Apa Dan Bagaimana Internet Itu?



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sobat pasti pernah melihat sebuah kantor atau bank yang mempunyai beberapa komputer dan dapat berhubungan antara komputer 1 dengan komputer lain, saling bertukar informasi dan menggunakan data bersama-sama. Seperti itulah gambaran internet dalam skala yang luas.

Internet merupakan jaringan komputer Global yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dari berbagai penjuru dunia.
(Baca dulu : Apakah Search Engine Itu?)

Bagaimanakah Sebuah Komputer Dapat Saling Terhubung Dengan Komputer Lain?

Agar sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya di tempat bahkan negara yang berbeda, diperlukan alat atau jaringan penghubung. Untuk itu, biasanya hal yang diperlukan sebuah Komputer untuk mengakses Internet adalah alat yang disebut Modem. Dengan modem yang sudah terisi dengan Paket data kuota atau sudah berlangganan dengan penyedia jasa internet (seperti Smartfren), komputer sudah langsung bisa mengakses Internet.

Harga paket langganan dengan jasa Internet pun pastinya berbeda-beda, tergantung dengan Kualitas dan kecepatannya. Atau cara mudah dan murah untuk mengakses layanan internet adalah dengan menggunakan jasa dari Warnet (warung internet) yang sudah sangat banyak tersedia saat ini. Hanya dengan membayar sewa  per jam yang berkisar Rp.3000, sobat sudah bisa menikmati layanan akses ke Internet.

Mengakses Internet Menggunakan Smartphone

Bahkan zaman sekarang sudah banyak sekali Smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung dan iPhone, yang sudah sangat memudahkan orang-orang untuk mengakses Internet. Karena fitur canggih yang dimiliki masing-masing Smartphone tersebut. Bukan hanya berfungsi untuk berhubungan via telepon dan sms saja, tetapi juga sudah dilengkapi dengan aplikasi canggih untuk kita menjelajahi internet dengan mudah.

Keuntungan Dan Kelebihan Mencari Informasi Melalui Internet

Ada banyak sekali kelebihan yang di dapat jika kita mencari dan menggali Informasi melalui internet. Beberapa diantaranya adalah :
  • Tidak perlu mengunjungi secara langsung suatu tempat penyimpan informasi yang dicari. (contohnya : museum, hutan, negara-negara, dll)
  • Lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang dicari.
  • Tidak banyak membuang-buang energi.
  • Hanya dengan harga yang murah, kita bisa mendapatkan informasi penting.
  • Aman dan nyaman.

Banyaknya Fasilitas Yang Tersedia Di Internet 

Di internet kita juga bukan hanya bisa mendapatkan informasi yang di inginkan, tetapi bisa kita manfaatkan juga sebagai sarana bermain dan hiburan. Karena internet sudah banyak menyimpan situs-situs penyedia game yang siap dimainkan, dan juga situs yang menyediakan cerita-cerita lucu dan menyenangkan (contohnya situs 1cak.com).

Berhubungan juga sudah mulai mudah dilakukan dengan internet. Karena sudah banyak situs-situs social media (seperti facebook) yang memudahkan kita untuk berhubungan dengan teman, saudara, keluarga, yang berada jauh dengan menggunakan fasilitas internet.

Juga kita bisa mendownload ribuan lagu dan film dengan mudah, melihat gambar-gambar keren dan menakjubkan, juga yang paling istimewa adalah dengan adanya Toko Online, kita tidak perlu lagi untuk bersusah payah berbelanja. Hanya dengan sekali Klik, barang yang di inginkan bisa dibeli di toko online melalui Internet.

Sudahkah Sobat Menggunakan Internet Dengan Baik? 

Nah, dari sekian banyaknya manfaat yang terkandung di dalam internet, apakah sobat sudah menggunakannya dengan baik?
Akankah ruginya kita jika menyia-nyiakan hal yang sudah sangat terbuka dan mudah untuk didapatkan seperti Internet.

Jadi cobalah dari sekarang untuk memanfaatkan fasilitas internet untuk hal-hal positif dan berguna untuk kita, juga orang lain. 

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat sobat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Apa Dan Bagaimana Internet Itu?"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^