Inilah 9 Hal Penyebab Gigi Ngilu dan Sakit



Assalamu'alaikum Wr Wb.

AwCyber - Sakit gigi dan ngilu adalah 2 Penyakit mulut yang bisa sangat mengganggu dan membuat buruk mood seseorang. Apalagi jika penyakit ini datang disaat yang tak di inginkan, misalnya ketika kita lagi ada acara pesta yang pasti akan sangat banyak makanan enak, karena gigi sakit jadinya kita hanya bisa ngiler deh melihat makanannya.

Tetapi taukah sobat bahwa penyakit yang membuat kesal ini penyebabnya itu berasal dari diri kita sendiri? 
Mungkin banyak aktivitas-aktivitas yang kita lakukan terlalu keras kepada Gigi, ataupun pola makan dan minum yang menjadi penyebabnya. Karena memang dalam sehari saja mulut kita sudah banyak sekali bekerja. Mulai dari berbicara, menggigit, menjilat, hingga memotong benda.

Berikut ini saya akan memberikan info mengenai 9 Hal Penyebab Gigi Ngilu dan Sakit. Silahkan disimak sob, agar kita makin tau!

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras 

Menyikat gigi adalah aktivitas yang wajb dan sering kita lakukan setiap harinya. Mulai dari pagi hari, siang hari, hingga malam hari menjelang ingin tidur. Untuk itu kita harus selalu menjaga pola dalam menggosok gigi, karena jika sobat menggosok gigi terlalu kuat akan mengakitbatkan email pada gigi semakin terkikis. Inilah yang menyebabkan gigi menjadi sensitif dan sering kali mengalami ngilu jika makan atau minum yang terlalu dingin ataupun panas.

2. Penggunaan Kawat Gigi Dengan Prosedur Yang Salah 

Kawat gigi sangat bermanfaat untuk manusia, tetapi bisa juga membuat masalah pada gigi dan gusi. Kawat gigi berguna untuk merapikan struktur gigi, dan bisa juga hanya untuk bergaya saja. Tetapi jika pemasangan kawat gigi terebut salah, seperti pemasangan kawat yang terlalu ketat, ataupun bahan yang digunakan mengandung bahan kimia berbahaya untuk mulut. Tentu ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan gigi dan mulut.

3. Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi 

Tusuk gigi sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di selah-selah gigi. Tetapi dalam penggunaannya ini bisa sangat berbahaya, jika terlalu keras akan membuat lapisan email gigi terkikis dan akan membuat gigi menjadi sensitif. Bukan hanya itu saja, jika sobat menggunakan tusuk gigi terlalu kencang bisa menyebabkan tusuk tersebut tertusuk pada gusi dan akhirnya menyebakan gusi berdarah dan bengkak.

4. Kebiasaan Menggigit Benda Keras 

Kebiasaan yang satu ini sudah sangat sering kita jumpai di banyak orang. Padahal bahaya menggigit benda-benda keras itu cukup banyak, apalagi jika benda tersebut memang bukan untuk di makan. Seperti kebiasaan menggigit puplen di sekolah, menggigit kuku, dan lainnya. Pastilah kuman dalam benda-benda tersebut juga akan menular jika kita menggitnya, dan kuman akan berkembang di sela-sela gigi yang akan mengakibatkan mulut menjadi tidak sehat.

5. Infeksi Pada Gusi

Gusi adalah hal yang paling penting di dalam mulut, karena bila gusi telah terkena Infeksi pasti Gigi juga akan ikut tertular, gigi akan ikutan sakit dan menjadi lebih sensitif. Dan biasanya yang membuat Gusi infeksi atau bengkak itu karena makanan yang sobat makan mengandung kuman, kurangnya merawat mulut, dan tidak sengaja gusi tertusuk benda tajam.

6. Penurunan Kontur Gusi

Penurunan kontur gusi juga bisa menjadi penyebab gigi sakit dan ngilu. Hal ini karena kebiasaan mengunyah dan menggigit benda keras ataupun kelainan pada bagian gusi.

7. Terlalu Sering Minum atau Makan yang terlalu dingin dan panas

Terkadang sobat tidak menyadari ketika sering meminum minuman atau makan-makanan yang panas dan dingin terlalu sering. Jika sobat minum-minuman es atau yang terlalu dingin, itu dapat mengakibatkan Abrasi pada lapisan email gigi. Sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif. Dan kebiasaan ketika sedang minum-minuman yang dingin, lalu langsung ditimpah dengan minuman panas juga sangat berbahaya untuk gigi.

8. Kesehatan Gigi dan Mulut Kurang Terjaga

Kalau hal yang satu ini sudah jelas akan memberikan dampak buruk kepada kita. Karena ketika kurangnya perawatan pada gigi dan mulut akan menyebabkan kuman berkembang dengan cepat dan mengakibatkan sakit. Perawatan seperti apa saja yang bisa kita terapkan pada gigi dan mulut?
Yaitu dengan selalu rajin menggosok gigi dengan Pasta gigi yang bagus, dan berkumur-kumurlah dengan cairan pembersih mulut yang mengandung Mint.

9. Usia

Dengan semakin tuanya umur kita maka akan semakin besar kemungkinan gigi menjadi Sensitif. Hal ini karena penurunan fungsi saraf pada gigi.

itulah 9 Faktor yang menyebabkan gigi ngilu dan sakit. Semoga informasi ini bisa membantu sobat. Dan jangan lupa ya agar selalu menjaga kesehatan mulut kita.

Sekian dan terima kasih, Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Inilah 9 Hal Penyebab Gigi Ngilu dan Sakit"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^