Sejarah Kode PHP (Php Hypertext Preprocessor)



Assalamu'alaikum Wr Wb

AwCyber - PHP adalah kode Pemrograman yang bisa di bilang sangat rumit dan akan membuat kita pusing ketika mempelajarinya, apalagi untuk orang yang sangat awam dengan dunia Progammer. Tetapi, sekarang kode PHP sudah dipakai sebagai kode Pokok jika kita ingin membuat sebuah Web yang bagus dan keren dengan fitur beragam.

Untuk itu disini saya akan sedikit membahas tentang kode PHP. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui Sejarah awal mulanya lahir kode PHP. Untuk itu silahkan di simak berikut ini ya sobat.

Sejarah Awal PHP

Php diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerford pada tahun 1994 ketika dia membuat sejumlah skrip Perl untuk mengetahui siapa saja yang melihat daftar riwayat hidupnya. Skrip ini kemudian dikenal sebagai "Personal Home Page". Dari paket skrip inilah yang kemudian melahirkan PHP.

Lalu pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/F1 versi 2 (dua) dan pada versi inilah kode sudah dapat dimasukkan ke dalam tag HTM1 dan juga dapat berhubungan dengan DataBase.

Saat ini, singkatan dari PHP adalah PHP Hypertext Preprocessor. Sebuah singkatan rekursif yang menjadi ciri Khas program GNU. Pada tahun 1997 dianggap sebagai tahun lahirnya PHP, pada tahun inilah kode PHP mulai banyak digunakan orang. Lalu pada tahun 1997, terjadi perubahan struktur organisasi pengembang PHP. Pengembangan sudah tidak dilakukan oleh Rasmus saja, tetapi dikembangkan juga oleh Zeev Suraski dan Andi Gutmans.

Dan di versi PHP yang terakhir telah dapat digunakan dengan menyediakan banyak dukungan dalam bentuk Ekstensi dan  fungsi dari berbagai library pihak ketiga. PHP dapat dijalankan pada banyak server, antara lain seperti :
  1. Apache yang merupakan server aslinya, baik di Linux ataupun Windows.
  2. IIS di Windows.
  3. Dan beberapa server lainnya, seperti : Oreilly, Xitami dan PWS.
Server yang paling banyak memiliki pengguna saat ini adalah Apache + PHP, karena bersifat Free (gratis) dan Open Source.

Beberapa keistimewaan menggunakan PHP antara lain adalah :
  1. Cepat
  2. Gratis
  3. Multi-patform
  4. Banyaknya komunitas PHP yang ada
  5. dan Dukungan Technical-support

- Cara Kerja PHP 

Sistem kerja dari bahasa PHP adalah sebagai berikut :
  1. Pertama dimulai dengan permintaan sebuah program PHP dari browser, dengan mengacu pada URL/alamat internet yang ada di browser.
  2. Kemudian web server mengenali permintaan file PHP.
  3. Akan di kirim ke mesin PHP untuk memprosesnya.
Setelah selesai memproses file PHP tersebut, web server akan mengembalikan hasilnya ke browser. Dan oleh browser, hasil web server tersebut diterjemahkan ke dalam tampilan versi user.

Sekian sudah pembahasan tentang PHP kali ini. Semoga bisa dengan mudah sobat pahami ya. Dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Sejarah Kode PHP (Php Hypertext Preprocessor)"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^