Pengertian FTP (File Transfer Protokol)



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Pernahkah sobat berbagi atau bertukar file komputer dengan teman? dan alat apa yang sobat gunakan untuk bertukar file tersebut?
Menggunakan Kabel LAN kah, atau Bluetooth sekalipun. Yang pasti kegiatan ini sangat menyenangkan sekaligus memberi keuntungan untuk kita.

Karena bisa berbagi dan bertukar file dengan teman, jadi tidak perlu susah-susah lagi mendownload file tersebut, dan dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan tidak mengeluarkan modal. Tapi pernahkah sobat mencoba bertukar file dengan FTP?
Jika sobat belum pernah menggunakan layanan bertukar file FTP, maka cocok untuk sobat coba, karena dinilai lebih memudahkan kita untuk bertukar file dengan banyak orang sekaligus.

Apakah FTP Itu?

FTP (File Transfer Protokol) adalah layanan di jaringan internet yang dapat digunakan oleh pengguna untuk bertukar file. Sistem kerja layanan ini yaitu dengan cara memanfaatkan suatu komputer yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan data, atau bisa disebut dengan Server FTP.  Bertukar file dari internet dengan cara menempatkan file-file tertentu pada Server FTP yang selanjutnya akan disalin/diambil oleh pengguna lain.

Server FTP ini biasanya dimiliki oleh suatu institusi di internet. Sebagian pemilik server FTP memberikan layanan dengan cara menyediakan berbagai macam file, baik itu data ataupun program, serta membolehkan semua pengguna menyalin file dari Server mereka itu.  Sebagian lagi ada yang membatasi layanan, dengan hanya pengguna yang terdaftar menjadi User yang dapat mengakses server FTP yang mereka kelolah.

Server FTP yang bisa diakses secara bebas disebut Server FTP Anonymous. Dan di internet terdapat lumayan banyak Server FTP Anonymous yang dapat di akses secara bebas. File-file yang disediakan oleh Server FTP juga sangat beraneka ragam. Dan masing-masing server biasanya menyediakan file dengan karakteristik dan jenis tertentu, sesuai dengan bidang dan spesiliansi intitusi pemilik server FTP.

Mengakses Layanan FTP

Untuk mengakses layanan FTP, sobat harus mempunyai program yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengelolah data pada server FTP. Sobat bisa menggunakan web browser atau memanfaatkan program klien FTP yang khusus dibuat untuk keperluan tersebut.

Program klien FTP pastinya mempunyai fasilitas dan kemampuan kerja yang lebih baik dibandingkan dengan web browser. Akan tetapi, web browser juga mampu melakukan tugas-tugas dasar berkaitan dengan pengelolaan file di server FTP.

Cara beraktivitas pada server FTP tidak jauh berbeda dengan ketika Sobat melalukan browsing di Internet. Sobat cukup mengetik alamat server FTP pada kotak Address Bar, baik pada web browser, maupun pada program klien FTP. Selanjutnya, sobat akan melihat tampilan daftar folder yang kurang lebih sama seperti ketika mengakses folder dan file pada komputer melalui Windows Explorer.

Dan jika server FTP yang sobat kunjungi tersebut bukan jenis server Anonymous, maka diharuskan terlebih dahulu untuk memasukkan nama user dan pasword agar dapat melihat tampilan daftar foldernya. Jika belum menjadi user, sobat dapat mendaftar terlebih dahulu di server FTP tersebut untuk mendapatkan Hak akses yang aman dan nyaman.

Itulah sedikit pembahasan tentang FTP. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk sobat semua. Sampai berjumpa di artikel AwCyber yang lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Pengertian FTP (File Transfer Protokol)"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^