Pengertian Dan Manfaat Surat Elektronik (E-Mail)



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Zaman sekarang Internet sudah sangat membantu menjalankan beragam aktivitas manusia. Mulai dari mencari informasi, hingga mengirim informasi seperti surat. Dalam urusan surat menyurat pun kita tidak usah lagi repot-repot untuk menulis di kertas, mencari perangko, dan mengirimkannya ke kantor pos.

Karena melalui internet pun kita bisa dengan mudah mengirim surat secara elektronik. Hal ini tentu sangat memudahkan setiap orang. Surat versi internet ini dinamakan juga E-mail. Mungkin bagi sebagian besar orang yang hobi berselancar dan bekerja dengan internet, kata Email bukanlah asing lagi. Karena memang hampir sebagian besar aktivitas di internet pasti membutuhkan Email.

Terutama untuk pembisnis Online. Pasti membutuhkan berita terbaru setiap hari dari kantor atau web yang diperlukan. Berikut ini akan saya berikan sedikit penjelasan tentang Email (Surat Elektronik)

Apa Itu Email?

Email adalah fasilitas di internet yang digunakan untuk kerperluan surat-menyurat. Sebagaimana biasanya surat-menyurat memakai jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk Elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik.

Untuk dapat menggunakan fasilitas email, sobat harus memiliki alamat email, yang biasa disebut email adress atau email account. Account email dapat sobat peroleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga sekarang, situs-situs penyedia email makin banyak bermunculan di internet lokal dan internasional secara gratis dan premium.

Berikut ini contoh dari sebuah email :

nama@situs.com

  • nama        : identitas pemilik alamat email
  • @               : dibaca at (artinya di)
  • situs.com : alamat penyedia fasilitas email

kode alamat penyedia fasilitas email bisa saja berubah, artinya tidak hanya .com, bisa saja .net/.info/.co.id dan lain-lain. Tergantung kategori situs penyedia email tersebut.

Contoh email yang saya miliki : awcybercom@gmail.com, yang berarti saya menggunakan jasa penyedia fasilitas email dari situs Gmail.com. Mungkin situs penyedia fasilitas email yang paling banyak digunakan saat ini adalah Yahoo.com dan Gmail.com.

Manfaat Fasilitas Email 

Fasilitas email mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan, beberapa di antaranya adalah :
  • Sangat berguna untuk keperluan surat-menyurat. Dan sangat memudahkan kita untuk mengirim surat ke banyak orang sekaligus. Misalnya : agenda pertemuan, promosi produk, undangan pernikahan, dan sebagainya.
  • Efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah yang banyak. Jika kita mengirim dokumen secara langsung, tentu akan sangat lama dan banyak biaya untuk mencetak dokumen tersebut, dan harus dikirim lagi lewat tukang pos.
  • Fleksibel, karena sobat dapat mengirim dan menerima email kapan saja dan dimana saja.
  • Dapat dijadikan ajang berdiskusi
  • Untuk mendapatkan informasi terbaru  secara teratur. Contohnya untuk memantau informasi harga produk dari sebuah perusahaan, lowongan kerja, pengumuman, dan lain-lain.
  • Memudahkan mengirim surat lamaran kerja. Bisa beserta lampiran dokumen pendukungnya, seperti foto atau gambar.
  • Mengirim dan menerima kartu ucapan
  • Digunakan untuk menunjukkan identitas di internet. Seperti untuk melengkapi informasi di media sosial, berkomentar di website, mendaftar diberbagai situs di internet, dan lainnya.
  • Sebagai penampung surat dalam jumlah yang banyak seperti layaknya PO.BOX. misalnya untuk menampung saran dan pertanyaan dari pelanggan.

Selain manfaat diatas, sobat masih bisa mendapatkan manfaat lain dari email ini sendiri.

Nah, bagaimana sobat? 
cukup banyak dan bermanfaat kan fasilitas email yang bisa kita gunakan. Baik untuk kepentingan individu maupun sebuah kelompok sosial. Dan yang terpenting kita tidak perlu lagi mengantar surat ke kantor pos dan menunggu lama untuk surat yang kita kirim sampai dan dibaca.

Hanya dalam hitungan detik, Email atau surat elektronik yang sudah kita kirim akan langsung sampai ke pengguna yang dituju dan bisa langsung dibaca, kapan pun dan dimana pun.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat sobat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Pengertian Dan Manfaat Surat Elektronik (E-Mail)"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^