Mengenal Beberapa Fasilitas E-Mail



Assalamu'alikum Wr Wb.

Sekarang di era teknologi ini, kita sudah tidak perlu susah-susah lagi untuk melakukan suatu aktivitas, seperti mengirim surat. Karena sudah ada Email yang berfungsi sama seperti surat yang dikirim oleh pos, bedanya email melakukan pengiriman surat melalui internet. Lebih mudah dan cepat untuk mengirimkan surat dibanding dengan layanan pos.

Maka dari itu, perlu untuk kita ketahui fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh Email. Agar kita bisa lebih memaksimalkan fasilitas email, bukan hanya sekedar tau kegunaannya hanya untuk mengirim dan menerima surat saja.

Berikut ini akan saya sajikan beberapa Fasilitas yang ada di Email :

1. Inbox

Yang pertama adalah Inbox, yaitu tempat penyimpanan surat atau email, yang sama seperti sebuah folder penyimpan file di komputer. Sobat dapat menerima, membaca, dan mengelolah surat-surat sobat dari inbox.

Batas penyimpanan surat yang ada di inbox sebuah email berbeda-beda. Tergantung kebijakan situs penyedia fasilitas Email yang sobat gunakan.

2. Check Mail

Merupakan fasilitas perintah untuk mengecek surat-surat yang baru masuk atau membaca surat-surat lama sobat yang berada di Inbox.

3. Compose

Merupakan fasilitas untuk membuat lembar surat baru yang akan dikirim. Disinilah jika sobat ingin mengirim Email ke orang lain, sobat bisa membuat lembar baru yang akan ditulis atau diletakkan sebuah file untuk dikirim, melalui Compose.

4. Folders

Merupakan fasilitas untuk pengarsipan bagi surat-surat sobat, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang sobat terima.

Jadi di fasilitas ini sobat bisa membuat sebuah folder sendiri untuk digunakan menyimpan surat-surat secara khusus. Biasanya surat tersebut berperan khusus ataupun berisi hal yang amat penting.

5. Adress Book

Fungsinya sama seperti kontak nomor telepon, bedanya disini yang disimpan adalah daftar email para pengguna. Jadi ketika sobat ingin mengirimkan surat baru ke pengguna lain, tinggal pilih akan dikirim ke email mana melalui Adress book tadi. Jadi tidak perlu takut lupa alamat email rekan-rekan.

6. Reply

Fasilitas ini berfungsi untuk membalas surat yang sudah sobat baca.

7. Trash

Tempat dimana email yang sudah sobat hapus berada. Biasanya hanya bersifat sementara, artinya surat-surat yang sudah sobat hapus akan masuk ke fasilitas ini dan masih akan disimpan untuk beberapa lama. Jika memang sudah tidak diambil kembali, surat-surat tersebut akan terhapus secara permanen.

8. Attachment

Merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan email yang akan sobat kirim. Misalnya, sobat ingin mengirim sebuah foto atau dokumen melalui email, maka gunakanlah Attachment untuk mengambil dan meletakkan foto ataupun dokumen ke dalam email tersebut.

9. Options/Configuration

Merupakan fasilitas untuk mengatur Account email sobat, seperti mengubah data personal, memberi tanda otomatis pada bagian akhir surat (tanda tangan), pemblokiran alamat email tertentu, pengubahan pasword, dan sebagainya.

10. Bulk Mail/Spam

Merupakan fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan secara otomatis penerimaan email baru yang dianggap tidak penting/spam, seperti email promosi dan sejenisnya (dapat diatur melalui Options).

Email hasil saringan akan dipisahkan dari inbox dan ditempatkan pada folder sendiri yaitu folder yang bernama Bulk Mail atau Spam. Sobat tetap dapat melihat email yang masuk ke folder ini atau menghapusnya sebagai prioritas utama jika ruang penyimpanan email sudah penuh.

11. Signature

Merupakan fasilitas untuk memberikan tanda tangan atau indentitas pengirim surat yang akan selalu disertakan di akhir email baru yang sobat kirim. Sobat dapat menggunakan fasilitas ini untuk menampilkan informasi khusus, seperti nama lengkap, jabatan, alamat, dan sebagainya pada setiap email yang sobat kirim.

12. Sign Out/Log Out

Yang terakhir adalah kegunaan link sign out/log out yang ada di situs Email. Link ini berfungsi untuk mengeluarkan akun email sobat. Sama halnya seperi Log out dari sebuah situs sosial media.

Itulah beberapa Fasilitas Email beserta fungsinya, silahkan sobat ingat dan pelajari.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat sobat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Mengenal Beberapa Fasilitas E-Mail"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^