Pengertian Homepage



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Pernahkah sobat mengunjungi sebuah situs web di internet? pastinya pernah, bahkan sering. Karena situs web tersebutlah yang menyimpan informasi yang kita cari. Di internet, tersimpan begitu banyak situs web atau bisa disebut Homepage. Dan informasi yang diberikan dari homepage tersebut pun beragam. Mulai dari teknologi, ilmiah, alam, tutorial, motivasi, bisnis, dan banyak lagi yang lainnya.

Tapi sebagian dari kita hanya tau mengunjungi sebuah Homepage/situs web saja, tanpa mengetahui apa pengertian sebenarnya dari Homepage. Jadi apakah Homepage itu?

Apa Itu Homepage?

Homepage atau Situs Web adalah halaman di internet yang memberikan kumpulan informasi dengan menampilkan profil pemiliknya, baik itu pribadi maupun institusi, sehingga dapat dikunjungi dan dibaca informasinya oleh pengguna internet melalui layanan Word Wide Web.

Kumpulan informasi tersebut telah disusun dengan suatu kode pemrograman yang disebut Hypertext Markup Languange (HTML). File-file Html tersebut selanjutnya ditempatkan di ruang penyimpanan di Internet yang biasa disebut Hosting, dengan diberikan nama alamat web tersebut (domain name) agar dapat diakses oleh pengguna internet.

Bahkan karena semakin canggih dan banyaknya bahasa pemrograman, kode-kode PHP, Javascript juga mulai ditambahkan dengan kode Html, agar web tersebut bisa memberikan tampilan dan fitur yang lebih maksimal.

Bagaimana Cara Membuat Homepage?

Jika ingin membuat sebuah Homepage ataupun Situs web, ada 3 hal yang perlu sobat siapkan, yaitu :
  1. Menentukan dan mendapatkan nama alamat (domain) untuk situs sobat.
  2. Mendesain halaman utama dan halaman informasi pendukung yang akan Sobat tampilkan di internet dengan kode pemrograman komputer (php, html, javascrtip, dll).
  3. Menempatkan dan mengelola file-file kode program pada penyimpanan di Internet (Hosting).

Untuk masalah penyimpanan file-file yang sudah sobat buat, bisa menggunakan fasilitas hosting gratis maupun yang berbayar. Seperti Idhostinger (gratis) dan Hostgator (berbayar). 

Biasanya jika menggunakan hosting yang gratis, maka akan ada beberapa fasilitas penyimpanan yang dibatasi/kurang maksimal. Jika mengambil hosting yang berbayar, maka sobat akan dikenakan biaya setiap bulannya, tetapi mendapatkan fasilitas hosting yang bagus, terutama untuk membuat web yang besar.

Sekian sudah pembahasan kali ini, semoga bermanfaat sobat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Pengertian Homepage"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^