, dan beralih ke situs lain. Untuk itulah ada istilah untuk blog "Konten Adalah Raja", yang lebih tepatnya konten Artikel. Jadi, buatlah artikel se-menarik mungkin untuk pengunjung, dan jangan buat artikel dari copas, atau artikel yang tidak jelas kebenarannya (hoax).

4. Beri Respon Cepat

Masalah ke 4 ini yang juga sering dilupakan oleh admin atau pengurus blog. Kadang ada pengunjung yang berkomentar di artikel kita pada hari ini, kita malah membalasnya esok hari ataupun beberapa hari berikutnya. Tentu hal ini membuat kenyamanan si pengunjung berkurang. Atau ada pengunjung yang bertanya melalui email blog sobat, tetapi sangat lama menjawab email tersebut karena sobat jarang mengecek email.

Jika sudah begitu, pengunjung akan mengecap sobat sebagai admin slow respon. Maka percepatlah respon sobat terhadap pengunjung, baik itu yang ingin bertanya ataupun yang berkomentar. Dan berikanlah kontak yang benar-benar aktif di blog sobat, agar pengunjung bisa dengan leluasa bertanya melalui kontak tersebut.

5. Beri Kata Sapaan Atau Panggilan Akrab

Kalau membuat artikel itu jangan terlalu membuatnya dengan kata baku sobat, karna belum tentu yang membaca blog sobat itu orang yang berpendidikan tinggi semua. Dan juga jangan membuat artikel menggunakan bahasa yang kaku. Tapi coba buat artikel dengan bahasa sehari-hari yang normal, dan beri kata sapaan yang akrab untuk pengunjung sobat.

Contohnya seperti Sobat, Kawan, Bro, Sis, Gan dan lainnya. Karna jika menggunakan kata 'Anda' sepertinya terlalu tertutup. Jadi jika kita menggunakan kata sapaan "Sobat" untuk pengunjung blog kita, maka akan terlihat lebih akrab, dan pengunjung juga akan merasa lebih nyaman untuk membaca artikelnya.

6. Update Artikel Yang Teratur

Yang terakhir adalah dengan membuat Artikel yang teratur. Karena jika sobat sudah mempunyai pengunjung tetap, mereka akan setia setiap hari membuka blog sobat dan menunggu artikel baru. Jadi jika sobat saja malas untuk membuat artikel, kemungkinan besar pengunjung setia tadi akan malas juga untuk berkunjung kembali ke blog sobat, karena tidak ada artikel baru lagi.

Maka buatlah artikel secara teratur, ya minimal 1 hari sekali. Dengan begitu blog sobat akan selalu terlihat hidup dengan artikel-artikel baru yang terbit setiap hari.

Nah, itulah 6 Tips Untuk Membuat Pengunjung Blog Merasa Nyaman, jika sudah sobat terapkan semua, insya Allah semua pengunjung sobat akan merasa nyaman dan senang kepada blog sobat, dan akan menjadi pengunjung tetap.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "6 Cara Membuat Pengunjung Blog Merasa Nyaman"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^