Cara Agar Membuat Artikel Blog Lebih Menyenangkan



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sebagai seorang blogger, kita pasti pernah merasakan yang namanya bosan ketika ingin membuat Artikel. Padahal Artikel adalah rajanya konten yang ada di sebuah blog. Jika sudah muncul rasa bosan tersebut, maka ujung-ujungnya pasti jadi Malas buat Artikel, dan terjadilah yang namanya Vacum ngeblog atau bisa sampai Copas artikel orang lain.

Memang, rasa bosan dan malas dalam membuat postingan itu pasti akan dan pernah muncul. Karena itu, ada beberapa tips untuk sobat semua, tips yang bisa memberikan sobat jalan keluar ketika sedang masa bosan-bosannya dalam menulis Artikel. Apa saja tips-nya?
Silahkan simak dibawah ini :

1. Ketika Sedang Membuat Artikel, Anggap Kita Sedang Mengobrol

Mengobrol adalah suatu kegiatan yang pasti dan sering kita lakukan, baik itu dengan keluarga, maupun rekan-rekan, saudara, dan sahabat. Pembahasan yang dibahas dalam sebuah obrolan juga bisa beragam, dan yang pasti jika kita terus mengikuti alur obrolannya, rasa bosan tidak akan bisa mengikuti kita.

Sama seperti membuat Artikel, sobat juga harus menganggap ketika sedang membuat artikel, sama seperti mengobrol dengan orang-orang. Bagaimana caranya? gampang kok, bisa dengan menambahkan kata-kata sapaan yang akrab, contohnya: Sobat, Kawan, Gan, Sis, dan lain sebagainya.

Sobat juga bisa menambahkan sedikit cerita-cerita pengalaman atau curhatan kedalam Artikel tersebut, yang pasti curhatan itu harus ada hubungannya dengan judul artikel yang sedang dibuat. Dengan begitu, artikel yang sobat buat tersebut akan terasa lebih hidup dan ramai.

2. Jangan Paksakan Membuat Artikel Dengan Kata Baku

Jangan sering memaksakan diri sobat untuk membuat Artikel dengan kata-kata yang sangat baku. Karena mungkin sobat akan bingung dan terlalu banyak memikirkan kata-kata baku yang harus ditulis. Tulislah artikel blog dengan Kata baku yang memang sudah sobat kuasai diluar kepala.

Apalagi jika blog yang sobat gunakan adalah blog tempat curhatan atau diary. Sangat tidak wajib untuk menggunakan kata baku, karena blog tersebut bersifat Pribadi, dan isinya itu bisa macam-macam. Mulai dari curhatan, tujuan, kisah hidup, dan lainnya. Jadi keluarkan saja kata-kata yang sudah terpikirkan di otak sobat, jangan jadikan kata tersebut menjadi lebih Baku lagi.

Kecuali, kalau memang blog yang sobat gunakan berjenis blog Berita. Maka lain ceritanya, dan sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan kata baku. Karena yang baca blog tersebut kebanyakan orang dewasa yang sedang mencari informasi berita. Kan gak lucu kalau pake kata-kata alay sama orang dewasa. Hehehe

3. Tambahkan Sedikit Bumbu-bumbu Curhatan Kedalam Postingan

Seperti yang sudah saya katakan di Poin 1 diatas, yaitu membuat artikel menjadi lebih hidup dan ramai. Artinya, ketika kita sedang membuat Artikel tersebut, seakan-akan kita sedang berbicara dengan banyak orang, walaupun kanyataannya kita hanya menulis seorang diri.

Cara tersebut sangat efektif untuk mengusir kebosanan dalam menulis artikel. Dan yang pasti akan membuat kita lebih akrab dengan pembaca blog tersebut. Tetapi kebanyakan sih para Blogger Professional sudah banyak tidak menggunakan cara ini.

Karena mereka langsung lompat dari poin ke poin yang mereka bicarakan dalam artikel tersebut, jadi tidak terlintas dalam pikiran mereka untuk sedikit curhat atau berbagi pengalaman di sela-sela artikel yang ditulis.

4. Buatlah Artikel Dengan Tema Favorit

Ini nih cara yang paling efektif dan bisa terus-menerus digunakan, agar dalam membuat artikel blog tidak mudah bosan dan kebingungan. Karena ketika kita bercerita tentang apa yang kita sukai, pasti berapa banyak dan panjangnya kata-kata tersebut, akan tetap mudah untuk disambung.

Iya, cobalah sobat buktikan, ketika sedang membuat Artikel tentang Motor, padahal sobat itu hobi dan keahliannya berada pada Pesawat, ya sudah pasti akan kebingungan ditengah-tengah membuat artikel tersebut. Bahkan, dari awal membuat artikel pun akan bingung duluan mau mulai dari mana.

Itu karena sobat menulis artikel yang tidak sepikiran dengan sobat. Cobalah membuat artikel yang mudah untuk sobat pikirkan kata-katanya. Kata-kata yang bisa selalu muncul disaat sobat pikirkan. Itulah kata-kata yang cocok untuk dijadikan Artikel.

5. Buatlah Artikel Dengan Kata-kata Semampu Kita

Di point terakhir ini dimaksudkan agar kita tidak memegang unsur keterpaksaan. Karena semua yang dipaksakan pasti akan berakhir dengan tidak bagus. Jika sobat hanya mampu menulis dan bercerita dengan 300 kata saja, maka sudahilah. Jika hanya mampu menulis artikel dengan 500-700 kata, maka sudahilah jika sudah mencapai target tersebut.

Karena jika sobat masih saja memaksakan, maka yang terjadi hanyalah pemaksaan pikiran. Kita akan terus memaksa dan menguras pikiran kita untuk memikirkan kata-kata baru untuk menulis artikel tersebut. Dan hasil dari paksaan pemikiran tersebut pasti tidak berkualitas.

Maka dari itu, tulislah berapa katapun yang sobat mampu, jadikan kata demi kata tersebut berharga, jadi tidak perlu membuat banyak kata lagi. Dan sobat pun bisa melanjutkan membuat artikel baru di hari esok, disaat pikiran sudah membaik kembali, dan siap memikirkan kata-kata baru yang lebih Fresh dan mantap.

Ya itulah 5 Poin yang sudah saya buktikan sendiri untuk mengusir rasa bosan dalam membuat Artikel. Setiap orang pasti mempunyai caranya sendiri, jadi mungkin master-master saya juga mempunyai cara yang lebih jitu.

Sobat bisa praktekkan langsung cara-cara diatas. Mohon maaf jika ada kekurangan di artikel ini. Saya mohon pamit dulu, sampai berjumpa di artikel berikutnya sobat. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

6 Responses to "Cara Agar Membuat Artikel Blog Lebih Menyenangkan"

  1. Penting bgt bagi pemula macam saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, kita sama² pemula, jadi harus lebih banyak belajar lagi. :D

      Hapus
  2. artikel menarik thank's infonya gan jadi nanti ane bikin artikel biasah lebi teratur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama² gan :), saya doakan juga supaya blognya rame y gan. ;)

      Hapus
  3. Trimakasih gan tips Cara Agar Membuat Artikel Blog Lebih Menyenangkan,

    Saya termasuk orang malas nulis artikel he..he.. mudah mudahan setelah baca tips ini saya giat langi nulis artikel.

    Salam kwnal n sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak mas, iya salam sukses juga buat mas Darmudi. :)

      Hapus

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^