Mengenal Komponen-Komponen Browser



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Di artikel kali ini saya mau membahas tentang Komponen-Komponen yang ada di browser sob. Mungkin jika ditanya soal apa itu Browser, sobat semua sudah tidak bingung lagi untuk menjawabnya, karena setiap hari ketika menjelajahi Internet kita selalu kenggunakan Browser. Tetapi jika ditanya soal komponen-komponen yang ada di dalam Browser, mungkin ada sebahagian yang belum mengetahuinya.

Mungkin selama ini ketika menjalankan sebuah browser, sobat hanya fokus pada kotak pencahariannya (addressbar) saja yang biasa digunakan untuk menjelajahi Web. Tetapi jarang kita perhatikan dan pergunakan komponen-komponen lain yang ada di laman browser tersebut.

Untuk itu, disini akan sedikit saya berikan pengertian dan kegunaan komponen yang ada di Browser. Silahkan dibaca :

1. Titlebar

Yang pertama adalah Titlebar, yaitu tempat diletakkannya identitas halaman yang sedang di akses. Jadi ketika sobat ingin membuat sebuah halaman web, pastikan telah memberikan judul yang benar-benar merepresentasikan isi halaman yang sudah dibuat agar ketika dibaca pengunjung tidak mengalami ambigiusitas.

(Contoh Titlebar)

2. Menu Utama

Menu utama adalah bagian dari browser yang digunakan untuk mengakses semua fungsi yang bisa dilakukan oleh browser. Menu utama terletak di bagian atas di bawah bilah judul.

(Penekanan menu Tools, dibarisan menu utama)

3. Addressbar

Addressbar tempat meletakkan alamat halaman web yang ingin dijelajahi. Contohnya jika ingin membuka Google, maka sobat tinggal mengetikkan alamat www.google.com di address bar dan tekan enter/klik go.

Atau bisa juga sobat mengakses halaman web yang telah disimpan di server komputer lokal, maka tinggal mengetikkan alamat http://localhost/nama_halamanweb. Addressbar adalah komponen yabg paling sering dipakai oleh para pengguna komputer.

(contoh addressbar)

4. Toolbar

Toolbar biasanya terletak di samping Addressbar, pada umumnya memiliki empat tombol utama, yaitu :

  1. Tombol Back digunakan untuk mengakses kembali halaman yang sebelumnya telah di buka.
  2. Tombol Forward digunakan untuk mengakses halaman yang terakses sebelum ditekan tombol Back.
  3. Tombol Refresh/Reload digunakan untuk memuat ulang halaman web yang sedang dikunjungi saat ini.
  4. Tombol Stop digunakan untuk menghentikan proses pemuatan  halaman web yang sedang dimuat.
(contoh Toolbar)


5. Area Kerja 

Adalah bagian yang berfungsi sebagai tempat menampilkan halaman web yang sobat kunjungi. Setelah memasukkan alamat web ke addressbar dan menekan enter/go, sobat akan melihat web tersebut di area kerja.

6. Statusbar

komponen lain yang juga penting adalah bilah status atau biasa disebut Statusbar, yaitu bilah yang dapat menampilkan alamat Hyperlink yang ada pada sebuah objek dan juga bisa menampilkan proses-proses yang terjadi pada sebuah browser.

(contoh statusbar)

Nah, itulah beberapa pengertian Komponen-komponen yang terdapat di browser.

Sekian dan terima kasih sobat.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Mengenal Komponen-Komponen Browser"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^