Pengertian Dan Sejarah Bahasa Pemograman Komputer


Assalamu'alaikum Wr Wb.
Salah satu penerapan algoritma adalah untuk membuat program komputer. Pada saat sepi ini, komputer banyak sekali digunalan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Bebrapa pekerjaan yang berkaitan dengan perhitungan angka dapat dibantu dengan membuat komputer. Untuk membuat program komputer, kamu perlu mempelajari bahasa pemrogram.

Mengenal Bahasa Pemrograman.

    Bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang dirancang untuk memberikan intruksi kepada sebuah mesin, misalnya komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program yang mengatur  perilaku mesin atau mengungkapkan algoritma-algoritma.


Sejarah Bahasa Pemrograman.
    Bahasa pemrograman pertama kali muncul sebelum adanya komputer modren. Dengan kata lain, bahasa pemrograman lebih tua dari pada komputer itu sendiri. Pada awalnya kemunculannya, bahasa pemrograman masih dalam bentuk kode-kode bahasa mesin, yaitu hanya berupa kode 0 dan 1.

  Pada tahun 1940-an, komputer bertenaga listrik dibuat., kemudian terciptalah bahasa assembly (assembly langunge). Bahasab assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Penggunaan bahasa assembly dirasa belum sempurna karena selain sulit untuk diimplementasikan, ternyata bahasa ini juga sulit jika sang pemrograman ingin mengembangkan program buatannya. Beberapa bahasa pemrograman lainnya yang berkembang pada masa itu antara lain Plankalkul (Konrad Zuse), ENIAC coding system, dan C-10.

  Pada tahun 1960, bahasa pemrograman modren mulai dibuat. Bahasa ini menggunakan istilah yang dekat dengan bahasa manusia seperti READ untuk membaca, WRITE untuk menulis, dan sebagainya. Bahasa pemrograman yang berkembang antara lain FORTRAN ( FORmula TRANslator), LISP (LISt Processor), dan COBOL (COmmon Bussines Oriented Languange).

(Kristen Nygaard dan Ole-Johan Dahl)

Pada akhir tahun 1960, bahasa pemrograman simula diciptakan oleh kristen Nygaard dan Ole-Johan Dahl sebagai superset dari Algol 60. Semula merupakan bahasa pemrograman pertama yang didesain untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (objek oriented programming). Bahasa pemrograman lainnya yang berkembang pada saat itu antara lainnya lain bahasa C, Pascal, Forth, Smaltalk, Prolog, ML, Dan SQL.

Pada tahun 1980-an, bahasa C++ dikombinasikan dengan pemrograman sistem dan berorientasi objek. Beberapa bahasa pemrograman yang juga berkembang antara lain Ada, Eiffel, Perl, Dan FL (Backus).

  Pasa tahun 1990-an, bahasa pemrograman selain berorientasi objek juga sudah dikembangkan berbasis visual sehingga semakin mudah untuk membuat program aplikasi. Diawali oleh Python dan Microsoft Visual Basic 1 pada tahun 1991, kemudian bahasa Delphi yang dikembangkan dari Pascal. Pada tahun 1997 Visual Basic 5 diluncurkan dengan kemudahan koneksi ke database. Tidak dapat dipungkiri bahwa era 1990-an merupakan era yang paling produktif semenjak bahasa pemrograman diciptakan. Beberapa bahasa pemrograman lain yang berekembang dalam periode ini adalah Haskel, java, Ruby, OO Cobol, Lua, ANSI Common Lisp, JavaScript, PHP, C#, JavaFXScript, Dan Live Script.

Pada tahun 2000-an sampai dengan sekarang, bahasa pemrograman mulai mengarah ke berbasis internet dan mobile flatform. Priode ini merupakan jamannya CMS (Content Manajemen System) yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman PHP. CMS menyediakan templat website atau portal beserta modul-modul yang siap pakai sehingga kita tidak perlu lagi mempelajari bahasa pemrograman dan skrip HTML. Tinggalcmerangkai modul yang tersedia maka dalam bebrapa hari saja sebuah situs web sudah dapat dibuat. Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang dalam periode ini antara lain Tcl/Tk, O'Caml, Ruby, Pyton3.1, Java 6 JDK, JED, Java Beans, J2ME, Dan Microsoft Visual Net (VB Net, C++ Net, ASP NET).


Bahasa C.

Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tersedia, pada kali ini kita akan mempelajari salah satu saja, yaitu bahasa C. Bahasa C berawal dari bahasa pemrograman BCPL yang dikembangkan oleh martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thomson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Selanjutnya, bahasa B dikembangkan menjadi bahasa C oleh Dennis Ricthie pada sekitar tahun 1972-an di bell Telephone Laboratories Inc. (Sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

   Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

a. Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer
b. Kode bahasa C memiliki portabilitas yang tinggi. Aplikasi yang ditulis dengan bahasa untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan pada komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.
c. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
d. proses eksekusi program lebih cepat
e. Dukungan fungsi-fungsi pusaka yang banyak.
f. Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Silahkan berlangganan agar dapat update tentang blog ini dari email anda:

Jangan lupa lakukan Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda!

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Bahasa Pemograman Komputer"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel, agar komentar kami terbitkan. Dan komentar yang mengandung url atau unsur promosi akan di hapus.
Terima kasih ^_^