Pengertian DDoS



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Pernahkah sobat mengunjungi sebuah Website, tetapi website tersebut tidak bisa dikunjungi? eror atau hanya ada tulisan "connection server time out". Itu mungkin karena Website yang ingin sobat kunjungi tersebut terkena serangan DDoS, akibatnya website tersebut hanya Eror atau blank.

Dan pernahkah sobat mendengar kata-kata DDoS? mungkin jika sobat seorang Hacker atau Blogger pastinya tau dan pernah mendengar kata tersebut. Maka disini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian DDoS. Untuk mebambah pengetahuan kita tentang dunia Internet ini.

Apa Itu DDoS? 

DDoS (distributed denial of service) adalah sebuah serangan terhadap sebuah Komputer ataupun Server di dalam jaringan Internet. DDoS ini akan berkerja dengan Melumpuhkan sebuah Server atau Komputer yang akhirnya tidak dapat di Akses. Pertama kali serangan DDoS ini terjadi pada Tahun 1999, dan mulai dari saat itu serangannya semakin meluas.

Serangan DDoS yang paling terkenal ada 2 Jenis, yaitu :

1. Traffic Flooding

Yaitu membanjiri sebuah jaringan Server dengan banyak Data, sehingga pengguna yang lain tidak bisa mengakses server tersebut karena Jaringan penuh.

2. Request Flooding

Adalah jenis serangan DDoS yang tujuan untuk membanjiri Server dengan banyak Request (permintaan) yang disediakan oleh suatu Host, sehingga pengguna lain tidak dapat masuk. Dengan kelebihan sebuah Request akan membuat server menjadi Down, inilah alasannya ketika kita mengunjungi website yang terkena serangan DDoS hanya akan ada tulisan "connection server time out".

Serangan DDoS ini bisa dikatakan sangat simpel, tetapi berakibat sangat mematikan. Banyak hacker yang menggunakan trik ini, bahkan orang biasa juga sering menggunakannya. Ibaratkan sebuah rumah, jika rumah tersebut yang biasanya tidak terlalu ramai dan tiba² saja langsung didatangi ribuan orang, pasti kita dan orang lainnya jadi tidak bisa memasuki rumah tersebut.

Bahkan Google yang kita kenal sebagai Mesin pencari terbesar, pernah Down akibat di DDoS oleh hacker cina pada tahun 2005 lalu. Hacker cina Men-DDoS google hingga Jutaan Request, sehingga membuat Goolge marah dan mencabut servernya yang ada di cina, juga membatalkan bisnisnya disana.

Serangan DDoS Traffix flooding dan Request flooding memang hanya akan membuat server Down sementara. Tetapi jika hard disk flooding bisa sangat berbahaya, karena bisa menghapus DataBase, sehingga file-file yang ada di dalamnya akan ikut hilang.

Cara Mencegah Serangan DDoS 

Ada beberapa cara untuk mencegah Serangan DDoS, yaitu :

1. Memasang FireWall 

Firewall adalah sistem keamanan Internet yang memeriksa apakah suatu jaringan boleh masuk atau tidak ke dalam sebuah Server. Maka dengan menggunakan Firewall, dia akan menyaring jaringan yang baik untuk memberikan akses masuk, dan yang jahat akan ditolak.

2. Ip Blocking

Ip Blocking akan menandai sebuah Ip yang sudah dianggap jahat, dan tidak akan membiarkannya masuk kembali. (diblokir)

3. Memasang FortyDdos

FortyDdos ini fungsinya sama seperti Firewall, cuma sistemnya lebih kompleks lagi.

Itulah sedikit Pengertian dan Cara untuk Mencegah DDoS. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Dan jika sobat mempunyai sebuah Website, harap berhati-hati ya dengan serangan DDoS.

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Pengertian DDoS"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^