6 Wasiat Umar bin Khattab R.a Beserta Maksudnya



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Umar Bin Khattab R.a adalah sahabat nabi Muhammad Saw yang menjadi salah satu sahabat kesayangan Rasulullah. Untuk itu jejak Umar juga pantas kita ikuti dan sifat-sifatnya juga patut kita tiru. Salah satu sifat Umar yang paling terkenal adalah Pemberani. Umar tidak pernah takut akan kaum Kafir qurais, bahkan Umar lah yang menentang mereka jika berani Menghalangi nabi Muhammad Saw dalam menyebarkan agama Islam.

Berikut ini ada 6 Wasiat dari Umar Bin Khattab yang patut untuk kita ketahui dan mengambil Hikmahnya. Wasiat Umar bin Khattab ra. : Diriwayatkan bahwa Umar bin Khattab berkata kepada saudaranya, "Aku wasiatkan kepadamu enam hal" :

1. Pertama "Jika engkau ingin mencela seseorang, maka celalah dirimu sendiri. Karena
sesungguhnya engkau tidak mengetahui kekurangan seseorang yang terbanyak melebihi dirimu sendiri."

Maksudnya adalah jika kita ingin mencela seseorang, maka terlebih dahulu cela-lah diri kita. Mencela atau menjelek-jelekkan orang lain adalah perbuatan yang sangat tidak baik, kita tidak boleh mencela orang lain, karena diri kita sendiri juga masih penuh dengan kejelekan. Maka lebih baik kita melihat semua kejelekan yang ada di diri kita sendiri, karena belum tentu kejelekan orang yang kita cela lebih banyak dari kejelekan diri kita sendiri.

2. Kedua "Bila kalian ingin memusuhi seseorang atau memusuhi sesuatu, maka musuhi lah perut kalian, karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya bagi kalian selain perut kalian sendiri."

Jika seseorang merasa sangat lapar, ia bisa melakukan apa saja demi mendapatkan makanan. Maksudnya disini kita harus bisa selalu menjaga keimanan walau dalam keadaan lapar. Maka jagalah perut kita dengan memakan makanan yang halal, dan selalu membaca doa sebelum memakan sesuatu. Pastilah Allah swt akan senantiasa menjaga perut kita dari Kelaparan.

3. Ketiga "Jika engkau ingin memuji, maka pujilah Allah, karena tidak ada satupun yang lebih banyak pemberian dan kelembutannya kepadamu melebihi-Nya."

Jika kita ingin memuji, maka Allah swt lah yang paling pantas untuk menerima semua pujian kita. Kalau kita melihat sesuatu yang Cantik, maka pujilah Allah. Jika kita melihat sesuatu yang Ajaib atau hal luar biasa, maka Pujilah Allah atas segala kebesarannya itu. Karena Allah swt juga lah yang membuat semua hal yang bisa kita Puji.

4. Ke-Empat "Bila ada yang ingin kalian tinggalkan, maka tinggalkanlah kesenangan dunia, sebab bila kalian tinggalkan maka kalian akan menjadi terpuji."

Kesenangan di Dunia bisa membuat kita lupa akan adanya Kebahagiaan dan Siksa di Akhirat. Karena jika kita terus-terusan mengikuti hawa nafsu yang ada di Dunia, seperti mengejar Harta, Wanita, dan Tahta, maka kita bisa melupakan Akhirat. Karena Manusia itu mahkluk yang tiada puas-puasnya. Maka cukuplah kita mendapatkan sesuatu yang sedikit di dunia, dan mempersiapkan bekal yang besar untuk Akhirat kelak.

5. Kelima "Bila kalian ingin siap-siap untuk sesuatu, maka bersiaplah untuk menghadapi kematian, sebab bila kalian tidak menyiapkan bekal untuk mati, kalian akan menderita, rugi dan penuh penyesalan."

Kematian menjadi salah satu Rahasia manusia yanh dipegang oleh Allah swt. Untuk itu sebagai Hambahnya kita selalu senantiasa di ingatkan akan Kematian. Kesenangan dunia menjadi tantangan terbesar manusia, karena dengan banyaknya kesenangan itu kita akan terlupa akan kematian. Siapkan selalu bekal kita. Ingatlah, mati tidak akan memunggu kita, tetapi kitalah yang menunggu mati.

6. Ke-Enam "Bila kalian ingin menuntut sesuatu, tuntutlah akhirat, karena kalian tidak akan mendapatkan akhirat kecuali dengan mencarinya."

Yang terakhir adalah kita harus selalu ingat pada hari Akhir, dan mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Carilah akhirat, karena kita tidak akan mendapat Akhirat kecuali dengan mencarinya. Maksudnya disini kita harus menuntut/mengejar Akhirat yang baik, yaitu Surganya Allah swt. Jangan sampai kita mendapatkan Akhirat yang buruk, yang tidak akan di inginkan semua Makhluk, yaitu Neraka.

Itulah 6 Wasiat dari Umar Bin Khattab R.a, semoga kita bisa mengambil Hikmah dan mengikuti Wasiat tersebut.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "6 Wasiat Umar bin Khattab R.a Beserta Maksudnya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^