Pengertian Mailing List



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Berdiskusi adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menguntungkan. Karena dengan berdiskusi, kita akan mendapat banyak masukkan dan pengalaman dari berbagai orang dengan jalan pikiran yang berbeda-beda. Dan kegiatan ini juga akan mempererat tali silahturahim sesama rekan.

Di internet juga ada kelompok diskusi yang menggunakan fasilitas Email. Karena selain email lebih mudah untuk digunakan, juga dengan kemampuannya yang dapat mengirim pesan secara massal. Jadi, apa itu Mailing List?

Apa itu Mailing List?

Mailing List adalah kelompok diskusi interaktif antar pengguna Internet melalui pesan Email yang dikirim secara Massal (banyak). Masing-masing kelompok tersebut menyajikan forum diskusi berdasarkan persamaan-persamaan tertentu, seperti persamaan minat, profesi, kelembagaan, organisasi, dan sebagainya.

Pengguna yang bergabung dalam sebuah Mailing List biasanya tertarik pada topik khas dan identitas yang menjadi ciri kelompok mailing list tersebut. Mailing List saat ini menjadi salah satu media belajar, sarana promosi, dan forum interaksi massal yang sangat efektif di Internet.

Melalui pesan email, sobat dapat bertanya, berbagi pengalaman & pengetahuan, berlangganan informasi khusus, dan melakukan berbagai hal yang bersifat rutin dan massal. Cara berdiskusi di sebuah Mailing List sangat sederhana, sobat hanya perlu mendaftarkan diri pada salah satu kelompok Mailing list sesuai dengan topik yang sobat minati, setelah itu sobat akan menerima dan dapat mengirim pesan dari seluruh anggota yang tergabung dalam kelompok Mailing List tersebut.

Jika sobat mengirimkan pesan berupa pertanyaan, maka kemungkinan beberapa anggota Mailing list akan merespon pertanyaan sobat. Begitu juga sebaliknya, jika sobat memiliki solusi untuk pertanyaan yang diberikan oleh pengguna lain, sobat pun dapat memberikan pesan jawaban. Proses tanya jawab akan terus terjadi secara dinamis dan diikuti oleh setiap anggota hingga pembicaraan tentang topik yang dibicarakan tersebut telah selesai dan diganti dengan topik pembicaraan yang lain.

Itu dia sedikit pengertian tentang Mailing List sobat. Semoga bisa dengan mudah dipahami dan bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

2 Responses to "Pengertian Mailing List"

  1. Cara gabung dg mailing list gmn gan

    BalasHapus
  2. Mudah gan :D cuma saya belum kasih tutorialnya, maaf ya. Coba agan searching² aja dlu di google. :)

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^