Perkembangan Dan Dasar-Dasar Sistem Operasi (Closed Source)




Assalamu'alaikum Wr Wb.

  Sistem operasi komputer sejak awal dibuat bertujuan untuk mempermudah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh komputer, sehingga pekerjaan tersebut dapat terlaksana dengan cepat, akurat, dan benar. Sistem operasi dibuat dan dikembangkan oleh vendor perusahaan teknologi, ada yang bersifat closed source ataupun open source.

Pengertian Utama       

       Dalam ilmu komputer, sistem operasi (operating sistem) merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan Sofware aplikasi seperti program-program pengolah kata dan Browser Web.

          Secara umum, sistem operasi adalah perangkat lunak (Sofware) pada lapisan pertama yang terletak pada memori komputer ketika komputer dinyalakan pertama kapi. Sofware lain dijalankan setelah sistem operasi tersebut berjalan. Selanjutnya, sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk sofware-sofware tersebut. Layanan umum tersebut seperti akses ke harddisk, manajemen memori, scedhuling task, dan antar-muka user. Oleh karena itu masing-masing sofware tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas layanan umum tersebut, karena proses tersebut akan dijalankan dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas layanan umum tersebut, karena proses tersebut akan dijalankan dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel sistem operasi.

   Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelolahan seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan sebagai penyedia sekumpulan layanan (system calls) kepada pengguna sistem komputer secata keseluruhan.


Fungsi Dasar

        Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu Perangkat keras (Hardware), Program aplikasi (Sofware), sistem operasi (operating system), dsn pengguna (user). Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

           Sistem Operasi Berfungsi seperti adanya pemerintah dalam suatu Negara, berfungsi untuk membuat komputer dapat menjalankan program secara dengan alurnya. Untuk menghindari masalah yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama secara bersama, sistem operasi akan mengatur pengguna mana yang dapat menggunakan dan pengguna mana yang tidak dapat menggunakan suatu sumber daya sistem, sehingga sistem berjalan secara efisien (resource allocator). Fungsi lain sistem operasi yaitu sebagai pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (eror) proses dan penggunaan sistem yang tidak perlu.


Tujuan  Sistem Operasi

      Sistem operasi mempunyai 3 tujuan utama yaitu:

a. Kenyamanan, membuat pengguna komputer mejadi nyaman,
b. Efisien, membuat penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien, dan
c. Berevolusi, sistem operasi dibuat dengan mempertimbangkan perkembangan dan dukungan terhadap sistem yang baru sebagai bentuk pembaharuan sistem.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Perkembangan Dan Dasar-Dasar Sistem Operasi (Closed Source)"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^